Bulan Puasa Tetap Kerja Kayak Biasa? Ini 3 Tips yang Harus Kamu Lakukan Agar Tetap Sehat Sepanjang Ramadhan!


*Pict from Pixabay & edited by me on Canva


Yang ketika bulan puasa jam kerjanya berkurang, siapa hayo? Selamat yha. Karena buatku dan teman-teman operasional lain, bulan Ramadhan = beban kerja tetap seperti biasa. Malah urusan ini itu keadministrasian harus diselesaikan dari jauh-jauh hari karena staf mau cuti bersama. Enaknya eim. Sedangkan akik di sini harus berjibaku menyelesaikan paket wajib dengan kecepatan cahaya. Belum lagi, kalo membayangkan lebaran nanti masih harus on air, sedangkan olang-olang tengah menikmati libur yang supeerrr panjang. Duh. Aniwei dek, rumput tetangga memang selalu terlihat lebih hijau yay? Haha.


Tapi ya sudahlah. Lagipula ini bukan kali pertama bulan Ramadhan kerja as broadcaster, harusnya sudah tidak kaget lagi dengan ritme kerjanya yang tetap lincah meski tengah berpuasa. Dan well, kesehatan emang harus banget diprioritaskan, karena kalo sampe tumbang, ambyar sudah itu semua rencana.

Jadi apa yang Dek Ntan lakukan di bulan Ramadhan ini agar tetap sehat ceria meski tumpukan kerjaan sedang lucu-lucunya. Here we go man teman.


*Pict from Pixabay & edited by me on Canva


Sahur yang benar adalah koentji agar tidak lemas ketika berpuasa. Karena aku termasuk orang yang tidak nafsu makan nasi saat sahur, yowis tidak maksain diri. Aku banyakin makan buah & minum air putih. Rasanya juga lebih seger. Tidak lupa, sebagai pembuka, biasanya aku awali dengan segelas air lemon. Asem sekali memang, tapi tidak seasem ketika kamu sedang naksir-naksirnya dengan seseorang tapi dia jadian sama orang lain kok. Eh galfok.

Tapi serius, lemon membantu banget biar badan tetap fresh, jauh dari flu & sembelit. Si sembelit ini sering banget dateng ketika bulan puasa kan? Maklum, tubuh kita sedang beradaptasi dengan ritme makan yang baru. Apalagi kalo jarang olahraga. Habis sudah. Jauhin juga mie instan ya genks. Meski semangkok mie instan rasa soto + telur ayam kampung & irisan cabe rawit adalah godaan yang super godaan, tapi harus inget banget, di bulan puasa ini jatah makan kita terbatas, jadi mending pilih makanan yang punya nutrisi oke buat tubuh?


*Pict from Pixabay & edited by me on Canva


Pas lagi laper-lapernya, makan gorengan adalah kenikmatan yang hakiki. Ah iya junkfood pun jadi pilihan sedap. Katakanlah ayam goreng krispi, burger & menyeruput minuman segar semriwing, itu loh yang squash ala-ala. But then, berbuka puasa bukan sekedar melahap habis apa yang kita pengen, tanpa mendengarkan apa yang tubuh kita butuh. Jadi, alih-alih makan makanan yang tidak jelas nutrisinya, mending kontrol diri ketika berbuka puasa. Cukupi kebutuhan air putih, makan yang manis-manis kayak kurma & kolak (ato mandangin foto Intan haha haha) & kasih jeda sebelum menyantap makanan berat. Jangan langsung hap semua disikat. Santai shay. 


*Pict from Pixabay & edited by me on Canva


Kalo ngomongin pekerjaan emang gak bakal ada habisnya, apalagi kalo kerja disambi main hp. Aduh udahlah bakal lama kelarnya. Daripada stalking-stalking gaje, lebih baik saat punya waktu luang, waktunya dipake buat istirahat, tidur deh sekalian. Nyembuhin capek bukan dengan main HP ya sist, tapi merem & tidur.

Ini jadi PR banget sih, karena kadang ketika punya waktu istirahat, malah asik pacaran sama si gawai sampai lupa waktu. Padahal kalo waktunya dimanfaatkan dengan benar, gak bakal ada kejadian terkantuk-kantuk di meja kerja ya toh? Nulisnya gampang sih ini, tapi pengaplikasiannya di dunia nyata lumayan berat karena selalu berat hati buat jauh-jauh sama gawai. Takut ketinggalan job, takut ada WA penting dari teman-teman siaran, takut ketinggalan update terbaru dari gebetan. Haha. Dari yang berfaedah sampai yang tidak, gawai memang menawarkan sedemikian banyak hal-hal seru. Semacam dunia dalam genggaman.

Itu dia 3 tips dari aku agar tetap sehat sepanjang Ramadhan, meski kadar pekerjaan gak menciut barang sesenti. Nikmatin aja. Karena kalo kerjanya dengan hati lapang & tenang, kelarnya lebih cepet, hasilnya lebih cincai. Kalo ngeluh mulu, wah, siap-siap aja pundak terasa lebih berat seolah tengah digelayuti sama beban berton-ton. Lemes duluan, ngerjain deadline malah gak punya tenaga lagi. Semangat ya teman-teman, jangan jadikan puasa sebagai alasan, justru jadikan pelecut semangat agar lebih aktif produktif. xD


Artikel ini ditulis sebagai tanggapan untuk post trigger “Olahraga Saat Puasa? Ini Tipsnya” yang ditulis oleh Firsty Ukhti Molyndi untuk #KEBBloggingCollab kelompok Dian Sastro.

10 comments

  1. Thanks mbak tipsnya. ^^
    Btw, kalo mau bobo pulas tanpa hambatan jauhi penggunaan hp ya mbak ^^

    ReplyDelete
  2. Ada lagi Ntan biar tetap semangat puasa, bayangin te ha er bakal segera cair. Semangat,,semangat,,semangat kakak!

    ReplyDelete
  3. kontrol diri, juga merupakan bagian dari puasa..
    puasa dari hawa nafsu untuk menghajar makanan saat berbuka..


    salam kenal
    kakve-santi.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Tips yang terakhir bener bgt mbak. Main gadget bukan istirahat malah bikin susah tidur .. Mksih tipsnya

    ReplyDelete
  5. Duh, gawai mang gak bisa dialihkan ya, susaaah. Bangun tidur cek, mau tidur cek... alamaaak.

    ReplyDelete
  6. Istirahat ini yang kurang , gimana ya

    ReplyDelete
  7. Wah, kuatan sahur tanpa nasi Ka Intan. Perutku pasti kerunyukan di siang hari. Karena makan tanpa nasi tuh gak kenyang. 😅

    ReplyDelete
  8. Mksh tipsnya y mbx.. aku termasuk yg malas untuk sahur. Apalagi kalo sndri. Ntah kalo berdua. E ehh.. gafok. Haha

    ReplyDelete
  9. Nah, Sahur itu namber wan. Kalau aku sahurnya tetap harus pakai nasi Mbak. Kalau tidak, bakalan lemas seharian. Indonesia banget nih, namanya bukan makan kalau belum makan nasi, hihi.

    ReplyDelete
  10. Nah diantara tips itu istirahat yang ga bisa cukup wkwkk

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^