Kerjakan Soal Sulit Jadi Mudah Dengan Roboguru by Ruangguru


Zaman-zaman sebelum pandemi, di rumah orangtua suami sering banget ramai sama temen-temen sekolahnya adek yang belajar kelompok. Seru banget lihatnya, belajar bareng, ngerjain tugas bareng, kalo udah beres, biasanya makan bakso atau seblak dulu sebelum bubar. Aih, aku jadi teringat masa sekolah. Dulu aku & teman-teman juga sering belajar kelompok, apalagi pas ada tugas atau PR yang susahnya bikin pusing. Biasanya nih setelah diskusi alot & menggabungkan seluruh kemampuan atau kalau perlu nanya sana sini sama kakaknya temen, orangtuanya temen (ngerjain PR zaman dulu tuh suka heboh karena belum ada internet hehe) ya PRnya selesai juga. Walau perjuangannya kadang nggak sebentar. 

Kalau sekarang gimana ya? 

Pandemi covid 19 ini belum ada tanda-tanda mau selesai, sehingga kegiatan pembelajaran jarak jauh masih jadi pilihan utama, demi kesehatan terjaga. Belajar tanpa bertatap muka dengan guru, kalo ada soal atau tugas sekolah harus ngerjain sendiri, tanpa bisa tanya guru atau teman. Huhu berat sih!


Tapi untunglah sekarang sudah ada Roboguru by Ruangguru. 

Fitur ini merupakan inovasi Ruangguru yang memudahkan siswa untuk mempelajari soal-soal sulit. Siswa bisa dapat kemudahan apa saja? 

- Siswa dapat menanyakan solusi soal mata pelajaran.

- Siswa dapat menonton video konsep yang terkait dengan soal yang ditanyakan. 

- Siswa dapat berdiskusi untuk membantu siswa lainnya yang kesulitan memahami jawaban soal. Jadi siswa bukan sekedar bisa menjawab soal tertentu, namun sekaligus memahami konsep ajaran dari topik soal. Lebih mendalam. 


Dari website Ruangguru, aku dapat informasi kalau fitur Roboguru memiliki beberapa keunggulan, yaitu :

- Memiliki kombinasi teknologi Photo Search & User Generated Content (UGC) yang bisa membuat siswa lebih mudah menanyakan solusi soal-soal yang ia rasa sulit. Siswa juga punya kesempatan lebih besar berdiskusi dengan siswa lain di seluruh Indonesia. 

- Roboguru menyediakan video-video pembelajaran agar siswa dapat memahami konsep dengan rekomendasi solusi yang akurat. Jadi nih, siswa bukan sekedar bisa jawab soal tertentu, melainkan punya pemahaman lebih untuk menjawab soal yang serupa atau berkaitan. 

- Roboguru tersedia untuk semua jenjang SD, SMP, SMA sederajat & semua mata pelajaran bisa nih kamu tanyakan sama fitur ini. Komplit banget. 

- Mudahnya lagi, Roboguru bisa kamu akses pada Whatsapp & aplikasi Ruangguru tanpa perlu berlangganan alias gratis. Yeaay!

Lalu gimana cara menggunakan fitur Ruangguru?

Caranya mudah sekali, kamu bisa langsung mengetik ROBOGURU & kirim ke Whatsapp 0815-7815-0000. Kalau mau mengakses via aplikasi juga bisa. Kamu tinggal download aplikasi Ruangguru, lalu klik bagian Roboguru. 

Tinggal chit chat deh sama Roboguru. Kamu bisa memilih ingin bertanya solusi untuk soal jenjang apa, mata pelajaran apa. Ada pilihan nomor-nomor yang harus kamu pilih salah satu. 

Setelah itu, kamu tinggal mengirimkan soal yang ingin kamu tanyakan solusinya. Bisa diketik atau kamu tinggal kirim foto. Kalau pakai foto, pastikan fotonya tuh nggak buram, bukan foto tulisan tangan juga ya gaes. Dalam satu foto, pastikan hanya satu soal yang terlihat. Udah deh cukup begitu saja, kamu hanya perlu nunggu beberapa detik, Roboguru bakal langsung mencarikan pembahasan & memberikan video pembelajaran yang relevan sama pertanyaan kamu. Canggih banget. Jadi kamu bukan sekedar nyalin jawaban nih kalo kaya gini, tapi juga bisa paham sama materi-materi terkait soal yang kamu tanyakan.

Menurutku, fitur Roboguru ini bakal sangat membantu siswa maupun orangtua siswa yang harus mendampingi anaknya belajar selama masa-masa pembelajaran jarak jauh. Bisa belajar bareng, tanpa pusing karena dibantuin sama Roboguru by Ruangguru. 

Semoga bisa mengerjakan tugas atau PR dengan lebih enjoy ya! 😊


No comments

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^