Event

Serunya Acara Seminar Beasiswa dan Launching Buku ‘Get Scholarship, Reach Your Dream and Explore The World’ – Bengkulu

Senin, November 30, 2015




Serunya Acara Seminar Beasiswa dan Launching Buku ‘Get Scholarship, Reach Your Dream and Explore The World’ – Bengkulu

Assalamulaikum ..

Aloo, aku mau nyeritain kegiatan seru yang aku datangi kemarin nih : Seminar Beasiswa dan Launching Buku ‘Get Scholarship, Reach Your Dream and Explore The World’.

Lucky me, ada kesempatan buat datengin acara kece ini GRATIS. Iyes, kalo jadi peserta umum kudu bayar Rp 125.000,- (mahasiswa) atau Rp 150.000,- (umum). Tapi bedanya, kalo pake undangan gini ga dapet buku sama sertifikat. Padahal kalo dikasih bukunya, aku ga keberatan loh buat ngereview di Ketimpuk Buku *kode ala anak kost :D


Acaranya berlangsung di Hotel Santika yang terletak di Jl. Raya Jati No. 45, Sawah Lebar, Kota Bengkulu 39225. Tepatnya di lantai 2. Terakhir kali aku ke sini waktu masih semester awal kuliah dulu, sewaktu jadi panitia kegiatan koperasi mahasiswa.


-Hotel Santika : http://kupasbengkulu.com/

Ruangannya luas dan adem, juga masih menyisakan ‘kemewahan’ lampu sorot yang bisa digunakan bagi band pengisi acara hari itu, Periodic Band. Yaps, malam minggu lalu, ruangan ini dijadikan tempat konsernya Kuntoaji. Ga papa ga nonton konsernya, toh aku masih kebagian nikmatin sisa lampunya :p 

Acara dimulai pada pukul 09.15 WIB dengan diawali dengan penampilan Periodic Band yang ngebawain 2 lagu. Yaitu Thanks for Loving Me – Bon Jovi dan Mungkin Nanti – Peterpan. Kabarnya, Periodic ini adalah band indie pendatang baru di Bengkulu. Sebenarnya kelihatan sih dari wajah mereka yang masih unyu-unyu. Apalagi vokalisnya *eaaa

-suasana saat Periodic Band menghibur peserta seminar

Abis itu, duo MC ngebuka acara. Penyampaian kata-kata sambutan dulu dari 3 sponsorship utama, yaitu dari mbak Indah Soraya (People Publisher), pak Koko (Tokbuk Gramedia), dan pak Taufik (BNI Syariah). FYI, di acara ini ada 30 sponsorship pendukung. Mostly, mereka-mereka yang tergabung dalam komunitas pengusaha muda Bengkulu. Ada Sheren Hijab, Qiewry, RR Stuff, dan masih banyak lagi. 

Senengnya, banyak sponsorship = banyak doorprize. Ya kan? Yeey!

Setelah kata-kata sambutan, Periodic nyanyi lagi. Aku lupa lagu apa, udah kurang fokus karena laper :p


-Hotel Santika

Tepat pukul 10.00 WIB, launching pun di mulai. Ndilala, ternyata yang dilaunching bukan hanya buku saja. Melainkan People Publisher (penerbitan Indie Bengkulu), juga launching CD perdana Periodic Band. Baru deh abis itu launching buku ‘Get Scholarship, Reach Your Dream and Explore The World’ karya mbak Indah Soraya. 

Aku kira pas launching buku, ada semacam talkshow juga. Tapi nggak deng. Sekedar tanda tangan apa gitu. Barangkali emang harus baca bukunya buat tau isinya hihi.
Acara inti pun dimulai pada pukul 11.00 WIB. Setelah pihak bank BNI Syariah mempromosikan produk-produk unggulan mereka. Syukurlah, akhirnya snack pun datang. Efek sarapan jam setengah 7 pagi udah nggak nyisa soale.


*snack

Lumayan kecewa juga, karena pemateri yang aku tunggu-tunggu nggak dateng. Padahal penasaran banget sama orangnya, kalo bisa sih, pengen ngobrol dikit *emang berani Ntan? Berani dong. Naklukin hati kamu aja berani, kakak :p

Baca juga : Jadi Apa Esok Hari?

Ada 3 pameteri yang berbagi ilmu di kegiatan seminar beasiswa. Yaitu Ikhsan Hasibuan, S.P., M.Sc, beliau ini adalah Dosen Unihaz yang beberapa waktu lalu pernah mendapatkan beasiswa Stuned Neso Belanda.

Pak Ikhsan nyeritain pengalaman serunya sewaktu kuliah di Belanda. Katanya enak banget dapet S2 di sana. Mahasiswa punya semacam ruang kerja sendiri, fasilitas free kopi, free fotokopi. Bahkan, setiap bulannya beliau dapat uang saku senilai Rp 15.000.000,- wih. Lumayan banget buat jadi modal jalan-jalan keliling Belanda tiap minggu. Hihi.

Menurut pak Ikhsan, ada 6 keharusan yang harus dimiliki sama calon pelamar beasiswa Stuned Neso Belanda yaitu kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni (TOEFL dan IELTS jadi patokan), IPK minimal 3,00, Latihan TPA atau GRE (Graduate Record Examination), jangan bosen browsing info di internet, punya contact sama Universitas tujuan (email) dan biasanya yang diutamain adalah orang-orang yang udah kerja.

Pemateri kedua adalah Jumadi Yhoggy, S.S., M.A. Beliau ini kelahiran 1986 dan punya tempat kursus bahasa Jepang yang disebut WASABI. Nah, beliau juga peraih beasiswa Monbukagakusho. Bedanya sama negara tujuan Belanda, yang harus ikut kita pelajari kalo mau ke Jepang bukan hanya TOEFL melainkan juga JLPT (Japanese Language Proficiency Test).

Sedangkan yang disampaikan pemateri ke-3, Luqman, adalah pengalamannya selama kuliah di Amerika Serikat selama setahun. FYI, Luqman ini masih mahasiswa semester 7 di Universitas Bengkulu jurusan Teknik Elektro loh. Kece ah!

Satu hal yang berkesan banget dari penyampaian Luqman, saat kita menyiapkan essay diri untuk melamar beasiswa, jangan tulis dalam bentuk yang ‘umum dan membosankan’.

Misal, aku Intan, dari Bengkulu. Sekarang bekerja di RRI Bintuhan sebagai penyiar. Bla bla bla ..

Ubah menjadi sesuatu yang unik.

Misal, aku Intan. Karakterku seperti Cheetah yang selalu bergerak cepat dan ingin menjadi yang terdepan. Saat bekerjasama, aku menyerupai semut pekerja .. bla bla bla

Intinya sih, ‘tabrak’ sesuatu yang umum. Jelaskan dari versi yang beda.

Uh ngiler ya lihat orang-orang kece ini. Pengen juga deh lanjut sekolah lagi. Tapi aku kurang minat sama beasiswa luar negeri. Pengennya di dalem negeri aja tapi di kota besar, semacam Bandung. Biar nggak kagok. Biar ga berat juga nahan rindu *sama siapa coba.

Lagian keknya seru banget yes kalo tinggal di kota besar, banyak acara bloggernya, mau sekolah broadcasting lagi juga bisa. Pengennya sih pengejaran akademik lanjut, hobi broadcasting sama blogging lanjut terus. *semoga someday kesampaian ngerasain geliat hidup di kota besar deh ya.

Kamu pengen dapetin beasiswa juga? Yuk mulai sekarang berinvestasi uang sama waktu.

Uangnya dimanfaatin buat mengupgrade diri, nggak ada salahnya ikutan kursus itu ini. Mahal? Buat diri sendiri masa perhitungan sih?

Waktunya dimanfaatin untuk melakukan hal-hal bermanfaat. Rajin baca, sesekali ngasah otak buat ngerjain soal-soal TPA, nggak bosen nyari informasi beasiswa via internet. Pokoknya perbanyaklah berusaha, karena kita nggak akan pernah tau usaha mana yang akan dikabulkan semesta.


Eh btw, aku doorprize loh gara-gara jawab pertanyaan ‘apa salah satu kesalahan dalam essay yang diajukan ke pemberi beasiswa?” Dapat goodie bag yang isinya atasan model pelum warna biru deh. Huraaay!

*goodie bag

You Might Also Like

8 komentar

  1. Dek Ntan...kemana pun kau pergi selalu disambut cantik sama goodiebag

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaaai.. Alhamdulillah ya kak. Dapat baju baluuu xD

      Hapus
  2. Duuuuh ilmunya bikin ngiler deh. Apalai bajunya.

    BalasHapus
  3. huaa intan di mana-mana dapet bingkisan yaa ihihi. semoga dapet beasiswa di bandung yaa :))

    BalasHapus
  4. Dapet ke acara gratis, makan snek, dapet doorprize.
    Sehat sekali hidupmu :(((
    *ngiri*

    BalasHapus
  5. Asyik ya di bengkulu udah banyak acara beginian. Semoga makin sukses. Mupeng ikutan beginian lg

    BalasHapus
  6. Seru yaaa...
    Atasannya keren tuh #gagalfokus
    Salam kenal dari bumi Borneo yaa
    Mampir yuuk di rumahku. #halah #modus

    BalasHapus

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^

Fanspage Intan

Update via Email



Blogger Bengkulu

KEB

Warung Blogger

Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan