Belajar Asyik Bersama Ruangbelajar by Ruangguru

Beberapa hari lalu aku iseng-iseng bongkar dokumen zaman sekolah, sekalian beberes isi lemari. Emang dasar anaknya suka bernostalgia, aku ternyata masih nyimpen surat tugas ikut lomba debat antar sekolah, berkas persyaratan pelatihan kepemimpinan buat anak-anak OSIS, juga surat kelulusan SMA. Dulu rasanya biasa aja, emang kayak gitu kan kehidupan anak SMA. Cuma kalo dibandingkan sama kondisi sekarang, duh, masa-masa sebelum pandemi berasa banget mewahnya. Anak-anak yang baru masuk sekolah tahun lalu saat pandemi udah melanda, jangan-jangan belum pernah merasakan serunya makan siang di kantin sekolah bareng teman-teman segenk. Huhu. 😢

Tapi mau gimana lagi, namanya juga hidup, pasti ada-ada aja tantangannya. Ingat kan sama teori Charles Darwin yang bilang, kalo yang mampu bertahan hidup tuh bukan yang paling kuat & paling pintar, tapi yang paling responsif terhadap perubahan. Kalo kita mau bertahan, ya adaptasi, bukan malah percaya konspirasi. 


Termasuk juga urusan belajar nih. 

Kebayang sih beban anak-anak sekolah zaman sekarang. Belajar di depan gawai bukan perkara gampang. Belajar di sekolah aja, kadang ngerti, kadang banyakan gak ngertinya. Tapi bukan berarti kita boleh pasrah sama keadaan. Jangan dong. Selagi punya privillage untuk belajar mandiri dari rumah, manfaatkan. Apalagi sekarang udah ada Ruangbelajar yang bisa bantu kamu belajar asyik, tanpa bosan & semoga tanpa beban ya. 

Nah, jadi Ruangbelajar ini adalah platform dari Ruangguru yang memberikan layanan belajar secara online dengan puluhan ribu video belajar beranimasi & latihan soal serta pembahasan. 

Kamu bisa belajar mandiri dengan puluhan ribu video belajar beranimasi & sekaligus latihan soal. Ada ratusan ribu soal & pembahasan untuk mengasah kemampuan. Apalagi Ruangbelajar juga dilengkapi beragam fitur-fitur latihan seperti bank soal, latihan bab, cek kemampuan & kuis untuk memastikan kalo kamu sudah benar-benar paham dengan materi yang diberikan. 


Btw, Ruangbelajar punya beberapa fitur andalan loh. 

Ruangguru Pets

Fitur ini menyediakan teman belajar untuk kamu berupa komodo, cendrawasih & singa. Jadi karakter-karakter ini menggambarkan kondisi kamu ketika sedang belajar, apakah sedang lesu, santai & sebagainya. 

Ruangguru Adventure

Fitur ini membuat pengalaman belajar terasa seperti sedang main games. Pengguna bakal punya avatar & bisa berlomba-lomba mengumpulkan poin dari setiap aktivitas yang dilakukan di aplikasi. Gemas banget deh ketika belajar jadi seseru ini. Semakin rajin, maka akan semakin banyak poin yang kamu kumpulkan. Semangat!

Jadwal Belajar 

Kalau kamu masih suka mager & belum teratur belajarnya, Jadwal Belajar ini bisa jadi solusi supaya kamu lebih semangat & disiplin belajar. Kamu bisa menentukan sendiri mata pelajaran, durasi belajar & hari belajar sesuai keinginan kamu. Kamu jadi leluasa deh untuk mengatur jadwal belajar yang kamu rasa paling ideal. Mantul kan?

Asah Otak 

Kalau kamu tipikal pembelajar yang senang menjawab soal & teki-teki, fitur Asah Otak bakal jadi favorit kamu. Kamu bisa menjawab berbagai pertanyaan yang telah disediakan. Skor yang kamu dapatkan akan menjadi indikator pemahaman kamu & kamu bakal dapat rekomendasi video-video yang materinya perlu kamu pelajari lebih lanjut.  

Bank Soal 

Di Ruangbelajar, kamu bisa mengakses ribuan latihan soal mulai dari PTS, PAS, UN, dan UTBK. Kalau mau lebih santai belajar tanpa natap layar, soal-soalnya ini bisa kamu download & print loh. 

Laporan Belajar 

Para orangtua dikasih kemudahan banget untuk memantau hasil belajar anak lewat laporan yang komprehensif. Cukup ketik “Rapor Anak” ke WhatsApp Ruangguru di 081578200000, udah deh, laporannya udah bisa dipantau. Canggih. 

Adapto & Konsep Kilat 

Ini fitur terbaru dari Ruangbelajar. Video belajar boleh jadi udah banyak, namun video belajar adaptif yang disesuaikan dengan pemahaman siswa, ya Adapto ini satu-satunya di Indonesia. Gokil sih. Karena memang tingkat kecepatan belajar & pemahaman masing-masing siswa pasti berbeda, nah Adapto ngasih solusi dengan menawarkan pengalaman belajar yang lebih interaktif, serasa belajar dengan guru privat. 

Komplit bener ya Ruangbelajar by Ruangguru ini. Kehadirannya di saat pandemi mampu memutus jarak, ruang, dan waktu untuk memudahkan anak-anak selama PJJ untuk mendapat pengetahuan yang lebih dalam memahami beragam mata pelajaran.

Eyy, tapi gimana dong untuk anak-anak yang tinggal di lokasi sulit akses internet? Tenang, semua materi belajar di Ruangguru bisa didownload & diakses secara offline tanpa butuh koneksi  internet. Yayy! Belajarnya hemat kuota deh. 

Asiknya lagi, selama proses pembelajaran kamu nggak akan bosen deh, karena materi yang diajarkan menggunakan video Ruangbelajar & modul yang mudah dipahami. 

Doh, tapi gak kuat nih kalo berjam-jam ngelihatan layar handphone, kecil banget. Don’t worry, akses Ruangbelajar juga bisa kok dari laptop kamu, ada aplikasi Ruangguru for Desktop, tersedia untuk Windows & Mac. 

Yang juga bakal sangat membantu, pengalaman pembelajaran juga disesuaikan otomatis dengan pemahaman siswa. Kayak belajar sama guru privat, gitu. Gak usah merasa tertinggal dari yang lain, karena pembelajarannya ya spesial buat kamu, sesuai sama tingkat kemampuanmu. 

Selamat belajar dengan senang! 💙


1 comment

  1. Sedih banget lihat anak gak bisa nikmatin serunya ke sekolah apalagi cuma belajar dari rumah sendirian gak ketemu temannya. Mereka sampai bosan belajar, tetapi dengan adanya ruang guru jadi sedikit semangat dan menyenangkan belajar.

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^