Semarak Jember Fashion Carnival 2018



Di tengah banyaknya festival yang kini kerap diselenggarakan di banyak daerah di Indonesia, ada satu festival yang pesonanya sulit untuk dibantah, yaitu Jember Fashion Carnival 2018. Festival kece satu ini dari tahun ke tahun makin keren pelaksanaannya, makin megah. Pada tahun 2018 ini, tema yang diangkat adalah Wonderful Archipelago Carnival Indonesia. Kenapa tema itu yang kemudian dipilih? Tentu untuk memperlihatkan pada dunia indahnya pesona lautan Indonesia.


Semarak Jember Fashion Carnival 2018
Source : Genpi

Diselenggarakan pada 7-12 Agustus 2018, kegiatan Jember Fashion Carnival tahun ini persisnya berlangsung di mana? Yass. WACI di JFC 2018 berlangsung di Alun-alun Kabupaten Jember, Jawa Timur. Ada 6 tema dari 6 daerah turut serta di perhelatan WACI. Yaitu DKI Jakarta yang mengangkat tema Abang None, Jawa Tengah dengan Solo Batik Carnival yang bertema Etnik Nusantara, Sulawesi Utara mengangkat Tenun Carnival, Bali mengangkat tema Pesona Lautan dan Nusa Tenggara Barat (NTB) mengangkat Putri Mandalika. Semuanya indah. Semuanya memesona. Tema-tema yang diangkat pun punya tujuan agar banyak daerah yang bisa tampil menunjukkan potensi & kelebihan yang dimiliki. Keren ya!


Tampil sebagai pembuka adalah defile Pesona Lautan Bali. Sajiannya yang super ciamik, membius penonton hingga spontan memberikan tepuk tangan yang meriah. Defile Bali menampilkan kostum yang mendeskripsikan secara total kekayaan laut Bali. Peserta begitu anggun, memamerkan sejuta keindahan ketika berjalan menyusuri runway. Seberapa panjang nih runwaynya btw? 3,6 kilometer beb. Warbyasah.

Menyusul setelah defile Bali, ada defile Solo Batik Carnival yang temanya adalah etnik nusantara. Kalau kamu ingin menyaksikan pesona magis & memikatnya seni budaya Indonesia, defile Solo Batik Carnival menawarkan itu.

Dan belum usai gaes, karena menyusul pula Pesona Putri Mandalika. Tidak kalah memikat, tidak kalah semarak. Meskipun suasana Lombok tengah berduka, tapi sajian yang ditampilkan masih sedemikian indah. Ini juga sebagai sarana informasi pada dunia bahwa Lombok tidak akan terpuruk dalam duka. Lombok kuat. Lombok tidak sendirian. Lombok akan pulih as soon as possible dengan banyaknya support dari kota-kota lain di Indonesia.

Penampilan Sultra Tenun Carnival tidak kalah indahnya. Suguhan warna warni benar-benar memanjakan mata. Buat yang suka tenunan, pasti bakal langsung excited menyaksikan Sultra Tenun Carnival, karena sooooo indah-indah sekali. Begitu pun dengan sajian yang ditampilkan oleh defile DKI Jakarta. Budaya betawi tergambar begitu kuat lewat sajian Abang None yang tampil di sana.

Dengan semua keindahan yang ditawarkan, wajar kalo kemudian Jember Fashion Carnival dijuluki sebagai festival yang berkelas dunia. JFC sudah mampu mengakomodir budaya lokal Indonesia dan meraciknya menjadi sajian yang bisa dihadirkan untuk dinikmati masyarakat level dunia. Dan ini juga harusnya menjadi penyemangat bagi daerah-daerah lain agar mampu menghadirkan festival dengan kualitas yang setara. Festival seperti ini bukan sekedar hiburan saja, tapi bisa memperbaiki kondisi ekonomi juga dari sector pariwisata.

Selain kostum-kostum yang luar biasa indah, JFC juga menggelar pameran beberapa benda pusaka. Misalnya pusaka Kujang yang notabene adalah warisan nusantara yang supeer mahal. Kalo selama ini Cuma bisa lihat gambar kujang via internet saja, kalo main ke JFC bisa lihat langsung boo.

Semoga tahun depan aku bisa menyaksikan langsung indahnya Jember Fashion Carnival. Bukan hanya sekedar melihat keseruannya dari updatean medsos saja, tapi langsung melihat, memotret sebanyak-banyaknya & mencari ide atas keindahan yang ditawarkan di Jember Fashion Carnival. Kabarnya, agar bisa menjadi tamu yang bisa motret di area VIP harus mendaftar jauh hari sebelum pelaksaan festival. Ndak papa. Yang penting gak desak-desakan. Bisa ambil foto sebanyak-banyaknya.

Can’t wait kemegahan JFC tahun 2019 kelak. See you there. Insya Allah. :)


15 comments

  1. Sesekali pengin banget ngerasain serunya di festival ini

    ReplyDelete
  2. Keren ni acaranya mbak, pengen juga nonton semarak Jember fashion carnaval, jadi kapan kita ke Jember mbak??? Hehe

    ReplyDelete
  3. Amazing!
    Buat acara gak tanggung-tanggung ya, kepalang sudah keluar dana acaranya sangat memuaskan mata setiap pengunjung. So dengan apresiasi pengunjung yang luar biasa ini panitia acara pun do pasti puas dan bahagia..... tulisan yang menginspirasi

    ReplyDelete
  4. aamiin, cumumud tan. smeoga tahun depan bisa ke sana
    foto yang buanyak kalau ke sana

    ReplyDelete
  5. JFC ini memang terkenal dan ngrhits ya, banyak wisatawan yang menunggu acaranya. Semoga ada kesempatan menyaksikan langsung tahun depan ya ntan

    ReplyDelete
  6. Pasti seru banget ni carnavalnya..

    ReplyDelete
  7. Waa paling suka nih kalau ada festival apalagi khusus fashion. Kreatif-kreatif bangeeet

    ReplyDelete
  8. Ayok ke Jember sama-sama yuk kak.. 2019 yah

    ReplyDelete
  9. Klo di Bengkulu mungkin sama dengan festival/karnaval batik kali ya

    ReplyDelete
  10. Keren ya acaranya. Semoga Allah mudahkan Intan ke sana tahun depan. Aamiin.

    ReplyDelete
  11. jember emg terkenal sebagai kota festival dunia Mbk.. aku dpt info ini dari salah satu panitia Asian Games di Net Tv. emg kreatif bgt ya...

    ReplyDelete
  12. Salah satu festival di nusantara yg ingi saya tonton nih

    ReplyDelete
  13. Ajak keluarga jalan ke sana kayaknya seru juga ya...sambil nikmati karya keceh anak bangsa

    ReplyDelete
  14. Itu jember cuma kota kecil kan ya. Tapi dengan festival ini Jember jd mendunia

    ReplyDelete
  15. Bengkulu kapan nih bikin giniaaann

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^