Liburan Dadakan ke Kota Curup, Harapan itu & Egonya Lelaki



“Anak gadis gimana sih.. masa teras rumah gak dibersihin?”

“Hah? Gimana? Intan baru nyampai rumah kak. Baru banget. Ini cuma sempat mandi & ganti baju. Untung keburu.”

Aku berusaha lebih gesit memasukkan semua printilan kebutuhan siaran malam ke dalam tas. Tumbler, pouch bedak-bedakan, snack … siap grak! Hm sebenarnya baru jam 4 sore, sedangkan aku baru mulai siaran jam 6nya. tapi si kakak kantor sebelah, jam dinasnya mulai dari jam setengah 5an, jadilah aku menyesuaikan saja, yang penting pulangnya barengan, jauuuuuh lebih tenang dibanding pulang malam sendirian. Lagian juga gakpapa banget datang lebih awal, aku bisa ngerjain naskah atau apa pun lah di kantor.

“Intan pulang ke rumah Lubuk Durian, kak. Kemarin kan dinas subuh, hari ini malem, jadi ada rentang waktu yang lumayan cukup buat pulang. Daripada gabut di rumah ya kan? Kayaknya besok Intan mau pulang lagi deh. Pergi pagi, sorenya pulang. Mumpung libur. Sayang aja sih Jumat dinas subuh, jadi gak bisa nginep di rumah.” Aku menjelaskan sambil nyengir.

“Jadi besok Intan libur? Jalan ke Curup aja yuk! Kakak minta libur juga deh besok. Barter dinas aja sama hari Jumat. Biar liburnya barengan sama Intan.”


Wow. Aku melongo. Dadakan amat mz. Tapi aku ngerti kalo ajakan itu mungkin gak bakal diulang 2 kali, karena menyesuaikan jadwal libur juga susah-susah gampang, aku mengiyakan saja. Sampai di kantor, gak jadi aja dulu bikin naskah, pending. haha. Aku kabur sebentar ke minimarket depan, beli camilan buat di jalan besok. Niat hati sih cuma pengen jajan sedikit camilan & minuman, tapi keluar-keluar nenteng 2 kresek jajanan dong. *so proud sama orang yang katanya mau hemat ini.

Kelar dinas malam jam 12 teng, 5 menit kemudian si kakak jemput dan ngasih kabar fix sudah kalo dia sudah dapat izin buat libur di hari kamis, dibarter sama hari Jumat. Jadi rencana liburan dadakan ke Curup itu semakin terang saja aura-aura realisasinya.

“Kita perginya jam berapa?” Aku menguap tertahan. Ampun capek banget. Efek siangnya gak tidur siang karena terlalu asyique ngobrol sama ibu, malemnya langsung dihajar dinas sampai tengah malam. Dan besok mau jalan ke Curup. Zzzz. Sebenarnya capek, tapi excited.

“Kalo jam 7 gimana? Udah bangun belum?”

“Yee ya udah dong. Intan sih Subuhnya on time. Gak tau deh kalo kakak yang besok kesiangan.” Sombong dulu lah, actionnya belakangan. Hihi.

“Kalo gitu jam 8 aja deh, kakak takut ngantuk di jalan.”

Yey, Alhamdulillah. Setidaknya setelah sholat subuh besok, aku masih bisa tidur lagi sebentar. Gak bagus tidur di pagi hari? I know. Tapi kalo kondisinya aku baru nyentuh kasur jam 1 dinihari karena abis dinas, ya gakpapa lah. Toh juga gak setiap malam. Paling cuma sekali dua kali doang dalam seminggu. Dan seperti ketakutanku, malam itu (sebenernya dinihari deng, udah jam 1an) aku gak bisa langsung terlelap, walo badan capek banget. Biasa, Intan kadang suka mikir sampai jauh dengan alur maju mundur hingga detail sekali.

Adalah kebetulan yang paling betul ketika aku yang punya jadwal kerja yang random ini, dipertemukan (lagi) dengan orang yang juga punya jam kerja sama gilanya. Gak pernah punya mimpi bakal pulang pergi bareng sesekali pas sama-sama dinas malam. Gak pernah berharap punya partner liburan di hari kerja. But, he’s there. Dan itu bikin seneng, sekaligus nyesel.

Kenapa gak dari 4 tahun lalu?

Bukannya sudah tetanggaan kantor selama itu?

Dan udah saling kenal jauh sebelum itu.

Aku juga kepikiran omongan ibu, “Susah ya nak kenal sama orang baru dengan kondisi yang kayak gini? Kerjaanmu di box mulu sih, gak ketemu orang. Tapi kalo feeling ibu, kamu jadinya ya sama anak media juga.”

Atau omongan temen yang kaget pas aku bilang tetanggaan kantor sama kakak anu, “Kalian seriusan sebelahan kantor? Itu pertanda …. Jodoh!”

Ngakak aja atau lanjut mikir?

Tidur aja deh.

--

Kamis pagi

Sudah jam setengah 7 pagi ketika aku benar-benar bangun setelah tidur lagi sehabis sholat subuh yang sempoyongan karena jatah tidur yang jauh dari cukup. Masih pengen selimutan & meluk guling, tapi langsung inget kalo ada janji kencan jalan. Beberes rumah dulu sebentar, lalu siap-siap. Belum juga kelar bedendong, si kakaknya sudah jemput. Sempat bengong sebentar karena …. Ya ampun cakepnya. Haha. Kayaknya aku gak keberatan deh lihat wajah yang sama setiap hari selama sekian puluh tahun ke depan. *getok pala Intan biar segera pulih kesadaran woy! *lalu segera pasang wajah datar, seolah wajah segarnya itu gak ngasih efek apa-apa. Biasa aja. Santai shay!

Dari janji jam 8, kami justru udah berangat jam setengah 8 pagi. Jalanan masih seger banget. Dan perjalanan itu nggak membosankan sama sekali seperti yang sudah aku prediksi. Kami ngobrol tanpa jeda. Dari yang penting, gak penting sampai absurd.

Pas sudah di sekitaran gunung kan banyak bunyi onyet ya, terus dia nyeletuk..

“Tuh Intan dipanggil sama temennya. Jawab dong!”

“Yeee enak aja. Temen kakak kali. Lagian kalo itu temen Intan, berarti …”

Ucapan Intan menggantung. Sebenernya pengen bilang “berarti kakak dong monyetnya haha”. Tapi kalo aku ngomong gitu, berarti aku kayak ngasih kode “kamu itu cuma temen bagi aku!” Gak. Intan gak mau ngomongin kata “temen” ya walo hubungan kami juga bukan lebih dari status temenan sih. Gak pernah bahas cinta-cintaan. Gak pernah ngomong kangen-kangenan. Tidak ada yang mengarah ke sana.

“Berarti apa?”

Gak jadi aja. Takut salah ngomong terus merusak suasana. Gak mau. Btw, kami sempat berhenti bentar di sekitaran gunung. Makan camilan. Dan aku bersyukur jajan camilan yang banyaaaak, karena sama kayak aku, dia doyan makan dan cepat gendutan. Haha. Jadi suka saling enyek “Woy gendut woy!” yang mana akan dia balas dengan ngelirik cermin, benerin rambut, sambil bilang “Gakpapa, yang penting masih ganteng.” Kampret! Kampretnya omongan itu bener. Blushing, jangan?

--

Akhirnya sampai juga. Kami memutuskan buat main ke taman Happy Family, soalnya di sana ada rumah pohon ala-ala. Bisa puas nikmatin pemandangan hijau dari atas sana. Dan karena hari kamis, tempat itu mayan sepi, tapi gak seram karena lokasinya pinggir jalan gede, banyak warung-warung buah juga di depan sana. Kami lumayan lama ngabisin waktu di rumah pohon, ngobrol soal kerjaan, rencana masa depan dan banyak lagi. Terpujilah liburan di hari kerja, jadi gak usah ganti-gantian sama pengunjung yang lain. Mau foto-foto juga lebih enak karena gak dilihatin orang-orang. FYI, masuk ke sini cuma bayar 10 ribu aja buat berdua.




Eh, share foto yang berdua jangan?

Jangan deh. Hehehehehe

Abis itu main ke Taman Bunga Jang Semulen. Tempat ini udah aku incer-incer banget karena wah kalo lihat di Instagram sih bagus. ada kayak tempat mamak ayam bertelur ((mamak ayam)), ayunan-ayunan & masih banyak lagi spot foto yang bagus. Kalo di sini, tiket masuknya 10 ribu per orang gaes & mayan banyak juga deh yang main ke sini, meski gak bisa dibilang ramai ya. Teteup. The power of sweet Thursday.

Aku share foto-fotonya yak. Happy sekali punya partner jalan yang gak terlalu suka foto, tapi seneng motoin.  Meski kadang nyebelin karena mendadak dia jadi cerewet nyuruh-nyuruh. “Geser kiri. Kanan dikit. Lirik agak ke kanan dari kamera.” Dan yang paling ngeselin waktu dia bilang,

“ULANG LAGI. YANG TADI PIPINYA TERLALU TEMBEM.”

Mz. Kamu tuh ya, kayak donat ngenyek donat ih!







Dari Taman Bunga Jang Semulen, kami lalu nyari masjid dulu karena udah masuk jam sholat Zuhur. Abis itu menuju Miso Mang Midi karena ya maklum, sudah lapar sekali. Bahkan pas di taman bunga, aku sempat bilang, “Perut Intan sudah bunyi-bunyi. Intan lapaaar! Kalo nanti denger perutnya bunyi, jangan diketawain ya.” Udah wanti-wanti sih dengan bilang begitu, tapi pas perutnya bunyi, diketawain juga lah. Sedih akutu!

Omong-omong, ternyata Miso Mang Midi di kota asalnya lebih endeus ya daripada yang cabang di Bengkulu. Beda di kuahnya sih. Kaldunya nampol banget. Sayang gak difotoin karena ya ampun sudah lapar banget. Aku pesen miso pake tambahan ati ampela, sedangkan dia pake tambahan baso. Pengen ajakin tukeran mangkok, karena kok kayaknya punya dia lebih enak. Tapi gak jadi deh, karena kelihatan orangnya posesif banget gitu sama mangkok misonya. Lagian yang ati ampela juga enyak!

Abis makan, lanjut jalan ke Kabawetan, tapi gak foto-foto lagi karena udah gak mood. Muka juga udah kusam & agak ngantuk abis makan siang. Bener kata dia, laper rese, kenyang bego. Wkwk. Ya piye jal, akhirnya motoin daun teh doang sambil ngobrolin soal blogging & vlogging. Lalu punya rencana buat bikin project bareng. Insya Allah.


Ternyata jalannya cuma sebegitu doang. Taman Happy Family, Taman Bunga Jang Semulen sama Kabawetan, tapi kok pulangnya malem yak? Tentu aja karena banyak mampir makan. Wahahaa. Jalannya sih sehari, gendutnya yang berhari-hari. Zzz. Di perjalanan pulang, ada omongan yang bikin Intan gak jadi ngantuk, bahkan susah tidur pas sudah sampai rumah & sudah bersih-bersih. Dia bilang gini,

“Kakak tau, cewek umur 24, 25, dst pasti udah mulai panik mikirin pernikahan. Sampai ada tuh yang males kumpul keluarga karena ditanyain kapan nikah mulu. ”

“Intan nggak tuh!” Aku mencoba denial. 

“Belum sampai di level kesel sampai sebegitu maksudnya. Kadang bete sih kalo ditanyain kapan nikah, tapi belum sampai level males ngumpul sama keluarga besar. Kadang mereka cuma basa basi, jadi Intan jawab juga versi basa basi doang.”

“Iya. Kakak tau. Makanya di umur segini udah abis jatah buat main-main. Kenalan cuma buat iseng atau apalah. Udah bukan waktunya. Kakak sih kalo deket sama orang gak mau sekedar pengen kenalan ato main-main.” Dia diam sebentar, akunya deg-degan. Dia lanjutin “Akhir tahun nanti, umur kakak 26. Tahun depan kakak 27, kakak pengen nikah tahun depan. Kalo sekarang … masih banyak yang harus kakak siapin sebelum melamar anak gadis orang.”

Aku pengen usil nanya “Nikah tahun depan itu sama Intan bukan?” tapi kayaknya bukan waktu yang tepat buat becanda atau ngegodain soalnya muka dia lagi serius. Dia bilang, “Ngerti kan Ntan egonya cowok? Kakak pengen mengcover semua kebutuhan rumah tangga kalo menikah nanti. Kalopun pasangan kakak kerja, ya emang bebas buat dia pake aja.” Aku masih diem, pengen bilang juga kalo buat aku gak masalah seorang perempuan ikut bantu kebutuhan rumah tangga. Nggak masalah sama sekali. Dan nggak masalah juga dapet pasangan yang kondisi finansialnya 11-12 kayak aku sekarang, karena rezeki bisa diusahain sama-sama asal mau saling support, saling terima, saling mengusahakan. Tapi waktu itu aku nggak ngomong apa-apa selain ngepukpuk pundaknya sambil bilang, “Intan ngerti.”




Intan ngerti.

Mencoba mengerti.

Kalau dibalik obrolan (lumayan) serius malam itu, mungkin itu adalah kode minta tunggu setahun lagi hingga keadaan membaik. Atau malah sebenarnya itu sekedar cerita yang tidak ada hubungannya sama aku. I mean, dia bilang pengen menikah tahun depan, tapi bisa jadi pengen menikahnya bukan sama Intan wahahaa. Mampus kau kenak prenjon. Bisa jadi juga ini bisa dibawa lanjut ke masa depan. Gak tau sih. Tunggu aja. :)

11 comments

  1. KAK INTAN YANG JALAN AKU YANG SENYUM-SENYUM SENDIRI
    oh maaf capslock. Ini anak tetangga sebelah lantai berapa kak? hihi. Asik ya sekarang liburan ada yang menemani

    ReplyDelete
  2. aku komen, jangan? :p

    pastilah yang dia maksud Intan :D

    semoga diberikan yang terbaik oleh Allah yaa aamiin

    good luck buat kalian berdua

    ReplyDelete
  3. aku nunggu edisi foto Intan berdua dengan kakak sebelah kantor RRI itu hihi

    ReplyDelete
  4. Ciat ciat mbak intaaan hahaha btw waktu terakhir ke curup blm ada yg beginian huahahaha

    ReplyDelete
  5. Taman wisata family tu dmna y mbak? D sktar taman bunga jugakah?

    ReplyDelete
  6. Keren banget foto-fotonya intan, aku belum pernah kesana.

    ReplyDelete
  7. Bunga-bunganya terhampar cantik yaaa... rasanya ingin berlama-lama deh di situ...

    ReplyDelete
  8. widih.. walaupun dadakan asyik ya liburannya,foto-foto kak Intan keren-keren ya... wah, aku jadi pingin liburan ke Curup. Udah lama nih gak piknik.. haha

    ReplyDelete
  9. Justru dadakan itu yang seru ntan. Aku sering begitu hahaha

    ReplyDelete
  10. Aiiiiiih kamu ceritanya bikin pipi aku ikutan merah. Dan somehow relate banget sama hubungan aku dan pacar. Aku dan dia sama-sama anak media, kita sama-sama sibuk dengan berbagai deadline kerjaaan dan susaaaaah banget cari waktu yang pas buat jalan bareng buat real quality time. Jadi kalo ada kesempatan, CUSS GAS LANGSUNG.

    Masalah nikah, iyah, cowok emang egonya gitu. Sebagai cewek, aku awalnya pengen cepet2. Lalu setelah dia ngasih tanda siap, aku malah bingung dan ketar-ketir sendiri wakakaka gimana iniiii.

    Anywaaay salam kenal yak! New follower here <3

    xoxo,
    honeyvha.com

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^