Semangkok Sayur Asem dan Sebelanga Kenangan yang Menyeruak Hadir


Wagelesih. Itu judulnya minta digampar amat yak? Sebenernya apa yang mau Intan bagi di sini? Resep sayur asem atau pengen membagikan kenangan yang mendadak tumpah ruah di mana-mana? Hm, gimana kalau dua-duanya? Resep sayur asem iya, bagi-bagi kenangan juga lanjut? TERSERAH NTAN. xD

Teman-teman, kalo lagi bulan puasa gini, biasanya lauk di rumah gak jauh-jauh dari daging-dagingan, ya toh? Apalagi di minggu-minggu awal, alasannya sih biar makannya lahap, terutama sahur nih yang makannya masih ogah-ogahan. Ada daging rendang, ada daging semur, daging kalio, dll. Makan pakai lauk daging sesekali emang enak sih, tapi kalo keseringan ya enek juga. Hehe. Ujung-ujungnya mulai membayangkan nikmatnya makan yang segar-segar, seperti sayur asem misalnya. Dipadukan dengan ikan teri goreng, tahu tempe goreng & sambal terasi, ambooii nikmatnya tiada tara.


Btw, masak sayur asem nggak butuh effort yang gimana-gimana, wong resep sayur asem banyak bertebaran di mana-mana. Tinggal dicontek aja salah satunya dan disesuaikan dengan selera. FYI, sayur asem punya beberapa variasi, contohnya ada sayur asem Jakarta, kuahnya agak kental karena menggunakan kemiri dan terasi. Ada juga sayur asem yang berkuah bening. Lalu ada pula sayur asem yang dikasih kangkung alias sayur asem kangkung. Pilih yang mana? Kalo ai sukanya yang versi Jakarta, rasanya merupakan kombinasi asam, manis & segar. Syedap surantap!


Isian sayur asem ini terdiri atas banyak sayur ya gaes. Ada nangka muda, melinjo, labu siam, kacang tanah, jagung, dll. Tapi biar ndak ribet, beli aja sepaket sayuran yang udah dibungkus dalam kresek kecil pas kamu ke pasar atau pas beli di mamang sayur. Prinsipnya ketika sayuran makin komplit, rasa sayur asem makin sip. Apalagi kalo dilengkapi dengan tetelan. Nyaaam!

So here we go. Masak sayur asem yang gampil ini yuk!

Bahan:

Nangka muda kira-kira segenggam
2 lembar kol, iris-iris
100 gr daging tetelan & sisihkan kaldunya
1 buah labu siam, kupas lalu potong kotak
5 lonjor kacang panjang
1 buah jagung
1 genggam daun melinjo & buahnya
Kacang tanah secukupnya (Intan lebih suka pake kacang merah sih tapi ketimbang kacang tanah).

Bumbu:

2 lembar daun salam
1 cm lengkuas, memarkan
1 ½ sdm asam jawa, larutkan dengan air panas
Garam
Bumbu kaldu rasa sapi
Gula merah 1 sdm
1500 ml air kaldu daging
1 sdm kecap manis

Bumbu halus:

6 butir bawang merah
1 siung bawang putih
3 buah cabai merah keriting
4 butir kemiri
1 sdt terasi bakar

Cara memasak:

1. Masak air kaldu hingga mendidih
2. Masukkan semua bumbu ke dalam air kaldu (kecuali kecap)
3. Masukkan sayuran, dimulai dari sayur yang punya tekstur paling keras, seperti jagung dan buah melinjo, menyusul kemudian sayuran lainnya.
4. Setelah matang, tambahkan kecap manis.



Doh mon map yak stok foto sayur asem punya Intan cuma yang versi minimalis begini doang. Foto tahun 2015an sih ini. Belum punya alas foto makanya pakai serbet haha. Zaman-zaman sering masak karena punya teman makan. Ciee. Waktu itu aku iseng recook resepnya Mbak Diah Didi, tapi sayang sayuran yang yang aku temukan di warung kecil deket kosan waktu itu, cuma jagung, kacang panjang & kacang merah. Tetep enak sih, walo sebenernya sayur asem tanpa melinjo dan buahnya tentu jadi kurang greget.




Kala itu adalah kali pertama aku bikin sayur asem & langsung berhasil. Mungkin karena masaknya nggak cuma pakai tangan, tapi juga pakai hati. Haha bego! Kuah sayurnya mancap, sesuai ekspektasi. Mirip dengan rasa sayur asem Voltus yang sering aku makan kalo lagi main di sekitaran Pantai Linau (Dulu masih bolak balik Bengkulu - Bintuhan dengan sangat intens karena skripsian sekaligus kangen mantan pacar). Sayur asem semangkok besar, ikan asin, tahu tempe goreng dan kerupuk jadi menu makan siang hari itu. Katanya, masakanku juara. He really love tahu tempe goreng tepung yang aku kasih irisan cabe rawit.

“Enak banget asli. Nanti kalo kita udah nikah, aku mau dimasakin beginian tiap hari, boleh?”

Tentu aja aku mengangguk excited. Jangankan sekedar tahu tempe goreng yang 10 menit doang sudah jadi, ngaduk gelamai pun bakal aku usahain biar dia seneng. PERCAYA GAK KAMU KALO AKU KUAT NGADUK GELAMAI? xD Cinta itu memang gawat. Bukan hanya menutup logika, tapi bikin energi jadi luber-luber, tumpah ruah di mana-mana. 3 tahun lalu, ai masih anak 22an tahun yang menjalani hubungan dengan enjoy dan santai. Jatuh cinta dengan berani tanpa pikir panjang yang kelewat panjang seperti sekarang. Jatuh cinta ya cinta aja udah. Nggak perlu pakai alasan. Bahkan kalau pun ada 1000 alasan untuk tidak jatuh cinta padanya, I’ll burn it. BURN. Haha. Everything looks good & sweet.

Tapi Intan versi 22 tahun lupa kalau yang manis saja tidak cukup tanpa kejelasan. Haha. Time flies, hingga tiba lah di titik kesadaran bahwa hubungan kami tidak akan pernah beranjak kemana-mana. Tidak akan pernah.


Kami bubar jalan.


Aku mogok masak. Untung tidak mogok makan. xD


Kadang, kenangan bisa sekurang ajar ini, munculnya bisa lewat media apa saja. Bahkan sekedar lewat semangkok sayur asem yang mendadak rasanya asin, bercampur air mata bukan?

Oh bukan. Ternyata garemnya kebanyakan! xD

No comments

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^