Wajib Catat! Ketahui Berbagai Lowongan Kerja S1 Ilmu Politik yang Berprospek Cerah

source : Thehansindia.com


Aktivitas mencari lowongan pekerjaan menjadi hal paling utama yang harus dilakukan setelah lulus masa perkuliahan, termasuk bagi para lulusan ilmu politik. Walaupun seringkali diremehkan karena identik dengan jurusan yang sulit mendapatkan pekerjaan, nyatanya para alumni ilmu politik memiliki peluang untuk mendapatkan lowongan kerja yang sangat banyak. Berikut ini merupakan
lowongan kerja S1 ilmu politik yang memiliki prospek cerah dan menjanjikan di masa depan.
Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Ilmu Politik?


Sebelum mencari tahu apa saja lowongan kerja S1 ilmu politik terlebih dahulu ketahui apa saja yang dipelajari. Perlu diketahui ada banyak mata kuliah yang diberikan dan jika ilmu dari setiap materi yang diberikan terserap dengan baik maka akan banyak manfaatnya. Salah satunya adalah memiliki kemampuan pengamatan dan juga analisis yang sangat bagus, terutama dalam bidang politik.
Adapun mata kuliah yang diberikan adalah pengantar ilmu politik, pengantar antropologi, pengantar globalisasi, E-Governance, teori perbandingan politik, nasionalisme dan resolusi konflik, perempuan dan politik, media dan pemasaran politik, politik identitas dan multikulturalisme serta komunikasi politik.
Apa Saja Lowongan Kerja S1 Ilmu Politik?
1. Jurnalis Politik

source : About.azpm.org

Seperti yang diketahui jika di Indonesia terdapat banyak media besar yang membutuhkan lulusan ilmu politik untuk menempati posisi sebagai jurnalis politik. Lowongan kerja S1 ilmu politik sebagai jurnalis memang sering ditemukan. Hal ini tidak terlepas dari pembahasan tentang dunia politik menjadi sesuatu yang menarik untuk terus diperbincangkan. Terlebih lulusan ilmu politik dibekali dengan pemikiran kritis serta pandai dalam menyampaikan opini atau argumentasi di hadapan publik.
2. Spesialis Hubungan Masyarakat
Spesialis hubungan masyarakat atau public relation adalah salah satu pekerjaan yang membutuhkan lulusan ilmu politik. Alasannya karena menjadi seorang yang menekuni bidang spesialis hubungan masyarakat diharuskan untuk memiliki kemampuan komunikasi yang mumpuni. Terutama ketika membentuk dan menggiring opini di hadapan publik tentang pekerjaan ini.
3. Analis Intelijen
Lowongan kerja S1 ilmu politik yang sering dilihat adalah analis intelijen. Tugas pekerjaan ini adalah mengumpulkan, menganalisis serta mengevaluasi informasi yang diperoleh dari berbagai sumber. Bisa dari sistem informasi geografi, pengawasan jaringan dan data pelaksanaan hukum. Data intelijen tersebut kemudian digunakan untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya tindak kejahatan terencana seperti terorisme.
4. Peneliti Politik

source : Snhu.edu
Saat menjadi seorang peneliti politik maka diharuskan untuk mempelajari berbagai topik, seperti ideologi, pembuatan keputusan politik, dan juga opini publik. Selain itu juga mempelajari asal usul, perkembangan serta operasi sistem politik. Dan yang paling penting menjadi peneliti politik harus memiliki skill menganalisis, bisa menganalisis struktur dan operasi pemerintah, entitas politik, survei opini publik, hasil pemilu, dan dokumen publik. Sehingga tidak salah jika pekerjaan ini sangat cocok untuk lulusan ilmu politik.
5. Konsultan Politik
Pekerjaan sebagai konsultan politik adalah sebagai penasihat dari kandidat pemilihan kepala daerah. pemilihan anggota DPR, dan pemilihan presiden. Keberadaan konsultan politik biasanya diminta untuk membantu meningkatkan elektabilitas kandidat tersebut. tugas lainnya adalah membuat strategi kampanye dan menyusun komunikasi publik.
6. Analis Kebijakan Politik
Lowongan kerja S1 ilmu politik selanjutnya adalah sebagai analis kebijakan politik. Seperti yang diketahui jika saat kuliah mendapatkan materi tentang proses menghasilkan kebijakan politik. materi tersebut sangat berguna untuk menjadi seorang analis kebijakan politik. Selain itu bekerja sebagai analis kebijakan politik juga diwajibkan untuk memiliki pemikiran kritis diimbangi dengan kemampuan komunikasi yang baik.
7. Bekerja sebagai Peneliti

source : Blog.freelance.com

Ketika bekerja menjadi peneliti survei maka memiliki tugas untuk membuat dan melakukan survei penelitian. Survei yang didesain bisa digunakan untuk mengumpulkan berbagai informasi faktual. Kemudian data yang diperoleh dari survei akan dianalisis. Alumni ilmu politik juga akan sangat sesuai dengan pekerjaan ini karena selama proses perkuliahan berlangsung telah dibekali dengan kemampuan untuk berpikir kritis dan mengolah informasi yang diperoleh dari data secara faktual.
8. Dosen Ilmu Politik
Lulusan ilmu politik juga bisa melamar atau mendaftar untuk menjadi seorang dosen. Sebelum melamar menjadi dosen terlebih dahulu harus melanjutkan studi ke jenjang S2 dengan jurusan linier. Karena memang untuk menjadi dosen diharuskan minimal lulus S2.

Itulah informasi mengenai lowongan kerja S1 Ilmu Politik. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal jurusan ilmu politik? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.



No comments

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^