Kerja Keras Hari Ini, Untuk Menunaikan Mimpi di Esok Hari



“Wah. Gila bener nih Kak Pungky, udah jalan-jalan ke Kota B aja. Perasaan kemarin baru ke Kota Y deh. Kan main. Giliran aku kapan ya? Hmm hmm hmm..”

Ada satu masa aku begitu envy melihat media sosial Kak Pungky Prayitno – blogger senior *ciee yang waktu itu sedang sering-seringnya travelling dari satu tempat cantik ke tempat cantik lain di Indonesia. Berdasarkan hasil kepo-kepo bacain blognya, I know kalo semua itu didapetin dari satu hal : blogging. Blogging udah buka banyak kesempatan buat Kak Pungky. Blogging udah membawa dia melangkah lebih jauh. Aku pengen begitu juga? Banget! Aku juga ingin suatu hari nanti bisa travelling ke sana sini, pure dari hasil ngeblog. Sounds ambisius ato halu? xD

Lalu, bulan berganti, tahun berganti. Ada saat-saat di mana frekuensi ngeblogku turun sampai ke titik terendah – hiatus hingga berminggu bahkan berbulan. Namun, di lain waktu, aku menepikan rasa bersalah dengan mengeluarkan energi untuk ngeblog dengan ritme yang kencang. Membalas waktu-waktu  di mana aku tidak bisa menyentuh dashboard blog sama sekali. Meski tertatih, aku masih terus ngeblog hingga kini. Meski kadang lelah, aku tau benar kalo aku tidak ingin menyerah lalu kalah. Tidak. I’ll survive on this.


Sampai kemudian hari itu datang juga..


Hari minggu, seminggu lalu, aku menginjakkkan kaki di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang. Tersenyum lebar meski mata menyipit karena ooo silau men. Palembang cerah sekali, mendeskripsikan moodku hari itu yang sungguh on fire, diperciki warna warni kebahagiaan.

Actually, ada dua alasan kenapa aku tersenyum sepanjang hari. Pertama, kedatanganku ke Palembang adalah untuk mengikuti ujian penyetaran ijazah S1 dari kantor. ooo akhirnya setelah menunggu tiga tahun lamanya, ijazah S1-ku akan melakukan tugas pertamanya – naikin income bulanan dari kantor. wkwkw. Dan alasan kedua yang lebih sentimental, aku berangkat ke Palembang, pure pake uang dari blogging. Really? Iya yey yey! Memang baru sekedar Palembang, tapi buatku yang ngeblognya ngos-ngosan, bisa beli tiket pesawat bolak balik Palembang –Bengkulu, bisa bayar hotel 4 hari 3 malam & ngeborong pempek di deket bandara, udah sangat lebih dari cukup. Begini ternyata rasanya bisa halan-halan dari ngumpulin fee blogging, tidak sekedar habis di online shop sebelah. Gimana sih cara ngejelasin bahagianya? xD

Ngeblog lebih rajin sejak bulan Maret 2018 lalu. Menahan diri untuk tidak begitu sering buka Instagram maupun media sosial lain agar fokus mengisi blog. Menahan diri untuk kuat berpegal-pegal lebih lama, wooo semua rasa lelah itu rasanya ambyar, tergantikan oleh rasa senang yang porsinya jauh lebih besar. Pagi itu aku berjanji, akan lebih mngesampingkan malas & moody, agar bisa ngeblog lebih kencang lagi. Aku ingin blog yang aku rawat, bisa membawaku melangkah lebih jauh, merekam cerita lebih banyak.

Oh iya, meski judulnya ujian penyetaraan, namun 4 hari yang begitu singkat di Palembang berbuah dengan jalan-jalan ke Ampera, nyobain LRTnya Palembang, jajan pempek sampai puas mampus, ngelilingin mall-mallnya Palembang yang lebih gede dibanding mallnya Bengkulu &, dll. Sempat-sempatnya ya dek? Yuhuu. Disempet-sempetin sist. Meski perginya hanya beberapa hari, namun cerita yang dibawa pulang ada banyak sekali. *Ku senang karena punya banyak bahan untuk ngeblog xD

Eh tapi, mong ngomong, bisa aja kan pergi kemarin pake uang gaji?

Bisa beb, bisa. Tapi emang beda banget rasanya ketika pergi dengan hasil ngeblog seperti ini. Rasanya tuh jauuuuh lebih greget. Jadi penyemangat banget lah. Kerjaannya boleh di dunia maya, tapi hasilnya bisa dipetik di dunia nyata. Asik asik. Dan apa yang terekam dalam foto yang dijepret pakai kamera handphone sekedarnya di atas tadi, jadi best moment-nya aku di tahun 2018. Moment yang bikin aku semakin yakin kalo nggak ada hasil yang mengkhianati usaha. Selalu ada gelak tawa selepas usaha berpeluh-peluh diiringi derai air mata.

Mau jalan-jalan lagi pake hasil jerih payah ngeblog?

MAUUUUU. Berdasarkan pengalaman beberapa bulan terakhir, ada beberapa hal yang harus dilakukan biar bisa ngumpulin pundi-pundi rupiah buat travelling tipis-tipis.


1. Konsisten saat mengerjakan job berdurasi panjang.

Yap, karena biasanya job yang durasinya sebulanan (atau lebih) feenya lumayan banget buat beli tiket pesawat. Meski ya, kadar capeknya juga beda. Mesti nyiapin waktu ekstra, harus tenang pas tiba-tiba ada tugas tambahan – dan kamu nggak ngerti cara nyelesaiin jobnya itu loh. Tenang dulu, abis itu bisa browsing, buka google, buka youtube. Kalo gak gampang nyerah, dari job yang kita tuntaskan, yang didapat bukan hanya fee, namun juga ilmu baru. Asik kan?

2. Punya goals & berani mewujudkan goals itu jadi kenyataan.

Selagi jalan untuk menempuh goals yang kita inginkan masih berada di jalur yang lurus, kenapa nggak? Pengen jalan-jalan? Pengen beli kamera baru? Perjuangkan. Nah, kalo untuk kasus Intan, biasanya uang hasil ngejob blogging & buzzering itu sekedar terdampar di online shop, bertransformasi jadi paket-paket gemes yang diterima nyaris tiap minggu. Susah loh untuk menghilangkan kebiasaan belanja belinji begini karena efeknya kayak candu. Jadi ya gak usah dihilangkan, cukup dikurangi saja. Kasih batasan budget yang jelas biar belanja onlinenya gak bablas & masih nyisa buat dikumpulin sebagai modal travelling.



3. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.

Buat orang yang budget travellingnya terbatas kayak aku, aku ingin sesekalinya travelling itu ada satu ilmu baru yang bisa dibawa pulang. Kalo kemarin sekalian ujian, bulan Oktober nanti aku melakukan travelling sendirian ke Palembang (lagi) sekalian untuk ikutan workshop. Dan mungkin kota tujuan akan selalu kota besar, di mana selalu ada workshop seru yang bisa diikuti di akhir pekan. Selain workshop, aku juga ngejar festival yang berhubungan sama dunia literasi sih. Maklum euy, di Bengkulu sini bazar buku murah aja adanya bisa lima tahun sekali. Huhu.

Doakan yay, bisa travelling lagi berkat blogging. Nanti juga pengen ngeberaniin diri ikutan lomba yang hadiahnya jalan-jalan, biar makin greget. Biar makin banyak memori yang terekam oleh kamera smartphone. Oh iya, ngomongin soal smartphone, aku punya smartphone impian di tahun 2018 ini. Pengennya sih dapat smartphone yang paket komplit. Hmmm.. sebut aja langsung kali yess, Huawei Nova 3i itu loh beb. Sounds familiar? Ya iyalah smartphone bagus.

Sedikit info soal smartphone impian ini, dia punya desain yang keren nan kekinian. Layarnya besar, bezel tipis & memiliki notch. Apalagi warna iris purple yang menyelimuti 3i terlihat begitu cantik. Perpaduan biru & ungu yang sukses menciptakan kesan berkilau, terutama ketika berada di ruangan bercahaya. Mupeng berat! Oh wait wait, 3i juga memiliki kamera yang diperkuat AI. Artinya apa? Kameranya dinilai lebih pintar untuk mengolah hasil gambar menjadi lebih baik. *coret keinginan beli kamera, cukup pake 3i aja!

Storagenya gimana? Aman euy. 3i memiliki storage 128 GB paling besar di kelas smartphone mid-end saat ini. Juga untuk yang suka main game, pasti bakal ngerasa hore karena 31 diperkuat dengan GPU Turbo untuk kemampuan gaming. Lengkap anet ya ampun! Doain Intan bisa berjodoh sesegera mungkin dengan 3i ini ya genks, biar makin produktif, makin banyak menangkap momen-momen terbaik untuk dijadikan timbunan kenangan indah di kemudian hari.



15 comments

  1. Wehh keren ih perjalannya mbak Intan
    Semoga bisa dapetin hadiah lomba yangg hadiahnya jalan-jalan yah mbak. Aminnn
    Apalagi selama perjalanan ditemani sama Huawei Nova 3i tambah cakep pasti itu perjalanannya mbak Intan
    Good Luck Mbak Intan ^_^

    ReplyDelete
  2. Smartphone yang satu itu memang kekinian banget ya mbak, selain desainnya yang bagus, banyak juga kelebihan yang ditawarkan.

    ReplyDelete
  3. Memang bangga banget mbak kalau kemana-mana pakai uang hasil jerih payah sendiri hehe :D

    ReplyDelete
  4. Aduh, aku juga suka banget sama prodak dari Huawei ini, kameranya dan kapasitas memorinya tuh canggih banget.

    ReplyDelete
  5. Wah ternyata Huawei Nova 3i ini recomended untuk banyak kalangan ya, seperti traveler, gamer, dan masih banyak lagi.

    ReplyDelete
  6. Ngegame jadi makain aman nih kalau makek Huawei Nova 3i ya, gak bakal ngeblank-ngeblank lagi hehe :D

    ReplyDelete
  7. Tul, apa-apa yang dihasilkan dengan usaha jauh lebih berkesan dibanding yang instan kak. Aku kok ikutan hepi ya liatnya :')

    ReplyDelete
  8. Aku mau mengAmini saja, semoga segera travelling lagi berkat ngeblog ya mba hihi...

    ReplyDelete
  9. Buat traveling emang HPnharus ready, gak boleh gagal motret setiap momen berharga.
    Huawei nih udah pas banget!

    ReplyDelete
  10. Kdg pgn sih bisa memonetize blogku juga. Tapi sepertinya belum waktunya :D. Aku msh ragu apa bisa menulis sesuai keinginan client, ato apa bisa membagi waktunya dgn kerja kantoran skr yg bener2 menuntut banget -_- . Tp mungkin nanti, kalo aku bnr2 siap, ga mnutup kemungkinan mulai memaksimalkan fungsi blogku utk cari duit :D.
    Btw nih hp emg kereeeeen yaaak. Sukaaaak banget ama memorynya yg gede itu mba. Ini yg aku cari soalnya. Storage gede tp hrg msh terjangkau budget :)

    ReplyDelete
  11. Wah hebat uang dari ngeblog bisa buat jalan-jalan... Semangat terus yaaa... Jadi terinspirasi nih! BTW kalo jalan-jalan emang seru ya bawa HP yg kameranya oke, bisa jepret-jepret buat materi blog atau IG deh :D Semoga kesampaian ya dapat HP Huawei-nya

    ReplyDelete
  12. Jadi blogger emang mengasyikkan. Trutama kalo kita memilih jadi traveler blogger, berarti harus ready peralatan.perangnya, terutama kamera yang ok punya seperti yang dimiliki Huawei ini

    ReplyDelete
  13. salam kenal mbak intan,
    jadi blogger emang seru ya tapi iya harus konsisten memang dan harus jaga komitment diri ya, pengen deh aku juga traveling2 gini tp memang suka ketahan di persiapan budget, untung mbak intan share di blog.

    ReplyDelete
  14. waaaaaaa aku pengen juga kepalembang...doakan aku...

    ReplyDelete
  15. waaa... dapet duit dari hasil ngeblog? impian banget tuh.. haha

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^