Resolusi 2021 : Kejar Mimpi dengan Berani


Bulan Januari 2021 nyaris berakhir, tapi belum telat dong kalo mau nulisin resolusi berharga di tahun ini. Karena aku anaknya seneng banget sama resolusi, merasa jadi punya goals hidup yang mesti dicapai, bangun pagi jadi lebih semangat. Jadi tau harus melakukan apa, melangkahkan kaki lebih dekat sama mimpi-mimpi yang ditulis dalam resolusi. Lagipula, perjalanan hidup membuatku belajar & percaya, kalau punya keinginan harus berani dong. Mimpinya tuh ditulis, dideklarasikan, dikejar sampai dapat. Dulu zaman kuliah, aku pernah bikin di papan mimpi yang mejeng di dinding kamar kosan, kalo aku pengen jadi penyiar radio, di kantor tempat aku kerja sekarang, setahun kemudian beneran kejadian. Jalannya gak terduga, cepat, menyenangkan. Kayak momentumnya tuh pas banget.  Emang bener, kalo udah pengen, alam bawah sadar, segala tindak tanduk, segala doa yang dilangitkan, akan bersinergi untuk menuju ke sana, ke impian yang ingin kamu raih.


Pun yang baru-baru ini nih, tahun kemarin aku bikin resolusi mau ngedekor rumah sampai layak jadi tempat bikin konten, kedapetan dong. Jadinya memang bukan ngedekor rumah sampe instagramable hehe, tapi dapat rezeki buat pindah ke rumah yang lebih nyaman, punya banyak spot buat pefotoan, bisa bikin konten dengan enjoy. Alhamdulillah. Jadi kalo punya mimpi, jangan takut-takut, jangan padam karena insecure. Tulis aja dulu, eksekusi kemudian.

Tahun 2021 ini, aku juga punya resolusi-resolusi.

1. Dana darurat aman, aset investasi bertambah.

Mungkin di tahun 2020 kemarin (sampai sekarang) banyak yang FOMO pengen dapet cuan-cuan instan dari saham, cuma karena aku udah mulai dari tahun 2018, jadi gak terlalu terbawa suasana. Gimana mau terbawa suasana, nilai saham aku sempat minus 30% haha. Sampai gak mau buka porto, karena takut malah terombang ambing hatinya. Nah, pas dibuka beberapa bulan kemudian, udah gain 55% wadaw. Sempat terbersit, andai nyerok banyak di awal pandemi, terus jual beberapa bulan kemudian, bisa lumayan banget tuh. Tapi akhirnya berhenti berandai-andai. Karena ngapain? Dahlah bukan rezeki. 😛

Tahun 2021 ini, pengen ngumpulin dana darurat dengan lebih proper. Setidaknya 6 kali pengeluaran aman. Biar hati lebih tenang, mau investasi pun lebih nyaman karena pakai uang dingin & dana darurat sudah siap sedia. Oh iya, aku juga bikin tantangan nih buat diri sendiri, kalau bisa mengumpulkan dana darurat senilai sekian sekian & menambah aset investasi sekian sekian, aku mau kasih reward smartphone buat diri sendiri. Hitung-hitung biar lebih semangat lagi bikin konten. Lagipula terakhir beli smartphone tuh tahun 2017, kerasa banget kalo fitur-fitur smartphone yang aku pegang sekarang, udah ketinggalan banyak. Huhu. Jadi ayo semangat ngumpulin dana darurat & nambah aset investasi, biar bisa beli smartphone baru. *wow sebuah motivasi.

2. Kembali mencari senang & cuan lewat giveaway & lomba blog/podcast.

Tahun 2020 kemarin epic banget buat aku. Karena banyak waktu di rumah aja selama wfh, akhirnya banyak ikutan giveaway & lomba-lomba lagi seperti dulu. Bisa ngasih hadiah ulang tahun nginep di hotel berbintang 4 buat suami, bayar sewa baju pengantin & fotografer dari hasil menang lomba podcast, dapat beauty bundle yang bikin cihuy karena budget buat beli makeup sama skincare bisa dialihkan buat tabungan, dan masih banyak lagi. Yay! Aku dapet lagi semangat ngelomba yang sempat hilang. Dulu zaman kuliah, aku bisa menang giveaway 10 kali bahkan lebih setiap bulan, mungkin sekarang gabisa sekenceng itu larinya karena balancing waktu di kantor sama urusan domestik rumah tangga ternyata juga gak mudah. Cuma, let’s go semampunya aku. Gak ada lagi gabut-gabut buka medsos, kalo pun buka medsos udah tau mau lihat akun siapa, ikut giveaway apa, ikut lomba apa. Adrenalin terpacu. Ikut giveaway/lomba ngasih kesenangan yang sulit didefinisikan. Menang bikin nagih, kalah pun tetap dapat sesuatu, dapat ilmu & pembelajaran biar ke depan bisa better.

3. Menyelesaikan draft novel yang sekian lama tertunda.

Ini resolusi yang nyaris setiap tahun berulang, tapi belum kejadian haha. Cuma nih di tahun 2020 kemarin & sampai sekarang, aku kembali jadi host sebuah acara buku di radio, ngobrol bareng penulis-penulis keren, hasrat pengen punya buku solo pun semakin menggelora. Resolusi ini ga boleh berakhir sia-sia kaya tahun sebelumnya, artinya aku harus banyak baca, harus banyak nonton, harus banyak dengar. Target aku baca 4 buku sebulan, ngikutin drakor tertentu untuk referensi, dengerin podcast-podcast keren yang udah banyak bertebaran & harus menulis dong. Mulai dulu, menulis yang rutin, konsisten, sabar. Sama kaya investasi, menulis juga perjalanan panjang yang sunyi. Harus lebih dari sekedar sabar. Harus kuat lebih dari sekedar konsisten. Yuk Bismillah yang kenceng.

4. Program hamil.

Nyaris satu tahun menikah, rasa-rasanya mulai gemes pengen punya bayi. Aku bahkan udah mulai nyicil uang buat tabungan dia, jadi pas nanti dia udah ada, dia udah punya uang sendiri buat beli ini itu (tentu aja mamanya yang akan senang hati mewakilkan shopping keperluan bayi yang lucu-lucu hihi). Nah, karena hasrat untuk punya baby udah menggelora, aku dan suami sepakat untuk benerin pola hidup dulu sebelum nantinya periksa ke dokter kalo udah setahun pas, belum ada tanda-tanda kehamilan juga. Menjaga asupan makanan, tidur cukup, olahraga teratur, menjaga kesehatan mental biar lebih banyak bahagianya dibanding dramanya. Mohon diaamiinkan. 😊


Eyy btw, kalo ngomongin program hamil, banyak ya orang Indonesia yang terbang ke Malaysia & berobat di sana. Andai nanti pandemi sudah berakhir, andai diberikan kecukupan rezeki, pengen deh jalan-jalan berdua suami ke Malaysia. Travelling berdua hitung-hitung pengganti honeymoon yang pending karena pandemi, sekalian berikhtiar untuk mendapatkan baby. Karena emang Malaysia tuh udah gak diragukan pelayanan kesehatannya, bahkan menempati peringkat pertama layanan kesehatan dunia, infrastrukturnya juga canggih. Komplit kan?


Nah, kalo kamu pengen berwisata kesehatan juga sama kaya aku, kamu bisa memilih Malaysia Healthcare Travel Council. Budget buat ke sana pasti lebih murce dibanding terbang ke negara lain, karena lokasinya tetanggaan dengan negara kita. Selain periksa kesehatan dengan fasilitas yang mumpuni, kita tuh bisa sekalian jalan-jalan ke Sarawak, Penang, Kuala Lumpur & lain-lain. Asik banget. Aku udah ngecek di microsite https://medicaltourismmalaysia.id, informasi seputar pelayanan kesehatan super lengkap, termasuk list Rumah Sakit yang bisa kamu sambangi. So usefull!



FYI, Malaysia Healthcare Travel Council lagi ngadain campaign seru bertajuk #NewYearNewMe loh, tujuannya untuk flashback ke tahun sebelumnya, petik pelajaran berharga & bikin resolusi baru di tahun 2021 ini.

Kalo kamu mau ikutan, caraya super gampil.

1. Follow akun instagram @medtourismmy.id

2. Gunakan filter instagram “New Year New Me” di instastory, lalu share & simpan di highlight.

3. Jangan lupa tag 3 teman untuk ikutan nyoba filternya & ikut serta di campaign ini.

4. Bikin caption menarik, biar kesempatan menang terbuka lebar.

Seru banget! Filter “New Year New Me” tuh semacam game, yang meminta pengguna untuk memiringkan kepala untuk pilih 1 dari pilihan jawaban dari pertanyaan yang muncul. Nah, nanti bakal muncul 2 tipe kepribadian, kita bakal tau apakah kita termasuk tim survival atau the warm homebody. Ada penjelasannya juga. Menarik kan? Makin menarik karena hadiahnya voucher OVO Rp 500.000,- untuk 5 orang pemenang. Wah!

Yuk ikutan yuk, mumpung deadlinenya masih ada beberapa hari lagi, tepatnya akan berakhir pada 30 Januari 2021.

Last but not the least, aku doakan kamu bisa menjalani hari-hari penuh mimpi dengan berani. Memang masa depan tidak pasti, ditambah pandemi rasanya makin ngeblur masa depan yang ada di ujung sana, cuma kita tidak punya pilihan lain bukan, selain menjalani semua ini dengan hati yang lapang?

Semoga 2021 ramah untuk kita, memberikan kebahagiaan, menebarkan banyak gula-gula kehidupan yang akan membuat kita sering tersenyum senang. 😊

10 comments

  1. Aamiin,,,, semoga semua resolusinya tercapai ya, Kak.

    ReplyDelete
  2. Amiiiin, mari kita mulai cari cuan dengan ikut banyak lomba, *Eh :p

    ReplyDelete
  3. Aamiin, semoga tercapai semua resolusinya, mbak... kami semua menunggu kabar bahagianya, semoga Allah mudahkan...

    ReplyDelete
  4. Aamiin. Semoga tercapai ya Mbk Tan semua resolusinya. ☺ Btw ad yg sama tuh, pgn bgt ngeluarin novel solo, smg sama2 terwujud ya Mbk resolusi kita di tahun ini, aamiin.

    ReplyDelete
  5. Aamiin. Ini adalah resolusi yang menarik dan ciamik, dek. Beneran deh, semoga berhasil mencapai satu persatu impiannya ya. Aaamiin. Biar nanti review di akhir tahunnya tambah banyak cerita yang bisa dishare. Aaamiin.

    ReplyDelete
  6. Emang hidup mesti penuh resolusi ya mbak untuk penyegaran hehe. Semoga resolusi yang terakhir segera terwuduj ya mbak. Promil sambil traveling kan why not hihihi

    ReplyDelete
  7. Aamiin yarabbal'alamiin....semoga semua resolusinya segera terlaksana dengan baik ya...

    ReplyDelete
  8. Wah intan pindah ke mana ntan?
    Aamiin semoga semua resoluso tahun ini bisa lancar tercapai sesuai harapan ya

    ReplyDelete
  9. Cuma 4 resolusinya tapi semuanya butuh perjuangan keras. Semangat ya mbak ntan.. Moga semua resolusinya tercapai terutama promil. Aamiinn

    ReplyDelete
  10. Aku nih belum buat resolusi 2021 sampe sekarang. Apa udah telat ya? Hehe

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^