Nasi Goreng Bakso So Good Istimewa, Solusi Sahur Tanpa mager


“Intan, tidurnya jangan malam-malam, nak. Hidupin alarm. Jangan sampai kesiangan & tidak sahur.”

Nyaris tiap malam aku menerima pesan whatsapp bernada serupa dari ibu. Wajar, karena bagi ibu, makan sahur adalah semacam kewajiban, solusi agar tidak menganiaya diri sendiri ketika berpuasa seharian penuh. Apalagi beliau tahu, meski judulnya bulan puasa mepet lebaran, kerjaan anaknya di kantor tidak berubah barang sesenti. Ketika jadwalnya tiba, masih pergi sangat pagi & pulang sangat larut. Nyari uang ternyata butuh perjuangan banget ya dek. *problem orang dewasa xD


Kalau kebetulan sedang pulang ke rumah ibu bapak, makan sahur sama sekali bukan masalah. Tinggal bangun, cuci muka sedikit, lalu makan dengan nikmat. Nggak usah pusing memikirkan mau makan apa, masaknya gimana, dll. Tugasku tinggal makan dengan lahap. Lahap karena menu sahur di rumah selalu istimewa. Semur daging, dendeng balado, sup kepala ikan… slruup nyam nyam. Walo judulnya makan sambil ngantuk, tapi dengan makanan seenak itu, siapa sih yang bisa nolak? Perutku yang tidak biasa makan jam 3 pagi, mendadak menyambut makanan dengan suka cita.

Namun ketika pulang ke rumah di Kota Bengkulu, tempat aku tinggal sendirian karena harus kerja, tentu keadaan berbeda. Heboh sendiri menghidupkan sekian banyak alarm biar tidak kebablasan tidur. Lalu mulai kepayahan menyiapkan menu sahur yang layak. Aduh perjuangan sekali harus masak pagi-pagi, eh dinihari deng tepatnya. Bangun buat sekedar makan aja butuh effort luar biasa, apalagi kalo harus berurusan dengan wajan & minyak goreng pagi-pagi sekali. Tapi apa aku punya pilihan? Tidak masak = tidak masak sahur = akan loyo sepanjang hari di kantor. Huhu.  

Makanya aku kemudian memilih masak-masak menu sahur yang praktis aja. Praktis namun tetap harus enak. Salah satu menu andalanku adalah nasi goreng bakso So Good istimewa. Gampang bikinnya, nikmat rasanya. Mau aku kasih tau cara masaknya, gaes? Yuk ah.

Siapin bahan-bahan dulu yay.



Bumbu ulek. Nah, bumbu ulek komplit ini adalah koentji agar kepraktisan masak pagi-pagi bisa hemat energi. Kebayang gak kamu kalo mata masih susah dibuka, tapi udah harus ngulek bumbu, pake cobek pun, karena aku kurang suka bumbu yang dihaluskan dengan blender. Beda rasa. Beda aroma. Isian bumbu komplit ini cem macem ya teman-teman. Ada cabe merah, cabe rawit sedikit - biar pedasnya nampol, juga garam secukupnya. Jadi nih, kalo sedang libur, aku sengaja nyetok bumbu giling agak banyakan, biar sewaktu-waktu mau dipake ya tinggal ditumis doang.


Nasi sisa semalam. Kenapa nasgor ini mantap dijadikan menu sahur? Karena bisa memanfaatkan nasi sisa semalam. Lebih sedap menggunakan nasi yang sudah cukup lama dimasak, dibandingkan nasi yang baru matang. Kunci sukses bikin nasgor adalah ketika butir-butir nasinya tidak kasmaran, alias tidak lengket satu sama lain. kalo lengket dan lembek, alamak, itu nasgor atau bubur ayam, dek?



Isian nasgor. Bisa suka-suka dan menggunakan bahan yang siap sedia di kulkas. Sebut saja ada telur, udang, bakso, hingga sayuran. Kenapa aku memilih menggunakan bakso siap masak dari So Good? Karena praktis dan terjamin kualitasnya dong. Daripada beli bakso sembarangan di pasar ya kan, mending pake bakso So Good yang sudah lama eksis & teruji aman dikonsumsi. Maklum, So Good sudah berdiri gagah sejak tahun 1999 dan survive hingga sekarang. Kehadirannya pas & amat membantu karena fokus perusahaannya adalah untuk menyediakan makanan praktis namun kaya akan protein berkualitas. Kalau ada makanan praktis namun menyehatkan, kenapa harus pilih yang praktis namun menyakiti badan pelan-pelan? Ntap.



Lalu, tinggal kita masak deh nasgor bakso So Good istimewanya..

Gampil banget elah. Bocah aja bisa kalo sekedar masak beginian dong. Tinggal panaskan minyak goreng secukupnya, tumis bumbu sampai harum, masukin isian nasgor (telur, bakso So Good dan teman-teman), lalu terakhir masukkan nasi secukupnya. Aduk-aduk hingga bumbu merata, lalu tadaaaaa.. nasi goreng bakso So Good istimewa siap disantap hingga bulir nasi terakhir. Nyam!



Gampil? Banget. Meski gampil tapi bisa bikin makan sahurku jadi seru, tidak ngantukan jee. Maklum, nasi goreng memang tidak pernah salah – yang salah itu kamu, kamu yang lebih memilih dia di saat aku sedang cinta-cintanya. EH. Haha. Maksud ai, nasi goreng ini emang udah lezat dari sananya, sudah diakui pun sama CNN sebagai salah satu masakan Indonesia yang kelezatannya sudah mendunia. Apalagi kalo dicampur bakso. Alamak. Enaknya luber-luber. Dari bocah sampai kini dewasa, bakso adalah salah satu makanan yang aku favoritkan. Kamu tuh kenapa sih enaknya kebangetan, so?

Omong-omong, kalo kamu juga punya stok bakso So Good di dalam kulkas, bisa disajikan hidangan menu sahur yang lain juga loh. dibikin jadi bakso goreng krispi, bakso bakar nan yummy, dijadikan pelengkap capcay, atau ditambahkan ke dalam seblak ceker. Wow dek, yakin banget nih makan seblak pas sahur? Yakin. Asal cabainya seujung sendok aja. Haha.

Kalo kamu gimana genks? Menu sahur seperti apa yang bikin kamu semangat makan? :)

No comments

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^