Bengkulu

Jalan-jalan ke Rumah Ibu Fatmawati Soekarno, Bengkulu

Minggu, November 22, 2015




Alooo!

Hari minggu kali ini jalan-jalan kemana?

Kalo aku sih jalan-jalan di sekitaran kota Bengkulu sini aja. Selain karena was-was lihat isi dompet *akhir bulan boo’*, juga was-was kehujanan kalo bepergian jauh, sedangkan masih banyak urusan menyoal yudisium dan wisuda yang harus diselesaikan.

Sebenernya bingung juga, mana yang lebih tepat buat menggambarkan jalan-jalan kali ini yes. Jalan-jalan sekalian ngambil foto bareng buku My Wedding Dress (blogtour dan giveawaynya dimulai besok di blog buku aku). Atau ngambil foto sekalian jalan-jalan? :p Yowis, pokoknya jalan-jalan. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui.

Rumah Ibu Fatmawati Soekarno ini terletak di pusat kota Bengkulu. Tepatnya di jalan Fatmawati, no. 10, Bengkulu. Lokasinya persis di pinggir jalan besar.

*Rumah Ibu Fatmawati Soekarno

Rumah ini terlihat bersih, karena pasti ada petugas yang menjaga kebersihannya. Tapi nggak bisa dipungkiri, di dalam, suasananya agak horor, soalnya sepi banget. Selain aku dan ‘fotografer’, hanya ada 2 pengunjung lain. Itu pun mereka balik duluan.

Nggak tau deh, rush hoursnya kapan, mau nanya ke penjaga, penjaganya kebetulan lagi nggak ada. Oh iya, sebelum masuk ke dalam, alas kaki harap dilepas dan disusun rapi di undakan tangga yes.

*Jangan lupa alas kaki dilepas yay

Biaya masuknya berapa? 

Nggak pake biaya masuk alias GRATIS. Seru kan? Kita bisa foto-foto kece di tangga, di ruang tamu, di kamar tidur Ibu Fatmawati, ada juga ruang tempat penyimpanan mesin jahit yang digunakan untuk menjahit bendera RI pertama.



*suasana di ruang tamu



*kamar tidur ibu Fatmawati Soekarno

*mesin jahit yang digunakan menjahit bendera pertama RI

Terlepas dari kontroversi siapa yang sebenarnya berhak jadi ibu negara pertama, aku sebagai warga Bengkulu, kagum & bangga sama sosok ibu Fatmawati. Nggak mungkin lah ada sosok sekeren Soekarno yang mau meminang beliau kalo nggak ada ‘something special’ ya kan? Lagian sebelum baca literatur terpercaya sebanyak-banyaknya, aku nggak mau asal ngejudge. Karena dijudge macem-macem itu rasanya pediiihhh, kak *eh malah curhats

Harapan ke depan, semoga penjaga Rumah Ibu Fatmawati Soekarno bisa stay di tempat selama jam berkunjung, lokasinya lebih terpelihara, direnovasi ulang tanpa harus ngebuang unsur aslinya, diperkece lah pokoknya ya. Biar kalo main ke sana lagi, suasananya bisa lebih rame.

Soalnya kan sayang aja kalo tempat sekeren ini dibiarin sepi. Banyak loh informasi menarik yang bisa kita dapetin di sini. Dan jauuuhh lebih menyenangkan lihat langsung ketimbang baca sejarahnya via buku maupun internet.




*Beberapa informasi kece di Rumah Ibu Fatmawati Soekarno

Kalo main ke Bengkulu, jangan lupa mampir ke Rumah Ibu Fatmawati Soekarno yay! :D

You Might Also Like

17 komentar

  1. Serasa lagi nonton film Soekarno.

    BalasHapus
  2. Wah, liat foto2nya aja udah seneng banget, apalagi kalo hadir dan bisa menapakkan kaki di tangga rumahnya yang asri banget. Tampilan blog Intan kece pake badai gak ya? hehe...Pake deh, bunda suka warnanya.

    BalasHapus
  3. rumahnya itu memang rumah khas Bngkulukah????

    BalasHapus
  4. serasa kembali ke masa lampau ya tan, ngliat foto fotonya

    BalasHapus
  5. wahhh aku suka fotonya waktu di kaca itu, kesan masa lampaunya dapet

    BalasHapus
  6. rumah kayu seperti itu kelihatan nyaman dan adem banget, ya :)

    BalasHapus
  7. Ntaaaan, kalo kapan2 aku ke Bengkulu, peliss ajakin aku ke sini yaaaa..
    Ih, kapan yaaah bisa sampe di Bengkulu :( Kamu jangan dulu pindah ke mana2 yaa ntaan

    BalasHapus
  8. ehhh desain rumahnya beneran tradisional ya mbak.. hhee
    iya agak sedikit horor di dalem itu kayknya hhhee

    BalasHapus
  9. kelambu kamar tidurnya vintage tapi kece renda2nya, warna putih berkesan jaman dulu banget tp seneng liatin lama2

    BalasHapus
  10. Ih, dalamnya epik ya. Klasik, artsy, tapi sedikit spooky. :D

    BalasHapus
  11. Wooo asik ya... Eh tp knapa novelnya ikut eksis?

    BalasHapus
  12. Suami ku yang suka banget ke tempat tempat bersejarah seperti lubang buaya, borobudur, dan lain nya.. Termasuk museum kota, sampai monas.. Btw ibu fatmawati kelahiran bengkulu kah? Jangan jangan beliau menjahit bendera nya di bengkulu?

    BalasHapus
  13. liat foto-fotonya jadi serasa ke masa jaman soekarno.

    BalasHapus
  14. Melihat foto-foto atau kenangan jaman dulu itu, bikin sedih dan terharu,,,.... tapi pengen jg sih masuk ke rumah ibu fatmawati ini, hehehe

    BalasHapus
  15. Harusnya di buka untuk umum untuk menjahit bendera merah putih, tpi tentunya pakai mesin yg lain

    BalasHapus
  16. Semoga ke depannya bisa lebih rame dan dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. tapi hendaklah lebih terawat agar pengunjung merasa nyaman.

    BalasHapus

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^

Fanspage Intan

Update via Email



Blogger Bengkulu

KEB

Warung Blogger

Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan