Manfaat dari Colocation


Pict source : Pixabay


Apa itu colocation? Untuk penulisan yang baku dan benar dalam Bahasa Inggris, collocation adalah kata benda yang menggunakan huruf “I” ganda. Dalam ensiklopedia istilah collocation didefenisikan sebagai urutan kata-kata yang timbul bersama-sama lebih sering dari pada yang diperkirakan secara kebetulan. Dalam konteks ini, colocation menjadi salah satu urutan kata yang sudah lumrah didengar di industri data center.

Pengertian colocation itu sendiri adalah pilihan hosting untuk usaha kecil yang menginginkan fitur dari departemen TI besar secara gratis. Bagi perusahaan besar akan menggiring tim TI Profesional untuk mengelola dan merancang situs web mereka sendiri. Ada berbagai macam cara agar bisa menjalankan web sever tanpa koneksi internet.


Pengertian harafiah kata ini dalam dunia IT adalah sebagai penempatan mesin komputer atau server di lokasi pihak ketiga dan terkoneksi dengan jaringan distribusi atau bandwidth yang tersedia. Pilihan dalam menggunakan colocation data center merupakan kombinasi konteks biaya, kehandalan operasional dan keamanan. Dalam implementasinya, ada pendekatan praktis yang bisa digunakan yaitu pelanggan atau klien melakukan instalasi server secara mandiri di penyedian colocation dengan menggunakan tipe-tipe rak standar yang bisa dipilih. Alternatifnya, pelanggan atau klien sekaligus juga menyewa server dari operator jaringan di data center. Selain satu daya dan pendingin ruang server termasuk pendukung atau cadangannya yang sangat krusialdisediakan oleh perusahaan data center maja IP dan Bandwidth akan disediakan oleh perusahaan operator penyedia jaringan yang beroperasi di data center.

Apa itu colocation? Ini adalah sesuatu yang akan menempatkan mesin servermu di rak orang lain dengan berbagai bandwidth. Sebenarnya harganya lebih standar dari web hosting, tapi jumlahnya sebanding dengan bandwidth. Ada dua cara, pertama, ke lokasi penyediaan colocation dan menginstalnya di rak mereka. Kedua, kamu menyewa mesin server dari penyediaan colocation. Mungkin saja perusahaan memberikan IP, bandwidth, dan kekuatan server. Setelah itu berjalan, kamu bisa mengaksesnya seperti mengakses situs web pada penyediaan hosting, bedanya kamu memiliki perangkat keras.


Pict source : Pixabay

Apa saja manfaatnya menggunakan produk ini? Skema colocation memberikan kepada organisasi atau perusahaan komersil dan non komersil kapasitas fisik dan perangkat TI untuk memenuhi kebutuhan bisnis dan operasional dengan biaya yang lebih rendah atau murah. Ini merupakan bagian dari strategi bisnis dengan dukungan persyaratan teknis komputasi yang terbaik. Pergeseran paradigma ini terjadi seiring dengan kesadaran pelaku bisnis dan pelayanan publik bahwa pengoperasian server secara independen akan di lakukan oleh mereka yang menggunakan solusi colocation dengan semakin berkembangnya sistem berjejaring. Produk ini bisa berdampak pada pengurangan pengeluaran untuk operasional dan membuat fokus pada TI internal lebih banyak pada bisnis inti yang akan menolong pertumbuhan bisnis.

Bagaimana cara memaksimalkannya? Sebagai gambaran, colocation ini berhubungan dengan lokasi fisik dan lokasi insfratuktur yang berisi ruang server tersendiri, rack server, jaringan internet dan yang sedang trend, cloud computing. Semuanya ini merupakan Infrastructure as a service (IAAS) yang bisa didayagunakan oleh perusahaan sebagai penyewa. Dengan menggunakan fasilitas tersebut, perusahaan dan pemilik bisnis bisa mendapatkan tingkat pelayanan yang tersedia. Apabila membandingkan dukungan terhadap ruang server standar dengan solusinya, dalam pertimbangan yang ada akan terlihat jarak kualitatif dan kuantitatif antara keduanya dan dukungan tenaga ahli yang terkait dengannya. Apabila sesuai dengan kebutuhan, produk ini juga bisa menghadirkan solusi untuk cloud service dan managed service, sebagai antisipasi. Kamu dapat memesan produk ini di nexdatacenter.com.

No comments

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^