Ala Intan

Hal-hal Produktif yang Bisa Dilakukan Saat Terserang Insomnia

Selasa, November 24, 2015




Aloo!

Ada yang belum tidur? Ada yang sebel karena udah bolak balik merem guling-guling tapi tetep juga nggak bisa tidur? Tos! Sama dong!

Barangkali karena tadi siang kebanyakan tidur siang. Abis Zuhur ketiduran dan baru bangun pas azan Ashar berkumandang. Parah. Wkwk. Ditambah pula, ada yang tadi siang iseng ngebawain kopiko varian baru, rasa karamel. Enak, hampir habis deh itu kopi instan sebotol. Akibatnya, here i’m, nggak bisa tidur padahal jarum jam udah di angka 00.24. huah!

Terus, kalo nggak bisa tidur, ngapain dong? Galau? Ya nggaklah. Ada hal-hal positif nan produktif *eaah yang bisa dilakukan sambil nunggu si kantuk datang menyerang ..

Sumber ->> http://www.rspaw.or.id/wp-content/uploads/2014/11/WWS-Insomnia.jpg


1. Dengerin rekaman bacaan Al-Qur’an biar hati adem, sekalian ikut komat kamit hafalan juga. 

Di Bengkulu sini, jam 12 malam teng, udah nggak ada lagi radio yang mengudara. Hening. FYI, aku paling takut sama keheningan, apalagi di tengah malem sendirian. Bisa aja sih mutar playlist mp3 yang ada di flashdisk, tapi jauuuuhh lebih enak dengerin bacaan Al-Qur’an. Hati jadi adem. Semoga mata juga lekas ketutup & tidur nyenyak ya Allah.

Eh iya, waktu kecil, sebelum tidur, mama juga kebiasaan ngaji di samping aku. Dan biasanya aku langsung terlelap tidur. Efek tenang yang didapat saat dengerin bacaan Al-Qur’an ternyata tetep stay ya meski udah dewasa.

2. Belajar

Hari Rabu siang besok, kebetulan aku harus mengikuti ujian TOEFL. Emang bukan kali pertama sih. Udah seriiing banget ikutan ujian yang bertujuan mengevaluasi penguasaan bahasa Inggris seseorang yang bahasa aslinya bukan bahasa inggris ini. Tapi tetep aja butuh persiapan kan?

Ya sudah, mumpung mata masih seger, hajar belajar deh! Mayan bisa latihan beberapa puluh soal sekaligus mengingat ulang strategi yang bisa diterapkan saat ujian TOEFL.

3. Baca novel

Ini juga bisa dilakukan. Tapi inget, jangan baca buku bergenre horor, apalagi kalo kamu penakut kek aku. Mahahaa .. cari yang aman aja, semacam buku-buku pengembangan diri, buku motivasi, dll.

Novel? Boleh sih. Tapi kalo novelnya seru, yakin bisa berhenti sebelum kelar?

4. Ngeblog

Ngeblog bisa banget dijadikan pilihan. Apalagi kalo sebel sama mata yang nggak mau diajakin kompromi ini. Curhat lewat dashboard blog kayaknya bisa bikin hati lebih lega, terus ngantuk, terus bisa tidur. Yey!

5. Ngekuis

Mau nulis, tapi moodnya jelek? Gimana kalo berburu hadiah lewat kuis dan giveaway? Sekarang banyaaaakk banget loh blogger buku yang dapat job jadi host blogtour dan menyelenggarakan giveaway. Contohnya aku *ujung-ujungnya promosi :p


6. Mengerjakan planing-planing yang rencananya akan dikerjakan saat bangun

Menurut aku, waktu paling ideal untuk tidur itu paliiing telat adalah jam 10 malam, lalu bangun jam 3 pagi. Antara jam 3 sampai jam 6 itu enaaak banget buat ngerjain apa-apa tanpa gangguan dering smartphone atau hiruk pikuk lingkungan sekitar.

Nah biasanya sebelum tidur, aku catetin, apa aja yang harus dikerjain besoknya. Tujuannya sih biar ga ketimbun sama deadline kerjaan. Tapi kalo lagi insomnia gini, aku bisa apa? Huhu. Ga mungkin banget bangun jam 3 kalo jam segini aja belum bobo.

Solusinya?

Kerjain yang harusnya dikerjain jam 3-6 besok, dikerjain SEKARANG.

Yey! Selamat berinsomnia produktif. Tapi jangan sering-sering ya. Kasian badannya. Kan berhak istirahat dengan ‘normal’ juga.



Bengkulu, 24 November 2015
Pukul 00.47 WIB

You Might Also Like

4 komentar

  1. bener, tan. kerjain sekarang aja, daripada jadi ga bisa tidur dan kena insomnia akut :D

    BalasHapus
  2. ehhee iya mbak.e kalo udah keserang insomnia, biasanya betah smpae pagi. an baru bisa tidur lagi klo udah matahari muncul, wheehww... hhee

    BalasHapus
  3. Imsomniaku selalu main game atau ngedit naskah. Nanti tiba-tiba ketiduran. Hehehe

    BalasHapus

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^

Fanspage Intan

Update via Email



Blogger Bengkulu

KEB

Warung Blogger

Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan