Daftar CPNS? Ketahui Jenis Sertifikat TOEFL yang Diakui untuk CPNS 2019

source : Terminaltoefl.com


Untuk menghadapi era industri dan teknologi 4.0, banyak hal yang harus dipersiapkan. Salah satunya adalah kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki. Saat ini, banyak instansi atau perusahaan yang menggunakan kemampuan bahasa Inggris sebagai salah satu persyaratan mereka. Termasuk program seleksi CPNS. Dalam pendaftaran CPNS sejumlah instansi akan mewajibkan calon pelamar melampirkan sertifikat kemampuan bahasa inggris atau TOEFL. Sertifikat tersebut harus di unggah atau di upload saat pendaftaran SSCN BKN. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua sertifikat TOEFL diakui. Lalu, apa saja jenis sertifikat TOEFL yang diakui untuk cpns?


Seputar TOEFL

source : Istockphoto.com

Test of English as a Foreign Language atau yang dikenal dengan nama tes TOEFL, merupakan tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris tanpa berkaitan langsung dengan proses belajar mengajar. TOEFL memiliki tiga jenis yaitu PBT, CBT dan IBT. Tes TOEFL ini mencangkup Listening Comprehension, Structure and Written Expression, Reading Comprehension, dan Test of Written English.

Setelah seseorang menyelesaikan tes TOEFL maka akan mendapatkan sertifikat. Ada banyak manfaat dari sertifikat TOEFL tersebut, seperti untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, mendaftar program beasiswa, untuk pendaftaran short course dan non-degree program di negara berbahasa inggris dan sebagainya. Selain itu, sertifikat TOEFL juga bermanfaat untuk daftar di CPNS 2019. Perlu dipahami jika  ada sertifikat TOEFL yang diakui untuk CPNS dan tidak, jadi harus lebih selektif dalam mendapatkannya.

5 Kementerian yang Mewajibkan Sertifikat TOEFL pada CPNS 2019

source : Genmuda.com

1. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

Pada CPNS 2019 kementerian ESDM membuka lowongan sebanyak 50 formasi, dimana pelamar diwajibkan untuk  melampirkan sertifikat TOEFL. Sertifikat TOEFL tersebut harus masih tetap berlaku kurang dari dua tahun setelah tanggal penerbitan. Adapun minimal skor untuk TOEFL 450, IELTS 4,5 dan TOEIC 410.

2. Kementerian PUPR

Para pelamar di kementerian PUPR juga diwajibkan untuk melampirkan sertifikat TOEFL. Sertifikat tersebut dikeluarkan paling lama satu tahun dari tanggal 25 November 2019 dan dikeluarkan oleh ETS (Educational Testing Service) dengan minimal skor TOEFL ITP 450, IBT 53 dan TOEIC 405.

3. Kementerian Komunikasi dan Informatika

Kementerian ini juga mewajibkan pelamar lulusan S1 dan S2 untuk melampirkan sertifikat TOEFL, berlaku untuk formasi umum, lulusan cumlaude atau penyandang disabilitas. Dengan ketentuan minimal skor untuk TOEFL ITP 450, IELTS  4 dan TOEIC 605.

4. Kementerian Perindustrian

Demi mempersiapkan diri menghadapi era 4.0 kementerian perindustrian juga tidak mau kalah dengan mensyaratkan TOEFL sebagai syarat wajib yang harus dilengkapi oleh pelamar. Bagi pelamar guru dan dosen TOEFL minimal 475, pelamar formasi untuk unit kerja minimal 500.

5. Kementerian Luar Negeri 

Seperti diketahui jika Kementerian Luar Negeri selalu berhubungan dengan negara lain, sehingga tidak mengherankan jika memberi syarat melampirkan sertifikat TOEFL. Standar minimal skor disesuaikan dengan jabatan yang dilamar.

Sertifikat TOEFL yang Diakui untuk CPNS 2019

source : Mahesainstitute.co.id


1. Education Testing Service (ETS)

Sertifikat TOEFL yang diakui untuk CPNS 2019 adalah dikeluarkan oleh Educational Testing Service. ETS ini merupakan layanan pendidikan yang muncul sejak tahun 1927 dan kantor pusat berada di Amerika Serikat. ETS setiap tahunnya menilai lebih dari 50 juta tes TOEFL, TOEIC, GRE dan praxis Series di lebih 180 negara di dunia, salah satunya di Indonesia.

2. International English Language Testing System (IELTS)

Sertifikat TOEFL yang diakui untuk CPNS selanjutnya adalah IELTS. Selain TOEFL ITP dan TOEIC, ada kementerian yang juga mensyaratkan IELTS, contohnya di Kementerian Komunikasi dan Informatika. IELTS itu sendiri merupakan tes kemampuan bahasa inggris dengan standar tertentu untuk tujuan bekerja atau belajar. Bahkan IELTS telah diakui oleh institusi-institusi pendidikan di Amerika serikat, Inggris dan sebagainya.

3. Balai Diklat Bahasa Lembaga Administrasi Negara

Selanjutnya dikeluarkan oleh Balai Diklat Bahasa Lembaga Administrasi Negara. Apabila membutuhkan sertifikat TOEFL untuk mengikuti pendaftaran CPNS, maka bisa mengikuti tes di tempat ini, terutama bagi yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya.

Tahun ini ada beberapa instansi Kementerian yang memberikan syarat wajib kepada pelamar untuk melampirkan sertifikat TOEFL dengan skor minimal tertentu. Bagi para pelamar membutuhkan sertifikat TOEFL yang diakui untuk CPNS bisa mendapatkannya melalui ketiga tempat di atas.

Itulah informasi mengenai sertifikat TOEFL yang diakui untuk CPNS. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal tes TOEFL? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.


No comments

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^