Cerita di Balik Nama Blog : Dipikirin Pakai Hati, Dipakai Sampai Nanti


Cerita di Balik Nama Blog : Dipikirin Pakai Hati, Dipakai Sampai Nanti


Meski sudah ngeblog sejak akhir tahun 2012, namun aku baru benar-benar menaruh perhatian serius pada dunia blogging sejak akhir tahun 2015 lalu. Keseriusan itu aku buktikan dengan mulai membeli domain pribadi agar lebih profesional & terpercaya. Alamat blog yang awalnya tidak terlalu dipikirkan pun, mulai dibenahi. Berpikir cukup lama, kira-kira apa nama blog yang enak dijaga hingga bertahun-tahun kemudian. Jangan sampe, bikin alamat abcd sekarang, bulan depannya udah ganti alamat jadi xyz. Wkwk

So far, blogku ada 3, meski yang terbaru belum ada isinya hehe. Yang pertama adalah blog ini, Inokari.com. Dulu, aku sempat punya blog yang alamatnya tuh panjaaang sekali. Intannovrizakamalasari.blogspot.com (pas aku tinggalin, alamat blog ini diambil orang huhu). Aku suka namaku, tapi kalo dijadiin alamat blog rasanya kurang menjual. Terlalu panjang & orang susah ingat, rentan typo juga pas diketik ya kan? Jadi yang aku lakukan adalah menyingkat nama panjangku menjadi Inokari. Jauh lebih simple & unik, yha. Karena soooooo many Intan di internet, sedangkan Inokari, kayanya Cuma yang satu ini.


“Intan, Intan yang mana?”

“Itu.. Intan Inokari, yang blogger itu.”

OKE BHAYK.

Lalu blog kedua adalah ketimpukbuku.com. Berawal dari hobi ngumpulin buku-buku dari menang giveaway & suka mereview, aku pun bikin blog khusus buku. Sengaja pake kata ketimpuk, biar gemes. Dan ada filosofinya juga sih karena mostly buku-buku yang aku review adalah buku gratisan. Ketimpuk, ketimpuk apa yang gak bikin sakit, tapi justru nyenengin? Ketimpuk buku dong. Hehe hehe. Dapat berbuntel-buntel hadiah buku dari penerbit, penulis, maupun dari sesama blogger buku yang ngadain giveaway itu, sungguh menyenangkan. Makanya, untuk mendokumentasikan pemberian itu, aku merangkumnya di blog Ketimpuk Buku.

Lalu blog ketiga adalah myyummyday.com. Ngetiknya memang rada susah dibanding 2 blog sebelumnya, tapi gimana dong udah kadung cinta. huhu Gemes aja sama kata-kata Yummy Day. Dan blog ini rencananya akan dijadikan tempat menulis yang berhubungan sama trevalling & makanan. Udah banyak draft tulisan, tapi masih pikir-pikir mau posting, soale template blog belum dirapiin *oooo sungguh perfeksionis dikau anak muda!

Kalo temen-temen perhatiin, dari 3 blog yang aku punya itu, sebenarnya ada benang merah yang menyatukan ketiganya. Pertama, tiga-tiganya berdomain dengan ekstensi .COM. Kenapa bukan yang lain kayak .NET, .ID, .ORG? Karena ekstensi domain .COM adalah yang paling popular di internet. Harganya juga gak bikin nangis. Maklum euy, 3 blog harus diperpanjang domainnya kalo gak mau ilang terus diambil orang. Kan mayan juga tuh uangnya. *dapet hasil dari 3 blog itu tapi mayan juga kan kan kan? xD

Kedua, nama blog yang aku pilih gampang diketik & tidak menimbulkan kebingungan saat diucapkan. Jelas gitu loh. Ini penting banget pas mau promosi, apalagi saat promosi secara offline.

“Oh, Dek Ntan blogger toh, nama blognya apa? aku mau mampir.”

“Inokari.com, mba sist, bang bro.”

Kemungkinan typo amat kecil.

Bayangin kalo alamat blog Intan adalah Inokaricuteandalwayshappy kwkw. MATIK. Oh iya, aku juga milih alamat blog tanpa mikirin tren, lebih ke branding aja sih sesuai niche yang aku pilih. Tren kan gampang berganti, namun alamat blog ga bisa diganti-ganti. Ya kecuali kalo you mau ngulang lagi perjuangan DA PA, pageviews dll dari angka 0 mah bebas ya. Bisa aja ganti alamat blog sehari dua kali. Okesip.

Nah, kalo alamat blog udah dipikirin banget, jangan lupa juga mikirin tempat mendaftarkan alamat blog yang kamu pengenin itu, gaes. Jangan tergoda bujuk rayu diskon gede-gedean. Ga mau kan salah tempat daftar hanya karena alasan murah meriah, tapi rentan kehilangan akses ke domain yang kamu punya karena tempat beli domainnya abal-abal? Duh. Jangan sampai. Udah disayang-sayang setahunan, terus mendadak hilang pasti rasanya pahit. Oh wait bukan sekedar pahit. Tapi pahit pahit pahit!

Salah satu tempat oke untuk beli domain adalah IDwebhost.com yang sudah malang melintang di dunia hosting sejak tahun 2004. Kantornya udah ada di Yogyakarta, Jakarta & Semarang. Jumlah klien aktifnya pun sudah lebih dari 75.000 dengan jumlah dimain aktif sekitar 122.000. Waoo waoo. Kalo mau beli domain di sini, kamu punya banyak pilihan domain dengan ekstensi domain lokal hingga internasional. Sebut aja ada .ID & .CO.ID, lalu ada pula .COM & .NET yang sudah sangat umum digunakan. Terus, ada juga .BIZ, .XYZ, .CO dan lain-lain. banyak banget pilihannya. Tinggal sesuaikan sama budget & kebutuhanmu aja loh.


Cerita di Balik Nama Blog : Dipikirin Pakai Hati, Dipakai Sampai Nanti
Source : IDwebhost

Harganya piye?

Harga domain di IDwebhost terbilang murah dibandingkan dengan harga di penyedia hosting lainnya. Pas banget kan buat pemula yang masih mikir-mikir buat alokasiin dana buat beli domain pribadi atau malah buat yang mau ternak blog sekalian. Kamu tinggal ketik nama domain yang kamu mau pada kolom pencarian domain, lalu bakal dicek oleh sistem. Kalo masih tersedia, SELAMAT, you’re lucky, tinggal beli deh melalui sistem IDwebhost.

Cerita di Balik Nama Blog : Dipikirin Pakai Hati, Dipakai Sampai Nanti
Source : IDwebhost

Gausah khawatir dengan proses pembayarannya karena IDwebhost punya 9 rekening bank, gaes. Kamu pengguna BCA, Mandiri, BNI, BRI, BSM, Niaga, Permaa, BII, Bank Mega, cuss semuanya terangkut. Buat yang pake visa, mastercard ato PayPal juga bisa banget langsung melakukan pembayaran. Gampil anet kan beb? apalagi ada jaminan alias garansi 30 hari uang kembali kalo kamu ga puas sama pelayanan yang diberikan. Oo ya wait wait, kalo kamu butuh jasa buat website, IDwebhost juga bisa loh. Komplit lah cincai!

Cerita di Balik Nama Blog : Dipikirin Pakai Hati, Dipakai Sampai Nanti
Source : IDwebhost

So, buru deh yang pengen beli domain buat blognya. Ikan sepat, ikan gabus, lebih cepat ya lebih bagus! :)

8 comments

  1. Pengguna IDwebhost juga kah..?

    Baru tahu kalau ada jasa pembuatan web juga.. menarique euy..

    ReplyDelete
  2. hmmm...beli di sana ya ntan. Mbak mau beli ini, sedang cari-cari penyedia domain yang pas

    ReplyDelete
  3. aku suka banget dengan judulnya Dipikirin Pakai Hati, Dipakai Sampai Nanti, ha

    punya blog yang sudah menghasilkan memang terasa krenyes. hihi

    ReplyDelete
  4. nama blog memang penting juga ya.. saya sampe konsultasi kesana sini buat sebuah nama blog aja.. semoga sukses semua blog nya Intan

    ReplyDelete
  5. Fira kemarin dapat promo komunitas mbak. Sempat juga bandingkan harga ke idweb hehe.

    ReplyDelete
  6. Nama domain emang mesti bener banget ya mbak, apalagi yang pengen fokus di dunia blogging

    ReplyDelete
  7. Wah... udah tiga aja ya blog kak Intan. Aku masih stag di satu blog dan kebingungan ngisinya.. hehe
    Kak Intan bisa dijadikan motivator untuk ternak blog nih... hehe

    ReplyDelete
  8. Jadi inget pas aku milih nama blog dulu. Pdahal blogku itu khusus traveling dan kuliner aja. Tp nth napa aku pakai nama dcatqueen krn aku memang pecinta kucing. Tp akibatnya kdg2 ada org yg nanya apa blogku khusus mmbahas kucing ato malah toko kucing wkkwkwkw. . Tp ya sudlaaaah.. Drpd ganti nama lagi yee kaaan. Makin ribet yg ada :)

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^