Ketombean Bikin Gak Nyaman? Berikut 3 Cara Mudah Menghilangkan Ketombe


*Pict from Pixabay & edited by me on Canva

Apa yang menjadi pertanda hari-hari Intan tengah hectic?

Jawabannya adalah mendadak ketombean karena nggak sempat keramas selama berhari-hari. Iyuuuh asli nih bikin gak nyaman. Apalagi tipikal rambutku adalah rambut yang tebal tapi gampang lepek. Walo gak disaranin keramas tiap hari, tapi kalo cuaca sedang panas-panasnya, wooh aku gak bisa banget kalo nggak keramas. Alamat rambutnya bakal lepek, bau, lalu muncul lah ketombe-ketombe yang bikin garuk-garuk bukan karena kebingungan, tapi gatel sist! Belum lagi, karena sudah beberapa tahun ini aku jilbaban, kans untuk punya rambut lepek & berketombe itu lebih besar karena ya .. rambutnya ketutupan all day long.


Buatku, ketombean ini ganggu banget. Meski sekedar ketombe, tapi gatal & ngepnya itu bisa bikin mood rusak seharian. Kalo mood sudah tidak di level riang gembira, bakal susah juga pun buat konsentrasi kerja. Gak produktif kan sayang ya. Udah capek-capek ke kantor jee, masa sampe kantor, malah ngomelin ketombe. Jadi aku  mau bagiin tips kece, cara menghilangkan ketombe, biar kita-kita ini gak ketombean lagi. Kini, besok hari & nanti-nanti.

*Pict from Pixabay & edited by me on Canva

Kadang aku ngerasa hidupku amat selow. Bisa baca 2-3 buku tebal-tebal dalam sehari sambil meluk boneka beruang. Leyeh-leyeh berfaedah. Tapi di lain waktu, ampun.. jangankan mau leyeh-leyeh sambil cekikikan baca buku, buat sekedar keramas pun sudah tak ada waktu. Biasanya kalo kayak gini nih, aku lagi ngejar penyelesaian paket wajib di kantor ato pas ada event off air. Sudahlah kelar. Pasti bakal acakadul & kecapekan. Masih bisa makan dengan dikunyah baik-baik aja sudah berkah.

Tapi ya piye, mau gimana pun kondisinya, keramas adalah koentji biar bebas lepas dari ketombe. Mau nggak mau. Sempat nggak sempat. Suka nggak suka. Makanya, aku memilih temenan baik sama hair dryer hingga saat ini walo emang bikin rambutku terasa lebih kering, tapi ya ndak papa. Masih mending agak kering, ketimbang ketombean huhu. Kalo mau nunggu kering alami sehabis keramas, dengan rambut setebal ini, mau ditunggu berjam-jam pun nggak bakal kelar. Oh iya, selain mencari-cari celah untuk rutin keramas, aku juga memilih shampoo yang peruntukannya memang sebagai anti ketombe. Biasanya sih ada unsur-unsur mint-nya gitu, jadi keramas pun terasa lebih segar. Cincai.

*Pict from Pixabay & edited by me on Canva

Jilbaban ngasih tantangan tersendiri untuk bebas ketombe. Karena si ketombe ini betah sekali datang di kulit kepala yang sering tertutup. Jadi sebisa mungkin pas lagi di rumah, aku lepas jilbab, kuncir rambut juga dilepas, biar rambutnya bisa bernafas. Well, walo sudah tidak bisa kibas-kibas rambut di luaran sana, buatku menjaga rambut tetap cantik meski tertutup adalah sebuah kewajiban. Cantik kan bukan untuk orang lain, untuk diri sendiri malah lebih penting karena bakal bikin kita sayang & menghargai diri sendiri. Lagipula, nanti pada suatu hari akan ada suami juga kan yang bakal lihat rambut ai ini. Malu lah kalo nggak dirawat. xD

*Pict from Pixabay & edited by me on Canva

Tul. Karena stress juga jadi penyebab ketombe yang jarang disadari, padahal ngaruh sekali. Sebisa mungkin, hindari drama-drama kehidupan. Halah. Kalo ada yang mengganjal ke pasangan, diomongin baik-baik, bukan dijadiin bahan insta story. *ngenyek diri sendiri haha. Hidup ini sudah penuh dengan sandiwara, jangan ditambah pula dengan drama-drama mini tidak karuan ya Dek Ntan. Mending selasaiin naskah drama mini aja, siapa tau dapat jatah ikut pendidikan penulisan naskah yayy! *lalu berdoa biar bisa ikut pendidikan lagi

Dan ya, daripada ngabisin waktu untuk scrolling IG pacar lalu pundung karena lihat updatean di masa lalu – ketika dia masih sama pacarnya, padahal waktu itu kamu juga masih bersama pacarmu, mending ngabisin waktu dengan produktif. Olahraga kek, baca buku kek, ngeblog. Apa pun yang kamu suka & bikin kamu bergairah. Nggak inget HP melulu. Nggak ngecek chat terakhir dari si dia selalu. Karena my girl, hidupmu kan bukan hanya untuk dihabiskan dengan dia, dia memang berharga tapi bukan segalanya. Selain menyandang status sebagai pacarnya dia, kamu juga adalah karyawan di kantor, anaknya ibu bapak, temennya si anu, blogger di ini. Maksud ai, peranmu itu banyak loh. jadi gak ada alasan buat berbaper-baper ria hanya karena dia seorang.

Nah genks, jadi itu dia 3 tips dari aku biar bisa jauh-jauh dari ketombe. Sepele sebenernya, tapi jadi masalah kalo disepelein. Apalagi di bulan puasa kayak gini, terus garuk-garuk kepala karena ketombean kan annoying sekali. Sekedar ngejaga kebersihan kulit kepala, ngasih ruang buat rambut & menghindari stress. Eh, atau kamu punya tips lain yang bisa aku coba? Share di kolom komentar yay! :)


3 comments

  1. Wah baru tahu kalau stress bisa bikin ketombean ya, huhu.

    ReplyDelete
  2. saya justru menemukan"obat" yang cocok untuk ketombe di kelapa eh kepala saya dari produk sampoo wanita.. :D

    ReplyDelete
  3. Wah, bisa dicoba nih. ketombe udah jadi musuh bebuyutan buat aku. huhu

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^