Lebih Dekat Dengan Roller Bearing dan Jenis-jenisnya



Apakah kamu masih asing dengan istilah bearing? Bearing sendiri merupakan suatu komponen yang  cukup penting didalam sebuah mesin. Fungsi utama dari roller bearing ini sendiri adalah digunakan untuk mengurangi adanya gesekan didalam komponen lainnya pada mesin-mesin yang bergerak. Tak hanya itu saja, fungsi lain dari bearing adalah untuk menghindari keausan. Roller bearing menjadi salah satu bearing yang banyak dicari oleh masyarakat.

Apa itu roller bearing?

Pict source : Pixabay

Roller bearing sendiri merupakan sebuah bearing yang akan menggunakan roll sebagai tumpuannya. Jenis bearing yang satu ini biasanya akan digunakan untuk beban berat. Bearings jenis ini biasanya juga digunakan oleh perusahaan industri berat. Di dalam bearing ini, ternyata juga terdapat beberapa jenis bearing yang wajib untuk kamu ketahui.


Jenis-jenis roller bearing

1. Cylindrical roller bearings

Jenis roller bearings yang pertama adalah cylindrical roller bearings merupakan bantalan rol silinder dimana terdapat salah satu cincin pada bagian dalam atau pada bagian luarnya mempunyai dua rusuk dan bagian lainnya hanya mempunyai satu saja.

Pict source : Pixabay

Jenis bearings yang satu ini ternyata juga mampu menampung beban aksial yang terdapat didalam satu arah bantalan rol silinder dengan garis ganda. Tingkat kekakuan dari bearing ini cukup tinggi. Hal ini tidak lain karena adanya penggunaan peralatan mesin yang cukup presisi.

Keberadaan bearings yang satu ini memang sangat penting. Pasalnya  jenis bearing yang satu ini diperkirakan sudah ada sejak 40 SM yang lalu. Bantalan jenis ini sendiri ternyata juga dibuat dengan menggunakan bahan yang berkualitas. Tidak heran apabila kinerjanya cukup baik.

2. Spherical roller bearings

Adapun jenis bearing lainnya yang wajib kamu ketahui adalah spherical roller bearings. Ini merupakan sebuah elemen bantalan yang bergulir dimana memungkinkan munculnya perputaran gesekan yang cukup rendah. Tak hanya itu saja, jenis bearings yang satu ini juga mempunyai kemampuan untuk mengurangi adanya ketidaksesuaian sudut.

Pict source : Pixabay

Jenis bearings yang satu ini biasanya cukup membuat kinerja poros yang tengah berputar didalam lubang cincin pada bagian dalam. Adapun keunggulan dari jenis bantalan yang satu ini adalah lebih mudah dalam segi perawatannya.

3. Needle bearing

Ini merupakan jenis bearing yang cukup spesial karena memanfaatkan roll silinder yang berukuran panjang tetapi tipis layaknya jarum. Apabila biasanya roller bearings terlihat sedikit lebih panjang daripada diameternya maka tidak untuk needle roller bearings ini dimana mempunyai roller dengan ukuran minimal 4x lebih besar dari diameter.

Bedanya dengan jenis bearings lainnya adalah pada bearing ini mempunyai silinder yang panjang dan tipis. Jenis bearing yang satu ini banyak digunakan pada part-part otomotif seperti pada komponen kompreser hingga pompa.

Roller bearings memang menjadi salah satu bearings yang cukup spesial dibandingkan dengan bearings lainnya. Untuk kamu yang ingin mendapatkan bearing ini maka bisa langsung mengunjungi logam-makmur.com

No comments

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^