Dibayar atau Tidak, Menulis Live Event di Blog adalah Sebuah Kesenangan




Desember, Januari, Februari, Maret .. Sudah 4 kali berturut-turut aku mengikuti kelas blogger yang diadakan oleh Blogger Bengkulu. Nggak pernah alpa untuk hadir sejak aku balik ke Bengkulu (lagi). Alhamdulillah.. pas di Bintuhan kemarin, aku sempat membatin “Kalo dikasih kesempatan balik ke Bengkulu, aku mau belajar ngeblog dengan rajin, mau ikutan kursus ini itu yang gak bisa dilakukan di Bintuhan.” Menebus 2,5 tahun yang tidak produktif berkegiatan di luar, surat tugas di awal bulan Desember tahun lalu menjadi jawaban.

Maret lalu, yang menjadi pembicara di kelas blogger adalah Mbak Zalmi, salah satu redaktur Bengkulu Express alias kantor tetangga. Pelaksanaan acara juga di BE, jadi abis siaran jam 11an, aku gak pulang dulu ke rumah, nebeng makan siang aja sama temen-temen & curhat-curhatan gak penting sambil nungguin jam setengah dua, lalu jalan kaki ke BE. Ya ampun deket banget deh itu RRI sama BE, sepelemparan batu juga nyampe wkwk.






Sambil nungguin acara kelas blogger, curhat receh dulu sama mereka sekalian nebeng makan siang. Hehe

Ketemu sama teman-teman Bobe emang ngasih energi tersendiri, gitu deh efek ngumpul sama orang-orang yang satu passion. Ada beberapa orang yang sudah sering aku lihat, tapi banyak juga yang nggg .. wajahnya terlihat asing. Mungkin anak baru, mungkin anak lama yang baru datang ke kelas blogger, mungkin juga anak lama tapi Intannya aja yang baru ngeh. Wkwk. Aku duduk sebelahan sama teman baru. Tapi di seberang meja sana ada Sepenggal Piter (Bungo Aang datangnya telat).  Yah namanya juga udah lumayan lama kenal, kalo ada sedikit aja something geser, pasti langsung sibuk ngajak Piter buat julid berjamaah. Haha.

Dan ini tidak boleh diterapkan ketika sedang liputan live event ya gaes. Kata Mbak Zalmi dalam materinya, kalo lagi liputan, usahakan jauh-jauhan sama temen yang suka mancing kita (ato malah kita yang mancing) untuk bersekongkol ngobrol seru, lalu lupa sama event yang sedang didatangi. Usahakan untuk merekam atau mencatat apa yang disampaikan oleh narasumber. Karena ya ingatan manusia siapa yang tahu. Baru disampaikan satu jam lalu, terus lupa, bisa apa kalo gak punya rekaman atau catatan? Sip. Nanti kalo liputan, pasang jarak minimal 10 meter dari Sepenggal Piter & Bungo Aang. :)



Numpang foto di kantor tetangga. Taken by Sepenggal Piter & Bungo Aang.

Mbak Zalmi juga bagiin banyak tips menulis liputan as orang media. Katanya judul tulisan liputan maksimal 6 kata, kalo bisa dipadatkan jadi 4 atau 3 kata malah lebih bagus. Sebagai jurnalis, harus pandai lah memahami isi cerita & memilih angle yang paling menarik. Ucapan narsum juga jangan dipelintir, entah itu ditambah-tambahin atau dikurang-kurangi. Tulislah apa adanya, wong namanya juga kutipan.

Tulisan tanpa foto juga ibarat aku tanpa kamu, nggak lengkap, kurang greget. Perhatikan juga kualitas foto untuk melengkapi tulisan. Jangan sampai ngeblur, jangan sampai motoin orang tapi kepalanya malah kepotong. Kan horror! Atau motoin orang banyak tapi yang kelihatan justru bagian belakang semua. Mending ambil dari depan, samping kiri dan samping kanan. Jangan ragu untuk jepret sebanyak mungkin. Semakin banyak pilihan, semakin bagus. ya paling bingung-bingung dikitlah milihnya. Hehe

Kalo Mbak Zalmi BE bagiin tips as orang media, nah.. Maknya Bobe alias Umi Milda sharing as blogger. Di beberapa hal, tulisan blogger emang lebih bisa luwes dibanding jurnalis media, dari segi panjang judul tulisan aja udah beda. Blogger bisa lebih mengexplor tulisan dengan perasaan ato curhat-curhat receh (tapi usahakan tetap berfaedah). Karena itulah tujuan blogger, dia menulis dengan rasa. Rasa yang dulu pernah ada. Eim.


Kabar baiknya, meski di Bengkulu belum begitu banyak event yang melibatkan blogger, tapi kalo kreatif, 1 event saja yang kita datangi, bisa dipecah menjadi beberapa tulisan. Kan sedap. Jadi emang harus terbiasa melihat sesuatu dari pandangan mata (dan hati) yang lebih luas. Jangan lupakan attitude kalo mau menjadi seorang yang professional. Bukan berarti karena tidak berada di bawah naungan media mana pun, isi tulisannya suka-suka & tidak punya rambu-rambu. Ngenyek orang, menjelekkan pihak lain, menebar kebencian, etc. Aduh jangan. Tulisan itu abadi. Tulisan itu kadang jangkauannya tidak terprediksi akan seluas dan sejauh apa. Jadi hati-hati dengan tulisanmu. Belajar bertanggung-jawab.

Soal pakaian saat liputan juga harus diperhatikan gaes. Sesuaikan pakaian dengan acara yang kamu datangi biar gak saltum. Acaranya formal nan megah, kamu datang pakai kaos oblong & sandal jepit. Kan sedih kalo jadi pusat perhatian karena saltum. huhu.

Nah sekarang pertanyaannya, apakah harus tetap menuliskan sebuah live event di blog meski tidak dibayar?

Jawabannya, KENAPA TIDAK? Selagi eventnya memang bermanfaat & kamu enjoy saat terlibat di dalamnya. Kamu juga yakin ketika menulis soal event tersebut, ada satu dua orang yang bisa mengambil manfaat. Sikat sist. Ini tidak melulu soal berapa nominal rupiah yang kamu dapatkan begitu menekan tombol ‘publish’.

Karena takdir sebuah tulisan itu bermacam-macam. Ada yang berjodoh dengan fee sekian rupiah, ada yang berjodoh dengan sekotak makanan enak yang kamu dapatkan secara cuma-cuma, ada juga yang jodohnya adalah kesempatan baru, pertemanan baru. Ada. Aku mengalaminya sendiri akhir 2015 lalu.



Waktu itu aku sungguh happy, karena dapat undangan gratis untuk ikut sebuah seminar beasiswa & launching buku. Which is kalo beli tiket, harus bayar Rp 150.000,-. Rezeki anak baik. Hehe. Tapi karena masuknya pake tiket gratisan, aku gak dapet sertifikat & buku. Dapat snack dan ilmu saja. Tapi gakpapa. Itu aja udah lebih dari cukup.


Sepulang dari acara itu, karena ngerasa konten acaranya bermanfaat, aku tulisin deh garis besar materinya di blog + curhat-curhat dikit & sekalian pamer doorprize yang aku dapetin di acara itu. Wkwk tetep ya, kemana pun Dek Ntan melangkah, akan disambut dengan doorprize *kang ngumpulin doorprize. Mau dibagiin tips triknya gak? :D

Nah, aku gak nyangka loh & seriusan tidak berekspektasi aneh-aneh pas publish tulisan itu di blog. Dan jreng jeng jeng … tulisannya dibaca Mbak Indah Syoraya (penulis yang bukunya dilaunching pas acara seminar itu). Dia nanyain kontak aku by email, kami ngobrol di aplikasi chatting panjang lebar, ketemuan lalu aku dikasih buku yang waktu itu nggak aku dapetin di acara seminar beasiswa untuk kemudian direview di Ketimpuk Buku. Wow ku senang sekali. Punya teman baru, buku baru & mendapati kenyataan kalo blogku ternyata ada yang baca. Yayay.


Jadi gaes, nulis nulis aja udah. Jangan ngotot selalu ada imbalan dibalik sebuah tulisan. Imbalan berupa apa pun itu (fee, produk, voucher jajan or whatever) hanyalah bonus saja. Menulis karena memang ingin berbagi hal-hal baik & berfaedah, walo kadarnya cuma seuprit. Tulisanmu akan menemukan sendiri jodohnya, apakah berupa fee yang membuatmu senyum-senyum, produk yang membuatmu berteriak girang, atau email/DM yang bikin terharu dari orang-orang yang merasa terbantu dengan tulisanmu. Keep sharing, keep writing!


Tulisan ini dibuat untuk menjawab tantangan nulis serempak dari Blogger Bengkulu

11 comments

  1. Sangat setuju, menulis saja, soal dibayar itu bonus, sebab menulis tentu banyak banget manfaatnya, bisa sekarang bisa nanti, bisa material bisa imaterial.

    ReplyDelete
  2. Baca ini sambil mangut-mangut. Benar banget mbak, kesenangan nulis blog live event itu bukan di feenya atau hadiahnya aja, banyak banget hal yang lebih berharga daripada itu.

    ReplyDelete
  3. jauh-jauhlah dari mereka saat acara hahaahahaa...memang kalian kalau ketemu rame, harus dipisahkan agar fokus :D

    ReplyDelete
  4. Saya selalu suka 'rumah' ini. lope lope dah buat inokari dan ketimpukbuku, selalu menginspirasi dan jadi suntikan semangat. thanks mba inokari...

    ReplyDelete
  5. Kemaren pengen ikut tapi ternyata bentrok sama jadwal lain huhuhu

    ReplyDelete
  6. Yah mbak layaknya manusia, tulisan pun akan menemukan jodohnya masing-masing. *aissss

    ReplyDelete
  7. Asyik lah nulis aja terus yaaa semangat!!!

    ReplyDelete
  8. Sayangnya aku kemaren ga bisa dateng ntan, sedih yaaa huhu.

    ReplyDelete
  9. Karena setiap tulisan tidak melulu soal fee ya ntan...

    ReplyDelete
  10. Aaaaaa sayang kemarin ga bisa ikut kelasnya mbak Zalmi. Semoga nanti kelas berikutnya bisa ikut

    ReplyDelete
  11. Setuju banget deh sama mbak Intan, nulis-nulis aja, udah. Kalo rejeki gak bakal kemana, terinspirasi deh,,thx

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^