Menghabiskan Sore di Kampung Sejahtera Hutan Mangrove, Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu




Sebenarnya objek wisata satu ini sudah cukup lama popular di kalangan anak muda Bengkulu. Kalo ngesearch hestek #KampungSejahteraBengkulu di IG, muncul deh tu banyaaaak banget foto-foto anak Bengkulu yang berlatarkan sungai, hutan bakau & deretan kapal-kapal nelayan di Kampung Sejahtera. Naksir dong buat main ke sini, karena kalo lihat foto-fotonya di IG wuuu cakep. Hijau-hijau gemesin dari mangrove yang berjejer rapi, bener-bener mengundang minat buat main. Terus, kok baru main ke sana kemarin (19 Januari 2018), setelah nyaris setahun tempat ini viral?

Karena ..


Baru ada yang ngajakin. Hehe. Yakali ah main ke sana sendirian. Lagian kan kemarin aku tinggal di Kaur, kalo pun pulang ke Lubuk Durian, kota Bengkulu-nya sekedar dilewatin doang. Dan lebih banyak ngabisin waktu dengan … tidur (+ makan). Karena yaaa, mau kayak gimana pun, rasanya tidur di rumah sendiri vs tidur di kosan itu rasanya beda jauh. Jauuh lebih nyaman tidur di kamar sendiri, kamar yang udah aku huni sejak kecil. Berasa damai, tentram … sampai malas bangun pagi kalo gak denger bunyi alarm ala ibu alias omelan.

“Gimana sih Intan jam segini belum bangun, pantesan belum ada yang lamar sampe sekarang nih?!”

Zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz!!

Jadi ceritanya, abis Ashar, kami otw ke arah Pulau Baai (dari Unib Belakang) dan ya jauuh itu. 40 minutes maybe, aku gak ngitung pastinya. Meski gak bosen di sepanjang perjalanan karena diabisin dengan ngobrol (dominan aku nih yang cerita sampe haus haha), kerasa kok pegalnya pas nyampe. Duh, untung cakep. Maksudnya itu.. view di Kampung Sejahtera ini emang beneran cakep. hehe

Kayak yang aku lihat di IG, banyak kapal-kapal mungil milik nelayan yang siap disewa untuk mengelilingi hutan mangrove. Setau aku (dari hasil googling), tarif per orang sekitar Rp 10.000 – Rp 15.000,-. Tapi karena berdua doang, dimintain 80 ribu dong. Hmmm. Ya mungkin kalo mau tarif normal, kudu gabung sama pengunjung lain, biar sekali jalan si bapak nelayan yang jadi guide dadakan, gak rugi. Kalo sekali jalan cuma dapet 20 ribu ato 30 ribu, kan kasian, gak balik modal nanti. Jadi kalo mau hemat, mending nyewa kapalnya rame-rame bareng temen ato pengunjung lain. Okaysip.



Lalu, kurang lebih 15 menit diajak menyusuri sungai, menikmati keindahan bakau. Sayang yee gak bisa lihat rumah bakau yang tersembunyi itu. Tapi gakpapa, rasanya udah cukup seger lihat yang ijo-ijo. Dan sayang banget, di beberapa titik, masih ada sampah plastik dan teman-temannya yang lumayan ganggu. Coba kalo lebih bersih, pasti bakal jauuuh lebih cakep *jadi inget pengalaman arung jeram di salah satu sungai di Bogor waktu diklat. Ampuun.. full sama sampah. Abis itu bener-bener ngejaga biar gak buang sampah sembarangan, apalagi ke sungai. Serem lihat aneka rupa sampah yang numpuk. Ih. Dulu itu aku menikmati arung jeram banyakan nutup mata. No. bukan karena takut tapi ngeri lihat sampah yang udah luber-luber. Di Kampung Sejahtera ini sampahnya belum masuk kategori ‘keterlaluan’, tapi kalo gak mulai dibersihkan, kan takutnya numpuk juga.

After 15 minutes .. rasanya gak mau turun, pengen muter sekali lagi haha. Tapi ya udah sih next time aja. Dan aku lihat dong, ada kapal yang ukurannya lebih besar, terus pengunjung bisa naik ke bagian atap, ada pegangannya gitu. Pengen naik yang model begitu lain kali. Kayaknya seruuu! Plus, biar gak usah heboh jejeritan lihat biawak berenang, karena kan jaraknya jauh tuh. Biawaknya jauh di bawah, bisa didadah-dadahin dengan sombong. Haha. FYI, jangan kaget kalo lihat biawak berenang pas main ke sini. Kata temen aku yang komentar pas aku update instastory lagi main di Kampung Sejahtera, “belum sah main ke sana kalo belum lihat biawak berenang dari dekat”. Iya iya. Udah sah nih. Bikin kaget aja si biawak, kirain buaya kann..



Oh iya, masih ada spot foto lagi nih sebelum pulang. Jadi kan tempat wisata satu ini, lokasinya persis di pelataran masjid Al Barokah, nah pelataran masjidnya dibangun di atas muara dengan bahan kayu. Cakep deh.


Kalo ada yang bertanya-tanya, gimana sih ceritanya sampai kemudian Kampung Sejahtera ini dibangun? Dulu kan lokasinya cenderung kotor, kok justru bisa jadi cakep begini? Jadi gaes, ternyata project pembangunan kawasan ini dilakukan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya dengan tujuan mewujudkan “zero” kawasan kumuh di Indonesia. Mereka melakukan penataan kawasan kumuh perkotaan di kelurahan Sumber jaya Kota Bengkulu. Projectnya sendiri dimulai pada tahun 2016 & kabarnya sih menelan biaya milyaran rupiah. Untungnya gak mengecewakan yess. Kawasan yang dulunya gak menarik & kumuh, disulap jadi objek wisata kekinian yang menawarkan keindahan hutan bakau.

Kalo kamu mau main ke sini, enaknya ketika bukan weekend kayak aku kemarin. Karena kondisinya pas. Gak terlalu rame, dibilang sepi pun nggak. Datangnya sore-sore ya, kalo siang mah panas. Jangan lupa bawa jajanan yang banyak, karena di sini pilihan jajannya sedikit *aku gak tau kalo posisinya weekend sih.


Harapannya, Kampung Sejahtera gak sejahtera sebentar doang, tapi berkelanjutan. Lebih bersih & banyak inovasi. Kalo dari waktu ke waktu, ‘hiburan’ yang ditawarkan sekedar menyusuri sungai lihat bakau, orang-orang pasti mikir ‘ngapain datang lagi?’ kan sudah pernah, foto-foto juga udah.. Beda cerita kalo selalu ada inovasi baru, entah lomba mancing kek, ada wahana baru, tempat makan baru, atau apa pun lah. Biar orang gak cuma datang sekali lalu lupa, tapi gimana caranya biar ‘datang sekali tapi pengen balik lagi dan lagi’.




10 comments

  1. Wah asyik neh JJS nya, saya belum pernah le Kampung Sejahtra malah, cuma lewat-lewat doank, lebih sering ke Teluk Sepang hehehe

    ReplyDelete
  2. Selama tinggal di Bengkulu aku belum pernah menjejaki wisata mangrove. Tapi tempatnya oke juga buat wisata keluarga

    ReplyDelete
  3. Aamiin, semoga masyarakat Kampung Sejahtera bisa menjaga kelestraian alamnya dan menjaga kebersihan, karena walau bagaimanapun kebersihan itu nomor satu

    ReplyDelete
  4. Wah, betapa sore intan main ke sana. Sama siapa, hehehe. Itu yg paling Hits Iyo depan masjid yaaah

    ReplyDelete
  5. Waa intan dah nyampe sana aja,
    Huhu mbak pengen tp blm sempat kesana
    Padahal dibengkulu ni lah whaha

    ReplyDelete
  6. Tempat ini emang bagus banget, cocok banget datang sore-sore, udaranya sejuk.... waktu aku ke sana sayang gak sempat naik perahunya,,,, hihihi

    ReplyDelete
  7. Kemaren tuh uda kesini rombongan guru2, tp gak jadi ke mangroovenya krn berbagai hal..
    Tp sy sdh agendakan dengan keluarga janjalan kesini sekalian ke lenter merah.

    ReplyDelete
  8. Yakin nih yang cakep viewnya bukan temen jalannya? #eh :P

    Aku baru sampe pelataran belakang mesjidnya doang dulu Ntan. Ga berani keliling pake perahu *ata cupu hahaha

    ReplyDelete
  9. Sudah pernah ke sini sekali tpi gak naik perahunya karena waktu itu rame banget. Terus gak pernah ke sini lagi, padahal ini gak terlalu jauh dari rumah hehe

    ReplyDelete
  10. Saya dah 3x kesana, yang terakhir beli mainan yg dari kerang2 itu,hehehe

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^