5 Hal yang Perlu Diperhatikan Tentang Mobil Bekas Banjir

Pict source : Pixabay


Terkadang sejumlah hal mendorong si calon pembeli untuk jatuh pada pilihan mengerjakan pembelian mobil baru murah semisal
harga agya bekas. Jika mobil baru telah tentu terjamin kesehatan mesin dan kemulusan bodinya. Namun bagaimana bila ternyata keuangan lebih mendesak pembeli untuk mengerjakan pembelian mobil bekas? Nah, ini harus hati-hati.
Memilih mobil bekas tidaklah mudah, sebab harus menggarap pengecekan secara menyeluruh. Apalagi mobil yang bekas terendam banjir. Ini sangat tidak recomended untuk kamu yang berkeinginan membeli mobil bekas, terlebih guna yang baru pertama kali beli mobil.
Untuk itu, kenali ciri-ciri mobil bekas banjir berikut agar tidak salah pilih beli mobil bekas:


1. Perhatikan Embun pada Kaca Mobil
Hal yang selanjutnya dapat dilaksanakan guna mengenali mobil bekas banjir adalah dengan memperhatikan kacanya. Apabila kaca mobil berembun tapi kondisi kaca tersebut masih bagus, bisa jadi mobil pernah kemasukan air atau terendam banjir.
Tidak hanya kaca mobil saja yang dicek, tempat tinggal lampu pada mobil juga sangat perlu diperhatikan. Karena terbuat dari bahan yang hampir sama dengan kaca, bila terendam air pasti meninggalkan bekas embun juga.
2. Cek Karat pada Eksterior Mobil
Hal yang sangat gampang dilaksanakan ialah memeriksa suasana eksterior pada mobil. Mobil yang pernah terendam banjir tentu memiliki bekas noda lumpur. Di samping itu, bagian yang memiliki unsur besi seperti bemper mobil dan bagian bawah mobil pasti berkarat bila pernah terendam banjir.
Tak ada salahnya mengerjakan pembelian mobil bekas, namun sebelum menggarap transaksi sebagainya lakukan pengecekan secara menyeluruh baik dari luar maupun dalam terlebih dahulu. Sebab walau mobil sudah lama tetapi masih terawat dengan baik, tentunya pun akan sangat nyaman digunakan. Agar lebih mudahnya, bawa orang yang memahami suasana mobil ketika bercita-cita melakukan pembelian mobil bekas.
3. Cek Lokasi Mobil
Kamu pasti mengenali daerah-daerah yang sangat rawan terhadap banjir. Untuk mengetahuinya secara detail, dapat mengecek STNK mobil tersebut menyoal alamat si pemilik mobil. Tapi tidak boleh terlampau berpegang dengan itu saja karena alamat pada STNK mobil belum tentu sama dengan lokasi mobil itu berada. Kamu bisa menanyakan langsung pada penjual di mana asal lokasi mobil itu untuk lebih jelasnya.
4. Hirup Aroma Interior Mobil
Pict source : Pixabay

Kamu
tentu sudah tahu aroma tak sedap dari banjir seperti apa. Mobil yang pernah terendam banjir tentu memiliki bau yang sama dengan air banjir, seperti bau apek dan tidak sedap.
Untuk mengeceknya, kamu bisa masuk ke dalam kabin dan mulai mencium wewangian di dalamnya. Jika ada bau-bau yang mencurigakan, bisa jadi mobil tersebut pernah terendam banjir.
Namun, bila menemukan bau wangi yang keterlaluan harum, bisa jadi itu adalah upaya untuk menghilangkan bau bekas banjir. Ini sebab wewangian bekas banjir pada kabin sulit untuk dihilangkan.
5. Periksa Interior dan Bagasi Mobil
Pengecekan dilanjutkan dengan pemeriksaan  secara detail tentang interior mobil. Hal yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa karpet di bawah jok dan jok itu sendiri.
Mobil yang pernah terendam banjir seringkali memiliki noda lumpur yang sulit dihilangkan. Apabila karpet dan jok sudah diganti dan terlihat baru, tak ada salahnya tanyakan pada penjaja seputar penggantiannya tersebut.
Selanjutnya periksa bagasi mobil. Bagasi merupakan bagian yang kadang jarang dibersihkan. Coba periksa karpetnya, dan buka tempat penyimpanan ban cadangan (jika ada) pada mobil. Jika ada noda bekas banjir lagipula dibuntuti dengan bau tak sedap, kamu patut curiga.


No comments

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^