Tastylicious

Tastylicious #1 : Dari Nikmatnya Rujak Hingga Sehatnya Salad

Minggu, April 24, 2016




Hola halo.

Main tebak-tebakan yuk! Rujak, rujak apa yang rasanya manis, asem dan dingin-dingin segerr?

Tau gak?

Tau gak?

Gak tau?

Tadaaaaa .. jawabannya adalah ..


Rujak es krim

Di Bengkulu dan Bintuhan sini yang paling banyak itu ya rujak buah. Rujak yang terbuat dari aneka rupa buah-buahan segar dengan saus manis pedas (dibuat dari tumbukan kacang dan cabe rawit gitu). Buah-buahan yang sering dipakai biasanya pepaya, nanas, jambu, kedondong, bengkuang, timun, juga semangka.

Kalo rujak buah dicampur es krim?

Jadi lah rujak es krim. Hihi.




Rasanya segeeerr banget. Cocok dinikmati saat cuaca lagi panas-panasnya. Untuk toping es krimnya bisa milih sendiri loh. Apakah mau cokelat, stroberi ato vanila. Kalo mau dicampur juga bisa kok.

Ketika manis, pedas, gurih berpadu.. SLRUUUPP nyaaaam nyaaaam!

Harganya?

Rp 10.000an aja.

Terjangkau kan?

Btw, kalo ngomongin rujak, sebenernya banyak banget jenisnya. Ada rujak cingur yang gampang ditemukan di daerah Jawa Timur (terutama Surabaya), ada rujak gobet yang juga banyak di Surabaya, ada rujak petis yang mudah ditemukan di daerah timur pulau Jawa, dan ada juga rujak soto yang merupakan masakan khas dari daerah Banyuwangi, Jawa Timur.

Rujak cingur >> biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah seperti timun, kerahi (timun khas Jawa Timur), bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, kemudian ditambah lontong, tahu, tempe, cingur, serta sayuran seperti kecambah, kangkung, dan kacang panjang.

Rujak gobet >> terdiri dari beragam jenis buah yang diserut, disiram kuah yang rasanya manis, pedas dan asam. Disajikan dingin hingga rasanya terasa segar.

Rujak petis >> terdiri dari irisan timun, bengkuang, mangga muda, kedondong, tahu, kecambah, dan kangkung. Semua bahan tadi disajikan dengan siraman resep saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam, gula merah, pisang muda, dan air.

Rujak soto >> paduan unik antara rujak sayur dengan soto, bisa soto daging (daging sapi) atau sato babat.

FYI, aku belum pernah nyobain rujak selain rujak buah *wishlist






Nah kalo yang ini, aku mau bahas makanan kesukaan kak Princess Asri, which is Salad.

Engg, pas aku bilang di Bintuhan sini ga ada yang jual salad, aku diketawain sama kak Pincess sama Fifah. Haha. Sana ketawain aja. Toh aku juga ga doyan salad :p Aniwei, jangankan salad, di sini mall aja belum ga ada. Maklum lah, kan Kabupaten baru jugaa. Letaknya juga paling Selatan Provinsi Bengkulu. *okefix terancam ga bisa nonton AADC *lalu nangis

Untunglah di Bengkulu kemarin pernah nyobain salad di Pizza H*t. Kan emang ada salad barnya tuh. Tapi ga pernah aku fotoin sih. Biasanya kalo ke sana ya beli pizza, cuma beberapa kali aja makan salad. Itu pun karena terpaksa. Ngikutin badan yang bawaannya udah ga enak aja dijejalin daging-dagingan dan olahan seafood tanpa sayur. Emang sih kalo mau jujur, makan salad ini bagus buat tubuh, bawaannya jadi seger. Tapi gimana dooong, aku kurang suka *kak Princess, gimana caranya biar bisa doyan makan salad? 

Pinjem foto punya www.pizzahut-tt.com

Well, kabarnya di *CF ada juga salad mini, tapi aku ga pernah beli. Ga ngeh. Haha. etapi kalo pesen Yakiniku Rice ada juga kok saladnya dikiiiittt.


Tuh kan ada saladnya dikit. Hihi

Pinjem foto punya https://www.kfc.co.uk/

Tadi aku ngintip Wikipedia dikit, katanya menurut sejarah, salad sudah dikonsumsi sama orang Romawi dan Yunani Kuno *berarti dah lamaaaaa banget ya boo’. Kata salad berasal dari Bahasa Latin "sal" yang berarti "garam". Kata "sal" diserap ke dalam Bahasa Perancis kuno menjadi salade dan di akhir abad ke-14 diserap dalam Bahasa Inggris menjadi salad atau sallet.

Btw, diantara rujak dan salad, teman-teman lebih doyan makan yang mana?

See you at another blogpost yoo! :D




Referensi :

You Might Also Like

9 komentar

  1. Intan, makan sayuuur. Biar sehat. :D

    BalasHapus
  2. Aku dari dulu pengen makan es krim rujak kok nggak terlaksana dari dulu. Sayangnya, skarang udah nggak jualan lagi. Kalau rujak buah aku suka banget. Apalagi pedass makin nikmat :)

    BalasHapus
  3. Intannn.. sini, kuajakkin makan salad biar doyan sayurrrrr :)

    BalasHapus
  4. Penasaran dengan es krim rujak

    BalasHapus
  5. Kayanya yang belum saya coba itu rujak gobet dan rujak soto soalnya di kota saya tidak, harganya juga terjangkau banget ya mbak :)
    Mbak bisa ngak kirimin rujaknya ke kota tasik :D

    BalasHapus
  6. rujak dan es krim? wah kayanya patur dicoba nih, rasnaya kira2 manis asem pedes seger gitu ya? :D

    BalasHapus
  7. Rujak petis keknya menantang ni tan
    Ada ga ya di sini

    BalasHapus
  8. Suka 2-2nya! Aku lagi belajar jadi vegetarian sih **walau banyak gagalnya lol**

    http://farrelandmerry.blogspot.co.id

    BalasHapus

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^

Fanspage Intan

Update via Email



Blogger Bengkulu

KEB

Warung Blogger

Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan