Cerita Tentang Kue Lebaran Tahun Ini ..



Kasih tak sampai be like…

Sudah nenteng-nenteng 2 loyang bolu gulung cokelat super meleleh ke kasir, terus ditanyain sama mbaknya,

“Mbak sudah pesen?”

Aku menggeleng. Sejak kapan harus pesen-pesen, bukannya kalo didisplay berarti boleh dibawa pulang? Walo memang aku kecewa sih pas lihat rak kue-kue kering, cookies cokelat yang aku incar tempo hari sudah lenyap. Pasti sudah dibeli orang.

“Maaf mbak, itu sudah punya orang semua. Sudah dipesen.”


Aku kaget, “Semuanya banget? Gak tersisa seloyang pun?”

Mbak kasir senyum sambil menggeleng. Aku lemes. Ya ampun sudah kadung ngiler lihat si bolu gulung, terus harus dibalikin ke rak display? Patah hati patah hati patah hati!

Dari toko kue A yang memang selalu banjir pengunjung itu, aku beralih ke toko kue T yang lokasinya persis di seberang jalan kantorku. Pengen nangis karena stok kue yang didisplay kok dikit amat? Mau jajan puding cokelat pun harus puas jajan 1 cup saja. Aduh.. niat hati sengaja jajan-jajan jelang lebaran banget biar kuenya masih fresh, malah dapat sisa-sisa penjualan. Ku sedih. Tapi daripada pulang dengan tangan kosong, akhirnya aku bawa pulang 2 loyang brownies panggang rasa cokelat.  Insya Allah nggak ngecewain lah, karena toko kue T ini terkenal dengan rasa kue-kuenya yang premium mancap cincai. Meski harganya juga sepadan. xD

Sebenarnya ibu udah pesen agar gak usah jajan kue. Beliau sudah pesen sama temennya, tapi daripada nahan-nahan selera ya toh? Lagipula tahun ini rasanya keuangan lebih longgar buat dipake jajan-jajan, gak ada ongkos travel-travelan yang biasanya mayan ngabisin THR lebaran. Dan jajan kue lebaran Intan di tahun ini juga so random astaga. Cenderung tanpa perencanaan. Ada temen jualan stick-stick pedas & kentang goreng, langsung jajan sekardus. Ada ayuk-ayuk kue datang ke kantor nawarin peyek yang baunya enak banget, langsung jajan sekilo. Siapa yang bakal makan?

Bukan untuk dimakan sendirian sih. Udah jadi tradisi di kompleks rumah orangtua, usai sholat Id bakal tuker-tukeran makanan. Aku paling suka kalo ada yang nganterin lontong, gado-gado ato yang sejenis itu, karena di rumah gak pernah masak yang begituan. Ribet kalo kata ibu. Yang makan cuma bertiga pun, jadi lebih oke kalo masak yang simple-simpe macam semur daging, soto ayam, sup… padahal aku pengen sesekali lihat ketupat & opor ayam di meja makan. Walo gak bakal berkurang banyak juga sih kalo beneran ibu masakin. Karena buatku, semur daging is number one. Gak ada yang bisa ngalahin, rendang sekali pun. Wkwkw lidahmu dek. Padahal rendang itu adalah makanan paling enak di dunia versi CNN. Tapi buat Intan, semur, bacem & semua yang berkecap adalah yang paling enak.

Selain buat tukeran sama tetangga, tahun ini aku juga mengalokasikan kue untuk …. calon mamak mertua haha. Bukan maksud hati pen nyogok biar mamaknya sayang loh, tapi pengen aja. Masa ngasih kue ke rumah mamak-mamak yang lain? Mending kasih ke calon mamak mertua. Haha.

Btw, cara ngasih kuenya gimana Ntan? Titipin sama anaknya lah biar gak rikuh. Ini juga sebenernya trik Intan biar kalo nanti lebaran diajak ke rumah kakak A, gak perlu bawa-bawa kue lagi. Bukan gak mau nenteng-nenteng kue, tapi maluuuuuu bin rikuh. Jadi mending before lebaran, titipin aja sudah si kue itu ke anaknya. Beres urusan. Habis perkara.

Omong-omong, sedih yes sudah mau pisah aja nih sama Ramadhan tahun ini. Rasanya belum rela karena belum melakukan yang terbaik yang bisa dilakukan. Masih malesan, masih tidak konsentrasi ibadah, sedekahnya masih amat kecil dibandingkan budget buat jajan, dll lah. Huhu semoga tahun depan masih berkesempatan ketemu dengan bulan penuh cinta kasih & rahmat barokah ini. Aamiin. Tapi jujur juga, di sisi lain, aku juga superr excited menyambut lebaran. Masih bisa kumpul komplit bareng ibu bapak, masih diberikan kesehatan dan rezeki. Dan aku penasaran, kira-kira kue apa saja yang di hari lebaran kelak terhidang di meja tamu. Maklum euy, gak ada yang dimasak sendiri, beli semua. xD

Kalo kamu gaes, kue lebaran apa yang wajib ada di meja ruang tamu di rumahmu?


No comments

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^