Menikmati Perpaduan Wisata Alam dan Sejarah di Benteng Marlborough, Wonderful Indonesia dari Bengkulu




Siang itu cuaca cukup terik, jam di pergelangan tangan kiriku menunjuk tepat di angka 11.00 WIB. Siapa yang begitu nekat berkeliaran di halaman benteng pada siang bolong seperti itu? Ya, aku dan beberapa orang teman. Di tengah panasnya siang hari ala Bengkulu, justru hari itu aku beruntung bisa menikmati Benteng Marlborough dalam kondisi yang cukup tenang & lengang, karena biasanya pengunjung memang ramai berdatangan ke tempat wisata sejarah satu ini saat sore hari menjelang.



Tujuanku kali itu bukan untuk berwisata atau sekedar selfie-selfie saja, melainkan melakukan liputan bulanan mengenai tempat wisata, budaya maupun hal menarik lain yang dimiliki oleh Bumi Rafflesiaku tercinta, Bengkulu. Yap, bulan ini kami memutuskan meliput serba serbi Benteng Marlborough, benteng peninggalan Inggris di Bengkulu yang kini berstatus bangunan cagar budaya. Setelah wawancara singkat bersama seorang petugas di sana, aku menyempatkan diri berkeliling menikmati suasana damai di tempat itu.


Sembari menikmati hijaunya pemandangan juga bagian-bagian bangunan yang semakin menua tapi justru malah terlihat semakin indah, aku membayangkan betapa tempat ini bukan tempat biasa. Di sebuah kawasan yang sekarang tanahnya tengah aku pijak, pernah ada beragam cerita kehidupan. Para keluarga kerajaan & orang-orang terhormat pernah tinggal di sana. Mereka sempat melaksanakan pesta perkawinan, melakukan transaksi dagang, hingga terlibat peperangan. Di sana pernah ada cerita penuh tawa, senyum saling jatuh cinta, isak tangis kehilangan, amarah yang bergejolak & sejuta perasaan lain.



Hari itu, meski sudah berkali-kali datang ke Benteng Marlborough, aku pastikan aku jatuh cinta lagi pada tempat itu. Dan aku tidak ingin menyimpan rasa cinta itu sendirian, aku ingin mengajakmu untuk ikut jatuh hati, lalu memutuskan bertandang ke benteng yang kerap pula disebut Benteng Malabero oleh masyarakat Bengkulu – pelesetan dari kata “Marlborough” yang untuk beberapa pihak, susah untuk diucapkan.

1. Menyimpan Banyak Sejarah Masa Lalu


Bengkulu pernah sangat amat diinginkan. Inggris bahkan ‘niat sekali’ membangun sebuah benteng besar yang dulunya dimanfaatkan sebagai benteng pertahanan di Bengkulu. Namanya Fort Marlborough. Benteng ini didirikan oleh East India Company pada tahun 1714-1719 di bawah pimpinan Gubernur Joseph Collet. Lalu kenapa dinamakan Marlborough? Nama Marlborough diambil dari nama bangsawan penjajah Inggris, Duke of Marlborough I.  

Apa yang orang-orang ini inginkan dari Bengkulu di masa itu?

Oh, Bengkulu memang menggoda. Kekayaan alamnya luar biasa, rempah-rempahnya pun menarik banyak pihak untuk ‘berebut’ menguasai Bengkulu, termasuk untuk menguasai lada hitam. Pada kisaran abad ke-16, yang menjadi simbol status bukan cantiknya feed Instagram yang dipenuhi dengan foto travelling keliling dunia, melainkan rempah-rempah. Semakin kaya seseorang, maka makanan pestanya semakin mahal karena rempah-rempahnya semakin banyak. How time flies ya. Beda waktu, beda pula simbol status seseorang.


Ngomong-ngomong, jika dilihat dari atas, Benteng Marlborough ini bentuknya persis kura-kura. Pintu masuk sebagai kepala & bentengnya sebagai badan. Sungguh tipikal benteng-benteng yang kerap ditemukan di Eropa pada kisaran abad ke – 17. FYI, Benteng Marlborough adalah benteng peninggalan Inggris terbesar di kawasan Asia Tenggara, sekaligus menjadi benteng terkuat kedua Inggris di wilayah Timur setelah Fort St. George di Madras, India. Apakah fakta itu membuatmu berdecak kagum? Kalau iya, main-mainlah ke Bengkulu.

2. Punya Banyak Spot Foto yang Ciamik



Dalam kawasan Benteng Marlborough ada lapangan hijau nan besar, bekas kantor, barak juga penjara masa lalu. Di beberapa sudut, kamu juga bisa melihat bekas meriam yang dulu digunakan untuk berperang. Kalau kamu ingin punya stok foto-foto baru berlatar megahnya bangunan tua nan indah, maka kamu memang wajib main ke sini. Kamu bisa berfoto di sisi meriam, di depan penjara, atau di pintu masuk utama yang terbentang gagah. Eksplor saja sesukamu. Tempat bersejarah satu ini memang menawarkan titik-titik swafoto yang ciamik.  

3. Tempat Menikmati Indahnya Hamparan Samudera Hindia dari Ketinggian



Dengan lokasi yang strategis, di Benteng Marlborough, keindahan alam & sejarah berpadu menjadi satu. Dari salah satu sudut, kamu bisa menyaksikan indahnya hamparan samudera Hindia yang berbatasan langsung dengan garis pantai Tapak Paderi. Epic! Datanglah di sore hari bersama orang tersayang untuk menikmati senja yang magis di tanah Bengkulu. Jangan takut merogoh kocek yang dalam saat main ke sini. Tiket masuknya murah meriah saja, tapi pengalaman yang akan kamu dapatkan sungguh luar biasa.



Itu ceritaku dari Bengkulu tentang satu tempat bersejarah yang turut menyemarakkan Wonderful Indonesia. Indonesia itu kaya. Indonesia itu indah. Indonesia adalah kebanggaan kita bersama. Apakah kamu juga ingin memperkenalkan keindahan tempat wisata alam, wisata sejarah atau lezatnya kuliner di daerahmu? Jika iya, ayo sekalian ikutan Wonderful Indonesia Blog Competition. Persyaratannya mudah saja, semudah jatuh hati pada kekayaan alam & budaya Indonesia.





Jangan lupa submit link tulisan di https://goo.gl/forms/RJuGs5pjTXEj5ZpD3
agar terhitung sebagai peserta ya. Siapa tau kamu yang beruntung membawa pulang uang jutaan rupiah pada lomba kali ini. Good luck & jangan lupa sebarkan cerita-cerita indahmu tentang Indonesia! :)

30 comments

  1. Replies
    1. Bentengnya bagus banget Mbk,terawat dan bersih banget. semoga suatu saat bisa jakan2 ke bengkulu

      Delete
  2. Gak heran kalau dulu negara Eropa sampai jauh-jauh datang ke Indonesia untuk menjajah. Pesona Indonesia memang sudah terkenal sejak dulu

    ReplyDelete
  3. Indahnya Benteng Marlborough...
    Benar-benar kekayaan (sejarah) Indonesia yaa, Intan.

    Semoga bisa eksplor Indonesia yang kaya.
    Wonderful Indonesia.

    ReplyDelete
  4. subhanallah, langitnya biru banget .. tapi kebayang juga panasnya ya jam 11 siang gitu :)

    ReplyDelete
  5. Masya Allah.. Bagusnya benteng itu. Masih terawat. Terus makin cakep karena cuaca cerah.

    ReplyDelete
  6. Wah,dateng sore sambi m3nikmati sunset ya mba.

    ReplyDelete
  7. besar juga ya bentengnya, kapan bisa mengunjungi benteng ini ya..

    ReplyDelete
  8. Cakep mba bentengnya.. Aku suka banget travel ke tempat bersejarah begini. Walau konon katanya benteng2 ini serem ya. Haha

    ReplyDelete
  9. Waaah wish list kalau jalan-jalan lagi ke Sumatera nih. Bengkulu, Aceh, dan Sumsel. Btw ternyata Bengkulu luar biasa menyimpan peninggalan bersejarah.

    ReplyDelete
  10. Jadi ingat benteng di Makassar intan, suasananya mirip..ntar kalau aku ke sana temani jalan-jalan yaa

    ReplyDelete
  11. Jalan2 ke temoat sejarah itu emang dapetnya selaku double double ya relatif murah juga. Kapan saya bisa ke Bengkulu yaa.. hehe

    ReplyDelete
  12. Bagus ya mba aku tuh pengen banget ke Bengkulu ada saudara juga disana cuman belum kesampean terus sapa tahu kalau kesana bisa mampir ke Benteng ini bener2 wonderful Indonesia :)

    ReplyDelete
  13. MasyaAllah Intan indahnya didukung dengan jepretan gadget keren jadi ssmpurna. Jadi kapan ajak aku ke sini hahahah

    ReplyDelete
  14. Alhamduilah kita hidup di Indonesia yang kaya banget dengan kekayaan alam ya dan peninggalan sejarahnya yang sungguh indah. Perpaduan yang pas :)

    ReplyDelete
  15. Oh ternyata Malabero dari kata Marlborough ya. Foto-fotonya baguuuus, makin mupeeeng kesana

    ReplyDelete
  16. Bengkulu niiih, aku blom sempat menjejak ke sana...
    smoga oneday bisa ke bengkuluuu

    ReplyDelete
  17. Wowww..... Bentengnya keren banget Intan. Siap dijadwalkan.

    ReplyDelete
  18. aku sukaaa bentengnya apik dan terawat. Tamannya juga indah. Btw, kalau blogger ga kena biaya 200ribu kan ya?

    ReplyDelete
  19. Jadi ngebayangin segimana gedenya benteng ini yaaa... Luar biasa sekali konstruksinya. Bisa sedemikian inginnya ya waktu itu Inggris kepengin memiliki Bengkulu.

    ReplyDelete
  20. Jadi favorit ini bareng ubay dulu buat belajar jalan di rumput nya heee.. Bengkulu punya pesona yang keren ya...

    ReplyDelete
  21. Ya, ampiuuuun ..cantiknya pemandangan di Bengkulu ternyata, apalagi keindahan benteng Malabero dan sekelilingnya. Jd pengen ke Bengkulu.

    ReplyDelete
  22. Benteng Marlborough emang keren, nuansa sejarahnya sangat terasa dari kita mulai memasuki pintu depan. Ditambah lagi jika kita sudah berada di dalam ruang penahanan. Sekarang merasa bersyukur sudah menjadi Negeri yang merdeka

    ReplyDelete
  23. Indahnya Alam di Bengkuluku...dengan berbagai tempat Wisata favorit para wisatawan...

    ReplyDelete
  24. Aku belum pernah ke Bengkulu tapi lihat ulasan tentang peninggalan sejarah ini kok cakep banget ya si benteng Marlborough. Mudah-mudahan bisa main kesana ajak anak dan suamiku.

    ReplyDelete
  25. Sukses lombanya ya, Bengkulu memang camkoha punya benteng fenomenal

    ReplyDelete
  26. Masya Allah, Mbak. Cakep banget. Ini mah bakal menang sampeyan. Ulasannya cakep, photo-photo, subhanallah... masukin ke list yang pingin saya kunjungin ih. Kerreeen...

    ReplyDelete
  27. nah, Intan bikin pengen ke bengkulu ya

    ReplyDelete
  28. Benteng ini selalu disebut di soal sejarah jaman SD dulu. Satu-satunya benteng terbesar peninggalan Inggris di Bengkulu.
    Semoga saya dan keluarga suatu saat ada rejeki kesana ya mbak.

    ReplyDelete
  29. Wah..Bengkulu ternyata banyak tempat wisata yang ciamik ya....,
    Aku kebemgkulu dulu cuma lewat...karena lewat lintas Sumatra...heheh

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^