Kelas Blogger ke-9 di Rumah Tahfidz Bakti Ilahi Bengkulu


Padahal sudah jinjit, tapi muka Dek Ntan tetap tidak kelihatan secara utuh. Kashyan!

Assalamualaikum teman-teman. Selamat menyambut bulan suci Ramadhan. Sudah ada persiapan khusus kah menyambut bulan penuh berkah ini? Sudah merancang-rancang goals yang ingin dicapai agar 30 hari di bulan Ramadhan tidak berlalu sia-sia? Kalau aku, selain ingin mengaji dengan ritme yang lebih kencang, juga ingin lebih banyak membaca buku-buku islami *singkirkan dulu semua novel cinta-cintaan. Hehe. Oh iya, ingin lebih banyak menulis tulisan-tulisan bermanfaat di blog juga dong.

Omong-omong, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, komunitas kesayanganku - Blogger Bengkulu, mengadakan kelas blogger ke-9 yang beda dari kelas blogger biasanya. Kalau biasanya kelas blogger diisi dengan materi mengenai teknis blogging, seperti soal niche, cara memotret yang oke, cara menulis reportase dll, kali ini tema yang diangkat adalah ‘Pentingnya Menulis untuk Kebaikan Bersama’. *which is rangkuman materi kelas blogger kemarin akan aku tulis terpisah di blog Ketimpuk Buku.

Baca juga : Pentingnya Menulis untuk Kebaikan Bersama (Rangkuman Materi Kelas Blogging ke-9 di Rumah Tahfidz Bakti Ilahi)

Lokasi kelas blogger pun bukan di lokasi biasa. Biasanya kan pelaksanaannya di tempat wisata atau di gedung media, nah kali ini kelas blogger diadakan di Rumah Tahfidz Bakti Ilahi atau yang beken di dunia maya dengan singkatan RTBI. Lokasinya di Jalan Belato, nomor 57, RT 06, RW 02, Kelurahan Berkas, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu. Detail sekali alamatnya, tapi aku tetap nyasar. Hore!



Biasanya memang aku mengandalkan aplikasi waze atau sehari sebelum kegiatan, cek lokasi dulu biar pas hari H tidak baba baba (Baba adalah temannya babo. Dan babo adalah istilah orang Bengkulu yang merujuk pada keadaan kisruh cmiiw). Tapi semingguan kemarin, jadwal sungguh jungkir balik, bahkan untuk sekedar leyeh-leyeh sebentar tidak punya waktu. Doh. Sok sibuk amat sih Dek Ntan. Wkwk. Jadi ya begitu deh, tidak sempat cek lokasi, tidak sempat cek ombak via waze. Menuju RTBI di hari minggu dengan modal petunjuk dari Ibu Fira Kahar yang bilang begini pas ngumpul di Rumah Gelato hari sabtunya,

“Intan tahu RS Bhayangkara?”

Tau dong. Kan sering jajan mie ayam enak di depan RS itu. *tidak jauh-jauh ingatan Intan pasti soal makanan haha

“Nah dari RS Bhayangkara, lurus aja, luruuus, sampe nemu simpangan. Ada yang ke kanan, ada yang agak ke kiri, agak menurun. Nah Intan pilih yang kiri ya. Abis itu lurus aja sampe nanti ketemu Rumah Tahfidz.”

Sounds easy ya gaes?

Oke. Di hari H, dengan tingkat kepedean di ubun-ubun, Intan meluncur ke lokasi. Sampai di depan RS Bhayangkara dengan mulus, lalu baru jarak berapa meter langsung gugup & panik, GOD, KENAPA SIMPANGNYA BANYAK SEKALI? BELOK KANAN KIRI KANAN KIRI GIMANA NIH? SIMPANGAN SEMUA.

Lalu sedih. Berhenti di pinggir jalan, pen ngadu ke genk cibi, minta jemput.

Eh taunya ada temen nyasar. HAHA. Setidaknya tidak sendirian, setidaknya nyasar berjamaah lebih terhormat disbanding nyasar sendirian. Wk! *halo Nengsih


Lebih baik lihat ekspresi Ubay yang gemay daripada syedih karena nyasar.

Terpujilah, bala bantuan segera datang. Aang cibi menjemput ke lokasi. Ah elah ternyata tinggal lurus, belok kanan, lurus dikit nyampe. Kadang heran, kenapa dudulnya Intan soal jalan & alamat seolah stoknya tidak habis-habis? Restock mulu ya sist!

--

Kesan pertama datang ke RTBI adalah adem. Hati Intan adem. Lihat adek-adek yang masih sangat muda, tapi kok tertib sekali dek? Tidak gaduh, kalem-kalem saja saat penyampaian materi. Salut to the max. Aku aja nih kalo sudah ngumpul sama temen, susah sekali buat tidak berisik. Seringnya malah ngakak-ngakak bablas, lupa sama sekeliling. *malu.


Ada lagi yang bikin Intan malu sama umur. Di usia yang masih amat belia, adek-adek di RTBI benar-benar memanfaatkan waktu dengan super oke. Hafalan Qur’annya tidak main-main. Ada yang sudah hafal 3, 5, 8 bahkan 13 juz. Aku? Sehari bisa baca selembar Qur’an saja sudah sedemikian hore, padahal itu mah receh. Huhu. Metode hafalannya juga bebas. Bebas dalam artian tergantung kemampuan masing-masing. Kalo jago ngafal dengan membaca, lakukan. Kalau ternyata lebih gampang hafal dengan mendengar berulang kali via mp3, gih lanjut. Ada salah satu santri yang punya quote favorit, “Memorizing is my hobby. I like memorizing Qur’an.” Deeek, Kak Intan padamu!


FYI, di sini ada sekitaran 31 santri putra. Untuk putri belum ada yang man teman, karena sekarang fokusnya baru sama putra-putra aja untuk jadi penghafal Qur’an yang tangguh. Next time, jika kondisi lancar jaya, akan menyusul juga pembukaan mondok untuk santri putri. Doakan lancar yay. Selain bantu doa, bisa bantu berdonasi juga sih. Kemarin pas kelas blogger, Bobe bisa mengumpulkan  Rp 850.000,- untuk didonasikan ke teman-teman di RTBI (akumulasi dari uang registrasi + sedekah & infak dari anggota Bobe). Tidak seberapa memang, tapi ini adalah wujud cinta Bobe pada para adek-adek tangguh penghafal Qur’an.


Omong-omong gaes, RTBI ini diresmikan pada 12 Januari 2016. Tujuannya jelas untuk mencetak generasi penghafal Qur’an, mencetak generasi-generasi baik yang kelak bisa memberi sumbangsih positif untuk bangsa & negara ini. Menariknya, kalo di Pulau Jawa sana kebanyakan pondok yang memfasilitasi anak-anak belajar & menghafal cenderung butuh biaya yang tidak sedikit, di sini menggunakan azas kekeluargaan. Mampunya bayar berapa? Silahkan. Pintu RTBI terbuka lebar (tentu dengan syarat & ketentuan berlaku yas).

RTBI ini setingkat SMP ya, jadi selain mempelajari Tahfidzul Qur’an, Tahsin, Bahasa Arab, Tauhid, Hadist, Tafsir, santri-santri juga mempelajari semua pelajaran umum yang dipelajari di SMP kebanyakan. Komplit sekali. Untuk duniawi terisi, untuk akhirat pun mengiringi.  Dan sama seperti sekolah kebanyakan, ada ekskulnya juga dong biar seru. Sebut saja ada ekskul robotic, pencak silat, renang, futsal juga panah. Daebak!

Ingin lebih kenal dengan RTBI yang berfokus pada pencetakan generasi muda yang berkualitas & mencintai Al-Qur’an ini teman-teman? Silahkan kepoin web & media sosial yang dimiliki. Siapa tau yang sudah punya dedek di rumah, kepikiran buat masukin anaknya ke RTBI ya kan. Atau buat yang masih single bahagia kayak Dek Ntan bisa ikutan berdonasi rutin setiap bulannya.

Telp : (0736) 7323-414
Instagram : @rtbibengkulu
Facebook : Rumah Tahfidz bakti Ilahi
HP/ WA : (0852-6823-2006) (0896-1700-0221) (0852-6835-9638)







Tulisan ini dibuat dalam rangka menjawab tantangan #nulisserempak dari #BloggerBengkulu tentang Kelas Blogger ke-9 di Rumah Tahfidz Bakti Ilahi


6 comments

  1. Untung nyasar gak sendirian ya mbak. Masa sendirian muluk. Hohohhhhh

    ReplyDelete
  2. Halo mbak ntann.. Nyasar berjamaah ni yeee.. Haha

    ReplyDelete
  3. Semoga ramadhan kali ini lebih baik dr sblmnya...dan anak2 kita menjadi Hafids dan Hafidzah aamiin

    ReplyDelete
  4. Wkwk nyasar padahal dket..
    Untung tpi datang pas ya ntan pas ga telat

    ReplyDelete
  5. Semangat ya meski sempat nyasar dan muter2, tapi ga sendirian kan. Hihihi.

    ReplyDelete
  6. hehe.... nyasar yang baroka ya kak ^^
    kalo nyasar bareng temen itu asyik, nyasar sendirian... wah jangan sampe bisa strees kalo saya

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^