[Flashback] Liburan Super Panjang Tanpa Gadget dalam Genggaman


Sejak terjun ke dunia kerja, aku udah gak kenal lagi yang namanya libur panjang. Libur paling panjang paling hanya 3 hari. Bisa sih ambil cuti, tapi so far belum ada rencana mau jalan-jalan jauh atau suatu keadaan yang mengharus cuti lumayan lama, misalnya ambil cuti menikah haha. Tapi mungkin karena sudah terbentuk polanya selama kurang lebih 4 tahunan ini ya biasa-biasa aja gak ngerasain liburan panjang, malah kalo libur kelamaan, jadinya aneh. Berasa jadi pengangguran. Huhu huhu

Kalo lagi libur, kadang aku nyempetin untuk travelling tipis-tipis di sekitaran Kota Bengkulu ini saja. Main ke pantai, danau, benteng, atau sekedar nonton film terbaru di mall. Udah jadi semacam recharge energy yang efeknya ngedorin syaraf banget. Tapi kalo lagi gak punya temen jalan, biasanya hari libur akan berujung dengan kencan seharian sama si gawai. Ngurusin kerjaan as blogger, buzzer, dll. Kayaknya malah kerjaan online ini lebih padat ketimbang kerjaan di kantor. Hoho. Gawai emang bikin aku sibuk gak abis-abis.


Aku lalu flashback ke masa-masa kecil dulu sekitaran tahun 2000an. Aku belum punya gawai tentu saja. Emang belum musimnya. Baru megang HP pas SMP itu pun yang sekedar bisa nelpon & sms. SMA naik level ke yang ada kamera & mp3 player, tapi belum candu internetan kayak sekarang. Browsing-browsing hanya ketika ada tugas sekolah yang berat aja. Tapi dulu itu, ketika libur panjang, bisa survive sih. Gak ada tuh bosen-bosennya & pengen buru-buru masuk sekolah. Soalnya, aku mengisi liburan zaman kecil dulu dengan cara ini ..

Baca buku & majalah.
 
Banyak baca buku adalah salah satu koentji bahagia

Dulu aku langganan majalah Bobo, gede dikit langganan Aneka Yess, Story, dll. Sesekali beli buku-buku teenlit, pengembangan diri, komik, dll. Terus langganan juga minjem buku di perpustakaan kecamatan. Jadi ya meski gak punya gawai & belum main sosmed kayak sekarang, aku baik-baik aja. Gak kenal istilah gabut. Malah bacanya jadi ngebut banget. Sehari bisa nyelesaiin satu dua buku. Horeee. Oh iya, baca-baca majalah, teenlit-teenlit & komik begini gak dibolehin loh kalo bukan pas libur, soalnya suka bablas & lupa belajar. Libur panjang jadi waktu yang tepat banget biar bisa baca-baca sampai capek.

Main sama temen.
 
Main seek & hide ya dek? Hoho

Main sang suruk alias seek & hide, main lompat tali, main kasti terus nangis karena kena bola & sakit banget haha, nyebur ke kolam ikan terus dimarahin ibu, naik pohon jambu terus dahan jambunya patah, dll. Banyak kelakuan zaman bocah yang kalo diinget-inget lagi bikin ngakak parah. Dulu itu ya nggak banyak pilihan. Belum bisa main game di gawai, belum bisa update status di sosmed, jadi waktu luang bener-bener dimanfaatin untuk beraktivitas fisik di luaran bareng temen-temen. Seru euy. Aku malah bersyukur zaman dulu belum ada gawai. Kalo sudah ada, mungkin aku yang sedikit banyak punya kadar introvert ini bakal memilih diem di kamar, main sama gawai ketimbang haha hihi sama anak tetangga.

Karaokean.

Karaokeannya di rumah aja, bukan di tempat karaoke beneran. Zaman dulu itu masih musim banget beli CD musik yang bisa dipake karaoekan. Terus nyanyi-nyanyi gaje deh sambil menghibur diri. 3 jam nyanyi-nyanyi rasanya udah puas lah. Gak usah bayar, bisa joget-joget sendiri, dan karena ini juga sempat punya keinginan untuk jadi penyanyi pro. Haha dasar haluuu. Padahal cuma layak mandi di kamar mandi doangs.

Nonton film kartun.

Iyay! Kartun-kartun zaman aku kecil tuh kok ya kocak-kocak banget. Bikin betah nontonin mereka dari pagi hingga sore. Dulu paling suka sih sama Teletubbies, Doraemon, Chibi Maroko Chan, Tom & Jerry, dan kawan-kawan. Seru banget elah. belum ada youtube ya cuy. Jadi masih ngandelin acara-acara TV & sesekali emang beli CD kartun biar bisa ditonton berulang kali.

Bebikinan kreasi, nyontek ide dari majalah.

Belum ada pinterest, sist. Jadi dulu kalo mau bebikinan ya terbatas dengan ide-ide yang muncul di majalah. Karena aku ini juga tipikal anak yang susah diam, jadi pengen nyobain kalo ada tutorial bikin ini itu di majalah. Dulu, pernah bikin goodie bag, tempat pensil, makanan-makanan gemes, es-es lucu, dll. Walo kadang hasilnya nggak memuaskan, tapi seru aja sih nyobain tutorial & resep-resep itu. Kalo sekarang? Berburu ide sudah lewat blogpost, youtube juga pinterest.

Banyak juga ya btw kegiatan-kegiatan yang bisa dijadikan pengisi waktu libur tanpa gawai?

Intinya human adapt banget lah ya. Kalo ditanya bisa apa nggak hidup tanpa gawai dan internet, ya berat sih, udah candu. Tapi bisa aja kok tetap hidup dengan bahagia, ngisi waktu luang dengan sebaik-baiknya lewat cara-cara yang aku jabarin di atas tadi. Balik sama buku & majalah, kembali gelantungan di pohon jambu. Hoho. Btw, kalo kamu gaes, dulu waktu kecil ngabisin liburan super panjang dengan cara apa?



Artikel ini ditulis sebagai tanggapan untuk post trigger Mengisi Liburan Anak di Rumah yang ditulis oleh Astin Astanti untuk #KEBBloggingCollab kelompok Dian Sastro.




6 comments

  1. jadi ingat masa kecil mbak Tan, gelantungan di pohon jambu terus dimarahin nenek
    "TURUN!!! anak cewek manjat pohon, turun!!" ehhehee
    Tapi sekrang anak-anak lebih suka main hp dibanding gelantungan di pohon

    ReplyDelete
  2. ya, Allah intan kukira tadi kerokan, ga taunya karokean. btw itu botol cimory gede juga yaaa

    ReplyDelete
  3. Aku suka nonton Doraemon bahkan sampai sekarang walau sudah punya anak 1. ��

    ReplyDelete
  4. sebenarnya bagus juga mbk intan sesekali liburan tanpa hp di genggaman, berasa jadi diri sendiri.

    ReplyDelete
  5. Kalo zaman kita dulu iya bisa banget liburan tanpa gedget karena emang masih jarang banget, tapi kalo zaman sekarang..wah gedget emang godaan banget yaa mbak Intan. Tapi bagus juga sih kalo ada trik untuk bisa liburan tanpa gedget.

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^