Jumlah Biaya untuk Membuat Paspor Anak Paling Update 2020

source : Comply365.com


Salah satu dokumen yang harus dipenuhi oleh setiap warga negara yang ingin pergi ke luar negeri adalah paspor. Tidak terkecuali dengan warga negara yang masih anak-anak. Pembuatan paspor untuk anak juga tidak terlalu memiliki perbedaan mencolok dengan pembuatan paspor dewasa. Lalu, berapa
jumlah biaya untuk membuat paspor anak di tahun 2020 ini?


Jenis-Jenis Paspor

source : Genpi.co

Sebelum mencari tahu jumlah biaya untuk membuat paspor anak. Terlebih dahulu akan membahas tentang jenis-jenis paspor. Berdasarkan fungsinya, paspor dibagi menjadi 3, yaitu:
1. Paspor Biasa
Jenis paspor yang satu ini seringkali digunakan oleh masyarakat. Paspor biasa memiliki sampul berwarna hijau dan biasanya digunakan untuk bepergian ke luar negeri. Paspor bersampul hijau ini dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan HAM. Paspor biasa terbagi menjadi 4 jenis, yaitu paspor biasa 24 halaman, paspor biasa 48 halaman, (e-passport) 24 halaman dan e-passport 48 halaman.
2. Paspor Kedinasan
Paspor kedinasan dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri dengan sampul berwarna biru. Paspor jenis ini dikeluarkan khusus untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan konsultan pemerintahan yang akan melakukan perjalanan dinas ke luar negeri. Pemohon untuk membuat sebuah paspor kedinasan wajib melampirkan surat kelulusan beasiswa atau letter of acceptance (LoA), SP Setneg, surat izin atas, guarantee letter dan sebagainya.
3. Paspor Diplomatik
Paspor diplomatik juga dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri dengan sampul berwarna hitam. Paspor ini dikeluarkan oleh Kemenlu bagi seseorang yang melakukan perjalanan diplomatik ke suatu negara. Paspor jenis ini memiliki perbedaan besar jika dibandingkan dengan paspor biasa dan kedinasan.
Prosedur Pembuatan paspor Anak

source : Tripsavvy.com

Adapun prosedur pembuatan paspor anak adalah:
       Menyerahkan berkas
       Mengisi data
       Menandatangani surat pernyataan orang tua
       Wawancara dan foto
       Membayar Biaya
Prosedur pembuatan paspor untuk anak sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang mencolok dengan paspor dewasa. Namun, titik berat perbedaan antara keduanya adalah adanya peran orang tua yang sangat dibutuhkan dalam pembuatan paspor anak. Saat permohonan pembuatan paspor anak, anak harus didampingi oleh orang tua. Pendampingan orang tua sangat dibutuhkan terutama pada saat sesi wawancara dan foto. Jika ingin membuat paspor elektronik maka akan ada pengambilan data biometrik yang dilakukan oleh petugas imigrasi. Setelah itu orang tua beri lembar pengambilan paspor. Kemudian dilanjutkan dengan membayar jumlah biaya untuk membuat paspor anak yang dibayarkan melalui bank.
Jumlah Biaya Membuat Paspor Anak
Perlu diketahui jika jumlah biaya untuk membuat paspor anak tidak memiliki perbedaan dengan pembuatan paspor orang dewasa. Jadi biaya yang harus dikeluarkan nominalnya sama. Berikut adalah jumlah biaya untuk membuat paspor anak di tahun 2020.
1. Biaya pembuatan paspor biasa 24 halaman untuk anak Rp155.000
2. Biaya pembuatan paspor biasa 48 halaman untuk anak Rp355.000
3. Biaya pembuatan paspor elektronik (e-passport) 24 halaman untuk anak Rp405.000
4. Biaya pembuatan paspor elektronik (e-passport) 48 halaman untuk anak Rp655.000
Penghitungan jumlah biaya membuat paspor anak disesuaikan dengan jenis paspor yang dibuat serta ditambah dengan biaya jasa biometrik sebesar Rp55.000. Jadi jika ingin membuat paspor biasa 48 halaman maka akan dikenakan biaya sebesar Rp405.000.
Cara Pembayaran Pembuatan Paspor Anak

source : Nicolebschmidt.com

Jumlah biaya untuk membuat paspor anak nantinya akan dibayarkan melalui bank yang telah ditunjuk oleh pihak imigrasi. Bank tersebut misalnya BCA, BRI, BNI, mandiri dan sebagainya. Cara pembayarannya bisa melalui ATM ataupun transfer bank. Apabila memilih untuk membayar melalui transfer bank, jangan lupa untuk meminta bukti permohonan paspor anak dari petugas. Sedangkan jika memilih membayar melalui ATM, langsung saja memasukkan kode pembayaran yang diberikan pada saat melakukan permohonan pembuatan paspor anak.
Jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayaran karena nanti akan digunakan untuk mengambil paspor anak yang telah jadi. Selain membawa bukti pembayaran, ketika mengambil paspor anak juga membawa dokumen lainnya, seperti kartu identitas dan lembar pengambilan paspor anak (bukti telah melakukan wawancara dan foto).

Itulah informasi mengenai jumlah biaya untuk membuat paspor anak. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal paspor anak? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.





No comments

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^