Pos THR Tahun ini & Mukena untuk Ibu




Hi you there yang tengah sumringah karena baru nerima THR. Ciee selamat ngabisin duluan haha. Aku belum nerima THR nih btw. Tapi katanya sih under tanggal 10an, sudah cair semua deh tuh yang ditunggu-tunggu. Dan Alhamdulillah euy, tahun ini THR bukan hanya satu bulan gapok, tapi plus tunjangan. Bisa kipas-kipas & belanja sepuasnya dong?

OH TUNGGU DULU.


Berkaca dari pengalaman tahun kemarin, kemarin & kemarinnya lagi, aku selalu jatuh kere usai lebaran. Nelangsa. Masalahnya apa lagi kalo bukan ketidakmampuan mengatur uang THR. Uang THR yang sejatinya bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan lebaran, justru terasa selalu kurang & berimbas menggerogoti uang gaji bulanan juga. Minus deh haha.

Jadi ketika melihat IG Kak Icha Annisast yang share tentang pos-pos penggunaan uang THR, aku yang auto saved pict, terus ku pandang-pandangin sambil bilang ke diri sendiri, “Ayok Ntan, coba deh tahun ini disiplin. Kapan lagi mau nabung & invest kalo tidak dimulai dari sekarang, dari bulan ini? Katanya mau nikah? Katanya mau jadi bundahara? Kalo ngurus keuangan pribadi aja failed mulu, apa kabar keuangan keluargamu nanti?” Lalu termotivasi xD

Kalo kata Kak Icha, uang THR itu harusnya digunakan untuk..




Zakat

Utang

THR Asisten

Angpao

Mudik

Pajak

Qurban

Asuransi


Kalo ada sisanya baru deh dipakai untuk belanja belinji. Wow cukup berat PR Intan yang biasanya dapat THR, dipake buat belanja semua. Tapi mari kita lihat satu per satu. 

Zakat. Oh tentu. Sejak bisa nyari uang sendiri, zakat bayar sendiri dong. Aman.

Utang. Alhamdulillah so far tidak ada utang. Cicilan ada sih, cicilan arisan uang makan yang baru berakhir bulan November nanti. xD Aku udah dapat giliran bulan April lalu. Awalnya uangnya mau dipake buat liburan ke Lombok sama temen dari Nunukan, ehtapi setelah dipikir-pikir, nanti dulu lah liburan, belum penting-penting amat. Dan uang arisan akhirnya berakhir jadi sumur bor di belakang rumah. Calon mamak-mamak mode on. xD

THR asisten. Gak punya asisten. xD

Angpao. Udah aku siapin sekitar 30an amplop. Isinya kecil-kecil aja, yang penting bisa ngasih buat banyak adek-adek di sekitar rumah.

Mudik. Gak mudik. Haha. Modal isi bensin 20 ribuan doang udah bisa bolak balik Bengkulu – Lubuk Durian. Alhamdulillah.

Pajak. Cuma bayar pajak motor pun. Belum beli mobil & entah kapan bakal beli. Pengen sih. Tapi belum sanggup kalo harus menggadaikan SK & nerima gapok setengah saja dari gapok biasanya. Gak bisa jajan cake Amelia nanti. Lemah sama makanan enak. xD

Qurban. Pengen nyicil tapi ternyata ku belum sanggup. PR untuk next year, urusan qurban ini harus banget dicicil dari jauh-jauh hari. Kalo nabung kisaran 200 ribu – 300 ribuan aja per bulan, sudah sangat membantu. Malu juga sih, udah segede ini tapi belum pernah qurban. PR PR PR! :(

Asuransi. Gak ada. Cuma bayar cicilan BPJS saja tiap bulan. Untuk sementara cukup dulu pake BPJS, nanti kalo udah nikah & beranak pinak, lain cerita. Mungkin akan upgrade asuransi yang lebih komplit.

Dan setelah ku hitung-hitung, untuk kebutuhan di atas sudah menyedot ¼ bagian dari total THR. Batal jadi horang kayah. Haha. Dan karena bulan ini aku pengen mulai nyicil ngisi furniture rumah, melayanglah sudah sebagian besar pundi-pundi rupiah & terlihatlah sudah sedikiiiiiitttttt sekali yang benar-benar bisa dipake buat beneran jajan. Dan beneran tidak ada budget buat baju baru. *kray!

Setelah menyusun prioritas, cuma bisa jajan ..

Skincare. Itu pun sebatas facial wash & cream malam. Huaah. Salahkan kulit wajah yang sensitif ini. Dia sudah tak mau lagi temenan sama produk drugstore. *kray again.

Buah-buahan segar. Karena urusan kue kering sudah dihandle sama ibu. Intan kebagian beliin buah-buahan segar macam anggur & lengkeng sajo. Emang udah kebiasaan nih di rumah pas lebaran selalu nyuguhin buah. Siapa tau ada yang sudah bosan makan nastar di mana-mana ya khan.

Angpao buat bapak. Isinya bukan baju baru, peci baru, ato sarung baru tapi susu jantung 4 kotak. Yahabis kalo beliin baju, pasti bapak ngomel-ngomel. Katanya nabung tuh yang dikencengin, baju bapak yang bagus masih banyak dan jarang dipakai. Tapi kalo susu jantung ini ya gakbisa nolak sih. Wong belinya online, karena di Bengkulu sini gak ada jualannya. Dan ibu ato bapak masih baba baba kalo harus belanja online xD

Beli khimar for myself. Belum. Belum mau langsung berubah jadi yang gimana-gimana kok, tapi Intan pengen sesekali pake khimar. Adem lihatnya. Apalagi di lemari juga ada beberapa dress yang kayaknya cocok dipadu-padankan dengan khimar. Dan si khimar ini harganya mayan pricy yay. Aku hanya mampu beli 2 saja untuk bulan ini. Nanti-nanti kalo ada rezeki, beli lagi.

Dan terakhir, angpao buat ibu, beli mukena 2 pasang as always. Ini juga sudah jadi kebiasaan aku bertahun-tahun terakhir. Tiap lebaran, beliin mukena buat aku dan ibu. Referensinya ya dari IG haha. Lihat olshop mana yang cen, terus order. Baru mampu beli yang harganya kisaran 200 – 300 ribuan, tapi mayanlah. Udah cakep kok. Ada kemarin tuh aku lihat mukena jualan temen, cantiiiik banget, tapi harganya juga gak kalah cantik. 750ribu shay. Kalo beli 2, udah 1,5 juta aja melayang kan? Hiks. Sometimes aku sering berkhayal, kayaknya enak kali kalo punya sumber mata uang di rumah, mau beli apa-apa nggak usah pake mikir, beli aja udah, beli. Hehe. Tapi barangkali dengan keuangan yang terbatas macam begini, disuruh banyak-banyak bersyukur, pandai atur prioritas & kerja lebih keras.



Btw gaes, soal mukena nih. Aku punya beberapa jenis mukena di rumah. Ada yang tipe parasut, ini buat dibawa-bawa kalo bepergian. Tipis, kecil, gak makan tempat, soalnya. Ada juga yang tipe mukena bali, buat dipake sehari-hari nih. Adeeem. Dan terakhir mukena yang bahannya lebih mewah, biasanya yang tipikal begini yang aku beliin buat ibu. Dan untukku sendiri kalo jelang lebaran sih. Meski sekarang warna & corak mukena itu sudah beraneka ragam sekali, tapi tetap, baik aku ato ibu, masih menjagokan mukena yang basicnya warna putih. Entah yang beneran putih, broken white, putih kilap ato putih-putih yang lain. Banyak euy jenisnya hehe



Kamu gimana genks? Tahun ini THRnya dipakai buat apa? Dipake untuk beli mukena baru gak?


8 comments

  1. Mukena baru minta dibikinin suami kalo aku Tan, hahahaha nggak mau rugi ye punya suami yang pinter jahit hahaha ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalo punya partner yg bisa jahit, Intan juga pengen minta bikinin aja Kak Nyi. Hemat euy. Plus bisa request mau yg kayak apa. Lebih eksklusif aja gitu ^^

      Delete
  2. Itu pake foto tahun bpa. Imut banget yaaak

    ReplyDelete
  3. Ayo mbx ntan.. nabung buat nikah.. kan mau jadi bundahara. Hehee

    ReplyDelete
  4. Banyak jga ya mbx pengeluaran uang2 THR. Heheh..

    ReplyDelete
  5. Mbk juga mau nya beli mukena. Warna nya apa aja tapi yang polos. Kalau bahan mukenanya, lebih suka parasut. Karena praktis. Gampang dibawa. Dan gampang kering klo dijemur.

    ReplyDelete
  6. Widih...mukena memang menjadi barang incaran oleh kaum hawa...moga menambah semangat dalam beribadahnya..

    ReplyDelete
  7. Thr tahun ini fix untuk keperluan Ichi, Ichi number one hahahhahahaa

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^