Ketahui Tujuan Memiliki Sertifikat Nikah Dari KUA Bagi Calon Pengantin

source : Vitalrecordsonline.com


Setiap calon pengantin yang merencanakan  pernikahan tentu akan sangat antusias dalam mempersiapkannya, mengingat ini merupakan momen sakral sekali seumur hidup. Mulai dari mencari vendor, wedding organizer, photographer dan sebagainya. Mempersiapkan hal-hal tersebut tidak masalah asalkan tidak lupa untuk mengurus administrasi yang dibutuhkan.  Ada banyak syarat yang harus dipersiapkan salah satunya adalah
sertifikat nikah dari KUA. Namun sebenarnya, apa tujuan dari memiliki sertifikat ini sebelum melangsungkan pernikahan?


Apa Itu Sertifikat Nikah?

source : Radarcirebon.com

Sertifikat nikah  merupakan salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi oleh calon pengantin.  Tujuan dari sertifikat nikah ini supaya calon pengantin benar-benar siap mengarungi rumah tangga. Untuk bisa mendapatkannya calon pengantin harus mengikuti kursus atau pelatihan selama 3 bulan.

Materi yang diberikan selama pelatihan tersebut adalah kesehatan alat reproduksi, jenis penyakit berbahaya yang menyerang keluarga, dan juga cara menangani stunting. Setelah dinyatakan lulus dari pelatihan tersebut calon pengantin akan mendapatkan sertifikat nikah dari KUA.

Tujuan Memiliki Sertifikat Nikah dari KUA

1. Mempersiapkan Mental dan Fisik Calon Pengantin

source : Bridestory.com

Saat merencanakan suatu pernikahan berarti sudah siap menjalankan kehidupan rumah tangga. Akan tetapi mengarungi rumah tangga bukan sesuatu yang mudah. Perlu persiapan mental dan juga fisik. Selain itu, juga harus memiliki pengetahuan lebih mengenai kehidupan berumah tangga.

Memiliki pengetahuan yang cukup akan menjadikan sumber daya manusia Indonesia semakin unggul dan cerdas. rumah tangga atau bisa disebut dengan keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat dan negara. Seperti diketahui jika rumah tangga  berantakan berbanding lurus dengan bangsa yang juga berantakan, begitupun sebaliknya. Maka dari itu persiapan sangat penting sebelum mengarungi rumah tangga.

2. Mencegah Stunting

Stunting merupakan salah satu penyakit kronis yang disebabkan oleh kekurangan asupan gizi dalam jangka waktu lama. Pada umumnya asupan makanan yang diberikan tidak sesuai gizi yang dibutuhkan sehingga menyebabkan stunting ini. Stunting ini bisa menyerang sejak masih dalam masa kehamilan hingga anak berusia dua tahun.

Pemberian materi saat pelatihan dimaksudkan sebagai upaya untuk mencegah stunting sejak dini. Dimana stunting itu sendiri bisa dicegah sejak dalam masa kehamilan sampai anak berusia dua tahun. Selain itu, ketika stunting menyerang sudah tahu bagaimana cara untuk mengatasinya. Mulai dari pemberian makanan bergizi, rutin mengukur tinggi badan dan berat badan anak hingga imunisasi.

3. Mengetahui Penyakit Berbahaya

source : Futuready.com

Sebelum mendapatkan sertifikat nikah dari KUA, calon pengantin juga akan mendapatkan materi mengenai penyakit berbahaya yang bisa menyerang keluarga. Mulai dari yang menyerang anak-anak hingga orang dewasa. Adapun beberapa penyakit tersebut adalah hipertensi. diabetes, hemofilia, thalasemia, jantung, gangguan mental dan sebagainya.

Sedangkan penyakit berbahaya yang menyerang anak-anak adalah malaria, campak, diare, TBC, batuk rejan, tetanus dan sebagainya. Setelah mengetahui beberapa jenis penyakit berbahaya maka akan melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin

4. Mengurangi Angka Perceraian

Kurangnya pengetahuan pasangan suami istri akan kehidupan rumah tangga bisa menimbulkan masalah yang berakhir dengan perceraian. Permasalahan yang sering kali terjadi adalah ekonomi dan KDRT. Dimana sebelum menikah banyak pasangan yang tidak memikirkan kondisi finansial saat itu dan kedepannya.

Dengan diadakan pelatihan tersebut diharapkan pengetahuan akan pernikahan menjadi meningkat dan mengurangi angka perceraian dan KDRT. Sebenarnya sertifikat nikah dari KUA tidak hanya menjadi salah satu syarat pernikahan tetapi juga akan memberikan banyak pengetahuan tentang pernikahan.

5. Memperhatikan Kesehatan Alat Reproduksi

Salah satu materi yang diberikan saat pelatihan adalah tentang kesehatan alat reproduksi. Selama ini banyak orang berpikiran bahwa masalah kesehatan alat reproduksi hanya soal kehamilan dan kelahiran. Padahal lebih dari itu kesehatan alat reproduksi sangat penting untuk pria dan wanita dalam mempertahankan keturunan.

Kesehatan alat reproduksi pria dan wanita sama-sama dirancang untuk menghasilkan, melindungi dan mengangkut sel telur atau sperma. Dengan kesehatan alat reproduksi yang terjaga dengan baik maka akan menghasilkan keturunan yang berkualitas.

Bagi pasangan calon pengantin yang segera menikah diharuskan untuk memenuhi salah satu syarat seperti sertifikat nikah dari KUA.  Keberadaan sertifikat tersebut bukan hanya untuk syarat menikah tetapi juga mempersiapkan mental, fisik, reproduksi dan juga pengetahuan tentang pernikahan.

Itulah informasi mengenai sertifikat nikah dari KUA. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak tentang sertifikasi nikah ? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.




No comments

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^