Menjadi Penyiar Kece dan Produktif Bersama USB OTG SanDisk


Menjadi Penyiar Kece dan Produktif Bersama USB OTG SanDisk

“Waduh kakak penyiarnya pinter banget deh. Kayanya semua isi dunia ini dia tau. Mana suaranya renyah. Love love!”

Meski gak pernah bercita-cita jadi penyiar radio, tapi Intan kecil memang sudah suka dengerin radio, sekaligus suka terkagum-kagum denger suara kakak penyiar radio yang sedang mengudara. Kesannya tuh kakak penyiar pinter banget, segala info terkini dia tahu loh. Terus, kayaknya nih ya, penyiar radio itu mostly baik-baik, ramah, suaranya enak, bikin yang dengerin tuh pada betah. Berasa lagi ditemenin sama sahabat dekat, padahal belum pernah bertatap muka. Tapi rasanya udah seakrab itu aja. Penyiar radio itu bisa menemani, menjadi seorang sahabat, sekaligus berbagi informasi dengan cara yang menyenangkan & mudah dimengerti.

Tapi apa iya penyiar radio sepinter itu?


Karena tugasnya sebagai pemberi informasi, penyiar radio emang dituntut untuk jadi pinter, karena banyak baca sih. Kalo nggak suka baca, kebayang dong gimana kikuknya mau sharing informasi tentang ini itu, padahal dianya juga gak paham apa yang lagi diomongin. Hiks. Ngecek-ngecek ajo (ngomong-ngomong aja), kalo kata orang Bengkulu.

Jadi penyiar kece itu setidaknya harus memenuhi beberapa kriteria :

1. Peduli terhadap kesehatan

Biar bisa tampil maksimal ketika mengudara, tentunya si penyiar harus sedang dalam kondisi fit. Mau sepinter & serenyah apa pun suaranya, kebayang gak sih kalo penyiarnya lagi flu? Pasti gak enak dengerinnya tuh. Bindeng bindeng kocak aja. Bukan mau bilang kalo penyiar radio gak boleh sakit, tapi penyiar radio yang kece pasti bakal peduli sama kesehatannya karena kalo dia sakit pas onair pasti ambyar sih performanya.

2. Semangat belajar hal baru

Jadi penyiar radio gak berarti tugasnya cuma siaran aja loh. Bisa sewaktu-waktu jadi MC, bisa bertugas bikin naskah acara, merangkap jadi EO pas ada event, ato malah jadi tukang mixing paket-paket acara biar jadi ciamik. Nah, jadi banyak sih yang harus dipelajari saat jadi penyiar. Jangan gampang puas & ngerasa udah pinter. Harus terus semangat nyoba & mempelajari hal-hal baru.

Menjadi Penyiar Kece dan Produktif Bersama USB OTG SanDisk

3. Mau melakukan persiapan

Sama seperti profesi lain, jadi penyiar radio juga tergantung sama jam terbang. Tapi, meski jam terbang gak pernah bohong, seorang penyiar radio juga harus tetap melakukan persiapan. Harus tetap banyak baca. Misal nih, sebelum dia dinas, seengaknya dia udah tau, nanti pas onair mau nyampein informasi tentang apa di sesi 1, sesi 2 dan seterusnya. Bos favoritku pernah bilang,

“Siapa yang naik podium tanpa persiapan, akan turun tanpa penghormatan.”

Sepenting itu sebuah persiapan gaes.

Tapi omong-omong, aku pernah nih punya pengalaman buruk tentang persiapan. Jadi ceritanya tuh, pada suatu hari aku bertugas ngeMC di suatu acara. Aku udah siapin bahan-bahan di smartphone. Ada yang berbentuk dokumen word, ada juga yang berupa foto-foto. Pokoknya udah komplit. Tinggal ngomong-ngomong aja tanpa perlu takut kehabisan bahan. Tapi pas acara ....

Smartphone aku tetiba nge-hang dong.

Ya ampun cemas banget. Dengan panik, aku nyoba nge-restart si smartphone dan .. bisa. Fiuh Alhamdulilah.

Tapi gaes, pas dicek isi galeri, bahan persiapan buat ngeMC-ku RAIB. Gak bersisa. Ya Tuhan. Bener-bener deh smartphone gak guna. Mana file-file pentingku hilang semua. Pengen nangis kejer aseli!

Cuma satu yang aku syukuri hari itu. Acaranya gak formal-formal banget. Semi santai. Jadi aku bisa improve sana sini, nyuri-nyuri kesempatan buat googling pas pengisi acara tampil, yang penting gak kelihatan jadi MC yang gak well prepared. Hiks. Semuanya gara-gara si smartphone yang gak smart ini sih. Kzl.

Tapi setelah beres acara dan ku pikir-pikir lagi, bukan cuma smartphonenya yang nggak smart, tapi pemiliknya juga, yaitu aku. Selama ini aku gak peduli sama smartphone yang udah sesak, diisi dengan ratusan foto, video, draft tulisan, dan lain-lain. Aku nggak pernah ngeback-up isi smartphone. Pas ada kejadian smartphonenya ngambek dan berimbas pada hilangnya semua file, baru ku tersadar kalo selama ini aku salah banget memperlakukan smartphoneku.

Manusia emang kadang baru sadar kalo udah kehilangan.

Kehilangan file-file berharga :((

Menjadi Penyiar Kece dan Produktif Bersama USB OTG SanDisk


PENTINGNYA BACK UP DATA PADA SMARTPHONE

Aku beneran lupa, kapan terakhir kali nge-back up semua data-data penting yang ada di smartphone. Kepedean. Terlalu yakin kalo data-data itu gak akan pernah hilang. Huft. Tapi gimana ya, ngeback-up itu terlalu makan waktu & ribet. Harus nyambungin dulu si smartphone ke komputer atau laptop. Terus nungguin file-filenya ditransfer asli lama banget sih. Sama kayak nungguin si dia melamar. Udah keburu pundung duluan.

Dan aku emang gak pemalas sendirian loh. *eii malah bangga karena ada temennya. Huhu.

Seriusan aku nggak halu, gaes. Ini berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh Western Digital (sebuah perusahaan inovasi teknologi) yang melibatkan 1.120 responden dari 6 kota besar di Indonesia seputaran tentang Manajemen Data di Indonesia. Mengangkat survey dengan tajuk Indonesia Consumer Mobile Habit and Data Management Survey, hasilnya sungguh membuat terkejut genks. Ada sekitar 67% orang Indonesia yang pernah kehilangan data di smartphone mereka. Dan aku termasuk di kelompok itu. Kelompok yang kehilangan padahal lagi sayang-sayangnya. :((

Pict source : Western Digital

Manusia itu kadang bukannya nggak tau, tapi emang nengel aja. Buktinya nih dari 80% responden survey sadar dan tau kalo ngeback-up data di smartphone tuh hal yang penting. Super penting. Tapi ternyata, hanya sepertiga dari responden yang melakukan back up data secara teratur, yaitu sebulan sekali. Walah.

Apa gak ada ya, cara ngeback up data di smartphone dengan mudah?

BACK UP DATA DENGAN MUDAH BERSAMA USB OTB SANDISK

Syukurlah, masalah ribetnya mem-back up data-data penting dari smartphone sekarang udah ada solusinya, genks. Western Digital melalui brand naungannya SanDisk baru aja mengeluarkan produk kece yang bisa mempermudah proses pemindahan data. Please welcome USB OTG SanDisk *prok prok prok. OTG itu On The Go btw gaes. Udah familiar toh dengan merk SanDisk? Iya banget. Dari zaman sekolah dulu, merk ini udah setia menemani sebagai media penyimpanan yang mumpuni, dari mulai flashdisk hingga memory card. Komplit.

USB OTG SanDisk apakah bisa dipake untuk android dan iPhone? Bisa beb. Karena dia terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu USB OTG Sandisk Dual Drive yang ditujukan untuk android & iXpand Flash Drive untuk iPhone. Cakep. Apalagi kapasitasnya juga beragam, tinggal disesuaikan sama kebutuhan. Untuk iXpand Flash Drive tersedia dengan kapasitas mulai dari 16 GB, 32 GB, 64 GB, 128 GB & 256 GB, dengan kecepatan 150 MB/s. Sedangkan untuk USB OTG Sandisk Dual Drive terbagi lagi menadi 2 tipe, yaitu Drive USG Ganda tipe C untuk smatphone dengan perangkat USB tipe C dan Drive Ganda Ultra m3.0 untuk smartphone dengan micro USB.

Jadi gaes, kalo kita pakai USB OTG SanDisk banyak banget keuntungan yang bisa kita dapatkan.

Menjadi Penyiar Kece dan Produktif Bersama USB OTG SanDisk


1. Back up data penting, kapan saja, di mana saja.

Kalo zaman kolonial dulu, kita harus ribet-ribet nyambungin si smartphone ke komputer atau laptop, sekarang udah nggak lagi dong. USB OTG SanDisk bikin proses ngeback up data jadi sedemikian praktis. Tinggal colok USB sesuai dengan tipe smartphone kita, file-file penting langsung pindah dengan sukarela deh tanpa harus dicolokin ke komputer atau laptop terlebih dahulu. Jadi kalo mau pefotoan, udah nggak harus ngapusin file-file lagi deh karena memori udah megap-megap kepenuhan. Praktis banget yo?

Menjadi Penyiar Kece dan Produktif Bersama USB OTG SanDisk
Pict source : Instagram @SanDiskapac.

2. Back up data otomatis dengan aplikasi mobile SanDisk Memory Zone

Kalo yang tadi praktis dan mudah, ternyata masih ada kecanggihan lain dong. USB OTG SanDisk bisa secara otomatis mem-back up data secara otomatis ketika USB dihubungkan dengan smartphone. Caranya gimana? Cukup install aplikasi mobile Sandisk Memory Zone. Canggih bet!

3. Back up data media sosial  
                                                                          
Nggak cuma jadi andalan untuk menyimpan dan melindungi di smatphone, tapi aplikasi mobile Sandisk Memory Zone & iXpand Drive App juga bisa mem-back up data-data dari media sosial yang kita miliki, seperti foto-foto dan video. Jadi tuh nggak usah takut kehilangan file-file penting dari akun medsos, semuanya aman genks. Termasuk foto-foto yang di-tag oleh sahabat-sahabat kita di dunia maya.

Menjadi Penyiar Kece dan Produktif Bersama USB OTG SanDisk

Pict source : Instagram @SanDiskapac.

Dengan keunggulannya yang luar biasa, wajar dong kalo USB OTG SanDisk jadi kesayangan banyak orang. Buatku, aku gak usah takut lagi kehilangan bahan siaran sebelum on air, sebelum nge-MC, atau takut kehilangan foto-foto kesayangan yang ada di galeri. Dengan USB OTG SanDisk bisa seproduktif itu menggunakan smartphone tanpa harus mikirin memory yang kepenuhan & harus ngapus-ngapusin foto karena #DibuangSayang lah.

Ngapain harus dihapus kalo bisa dipindahin aja ya toh?

Yang udah kepincut berat sama USB OTG SanDisk, jangan khawatir beb, udah gampang banget untuk kamu temukan di mana-mana. Di toko offline banyak, di toko online juga banyak bet. Cuss buruan punya, sebelum keburu data-data penting di smartphonenya menghilang tak berbekas. *kayak janjinya mantan gitu loh ya haha

Gimana gaes, punya cerita juga tentang USB OTG SanDisk yang memudahkan manajemen data smartphone ini? Cerita di kolom komentar yuks! :))

#SanDiskAPAC
#SanDiskAPAC
#SanDiskAPAC



46 comments

  1. Lucu banget sih, foto-fotonya mbak. Iyaa sekarang gak khawatir kehabisan memori, praktis lagi dibawa kemana pun :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihii iya mbak. Mewakili kepusyingan soal pindah memindah data ini sebelum kenal USB OTG SanDisk :D

      Delete
  2. Buat orang yang males backup data ke laptop kaya aku penting banget nih punya otg ini. Bisa dibackup ke flashdisk dulu ya kan

    ReplyDelete
  3. Masa sampe skrng aku belom punya donk ya flashdisk yang bisa di colok ke HP seperti ini loh moms... Ketinggalan jaman aku

    ReplyDelete
  4. Sejak awal sudah pake USB merk ini, alhamdulillah awet... Malah ada data yg saya kumpulkan ke berbentuk harddisk, ketika rusak bingung ilang semua... klu usb bs terpecah2, jd klu rusak satu, yg lain msh ada. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat mbak. Kalo terpisah-pisah malah justru jadi lebih tenang ya. Hilang 1, masih ada back up-an yang lain :))

      Delete
  5. Ciee.. Penyiar kece ga bole mati gaye. Pake sandisk otege udah paling iye dee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe iya mbak. Biar gak kehilangan bahan nge-MC lagee pake otege :))

      Delete
  6. Kece banget bentuk usb otg sandisk ini ya. Jd pingin beli utk back-up data pentingku.

    ReplyDelete
  7. Wah kudu punya nih. Secara blogger itu pasti harus motret dan berulang-ulang sampai hasilnya bagus. Gak kerasa udah gak muat aja gara-gara memorinya cuma sedikit. Dan itu sering banget saya alami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya betul. Biar lebih aman & memory HPnya juga jadi lebih lowong, kak :))

      Delete
  8. Akh alat ajaib yang punya kegunaan luar biasa nih. Maklum penyiar itu selain simpan semua info di otak tetap ada data asli buat kasih informasi hahaha. Nice info kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha betul kak. Gak kebayang deh kalo data-data penting mendadak menghilang adududuuu

      Delete
  9. aseekkk ada cara mudah ya nyimpen file yang bisa dibuka kapan saja dimana saja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyess. Praktis banget ya mbak Ayank. Gausah ribet-ribet nyari laptop ato komputer hehe

      Delete
  10. Aku kok gemes sama bentuk otg sandisknya itu mbak :D
    Jadi pengen beli juga. Emang ngebackup data itu sangat penting yaaa, jangan sampai data di hape ada yang ilang, apalagi kalau itu penting.

    ReplyDelete
  11. Sandisk memang jadi penyelamat banget nih, jadi praktis sekali transfer data

    ReplyDelete
  12. Ya ampun, I feel you Sis...kalau pas ngandelin banget hape buat presentasi, dan tau2 datanya ngga bisa diakses padahal itu jadi salah satu contekan saat kita di depan. Sandisk ini pinter kasih solusi buat kita2 yg selalu storage data di hape ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aseli jadi mati kutu banget mbak, kalo udah prepare terus data-data pada hilang. Hiksss syedih!

      Delete
  13. Seruuu bgt ada USB OTG ini kehidupan kita makin lancar
    Ga perlu kuatir drama data hilang dll
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  14. OTG jadi salah satu barang yang selalu dibawa kemana mana, karena mudahin saya buat mindah atau transfer data dari hp, bayangin betapa ribetnya kalo harus selalu buka laptop kan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya. Udah keburu malas duluan ya kak kalo harus buka-buka laptop.

      Delete
  15. Dari awal pake flashdisk, aku pake sandisk ini. Dan kurang paham merek lain. Taunya ya sandisk. Krn selama ini gak nemuin kendala makai sandisk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyess. Merk legend sih. Aku pun udah punya flashdisk-flashdisknya sedari lama. Dan ini ada OTG, uwuw makin luvvv!

      Delete
  16. Kalau sudah punya Otg dari san disk bisa bikin hape kita awet gak nge hang lagi

    ReplyDelete
  17. duh deh ntan suaranya empuk kayak donat bunda wawa :D
    memang bete banget kalo data penting hilang apalagi pas dibutuhkan
    btw sandisk ini memang bagus ya produknya, mba punya flashdisknya dr zaman kapan gitu masih bagus.
    skarang makin keren ada usb otg, jadi pengen punya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh mbak masih inget aja sama donat bunda wawa? Intan udah lama gak jajan di sana btw 😅

      Iya ya mbak. Produk Sandisk ini emang kece-kece banget sih. Andalan!

      Delete
  18. aku punya sandisk otg ini, praktis banget nyimpen data dr hp yang isinya foto2 mirip2 semua hahaha, kapasitasnya juga gede, harganya murceee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal colok aja gitu ya mbak. Gausah ribet cari notebook ato laptop dulu. Praktis & murce emang ❤

      Delete
  19. Wajib punya ini mah
    Mantap emang USB OTG SanDisk
    apalagi klo lagi penuh memoi HP tinggal backup colok aja OTG Sandisk nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyess. Sepraktis itu ya kakak. Gak akan kehilangan data penting deh. Loveee!

      Delete
  20. Oh...ini rahasia penyiar yaa..
    Hhehehe...ada materi yang sudah dibuat dagulu sebelum acara agar gak mati gaya.
    Kereen, Intan.

    Salut sama anak muda yang selalu banyak belajar, membaca dan mempu membagikan ke khalayak luas.
    Barakallahu fiik, Intan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Teh Len. Harus disiapin dulu apa-apanya biar gak cengo hehe

      Aduh makasih banyak Teteh syg, love youuu ❤

      Delete
  21. Perlu banget memang USB OTG sandisk ini ya Mba.
    Apalagi di handphone banyak foto-foto.
    Lebih baik pindahin ke USB OTG ya kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu banget mbak. Asli! Biar gak nangis kejer kalo someday HPnya bermasalah. Huhu

      Delete
  22. Punya cerita dong mbak,
    Sejakpunya SanDisk Ultra Dual Drive type 3.0 aku lebih mudah dan rajin backup data smartphonenya hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena dia emanh sepraktis itu ya sayyy. Suka deh 😊

      Delete
  23. Isssh belom-belom aku udah kebayang suara renyahnya mba waktu siaran deh hahaha

    Nice info nih soal simpen menyimpen data

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihiiii ga renyah renyah amat mbak. Kalo lagi flu ya lempem juga 😂

      Iya mbak samsam. Soalnya produk kece nih, harus disebarluaskan 😆

      Delete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^