#CobaLagi

Job Review Bagi Blogger Pemula

Senin, Maret 09, 2015




Haloo, Juli 2015 ini nanti, tepat 2 tahun usia ngeblogku. 2 tahun? Yeps, masih baruuuu .. masih bau kencur campur bau bawang putih plus cabe rawit, jadi lotek deh *lah

Dulu, awal ngeblog, aku sama sekali nggak mikir macem-macem. Bikin blog sekedar buat syarat ikutan kuis & giveaway di Facebook & Twitter. Ndilalaa, sekali dua kali kesasar ikutan event nulis di blog, aku malah ketagihan. Enak sih, bisa nulis suka-suka, bisa dapet temen & ilmu macem-macem, juga bisa narsis dan eksis dong. Yaiya namanya juga di blog sendiri.

Seiring berjalannya waktu, aku jadi makin tau kalo ngeblog nggak hanya sekedar kegiatan suka-suka. Aktivitas yang menyenangkan ini pun bisa bikin kita mendapatkan pundi-pundi rupiah. Hayoo, siapa sih yang nggak tertarik kalo udah ngomongin soal DU-IT?

Caranya gimana dong biar bisa dapet duit hanya dengan sekedar modal 10 jari plus keyboard? Macem-macem, ada yang ikutan lomba blog berhadiah jutaan rupiah, ada yang ditawarin masang iklan, ada juga yang ditawarin membuat tulisan mengenai suatu produk, tempat, event atau lainnya, bahasa kerennya adalah JOB REVIEW.

Omong-omong soal job review, beberapa waktu lalu aku pernah mendapat tawaran dari salah satu situs penjualan pakaian online. Woohh, girangnya bukan kepalang. Namanya juga perdana, yang perdana perdana emang pinter banget bikin bahagia yang bahagia banget. 


Tawaran job review



Aku hanya diminta menulis artikel pendek buat mempromosikan salah satu merk pakaian yang dijual di situs itu, tentunya dilengkapi foto-foto produk. Imbalannya? Aku dapat voucher belanja senilai Rp 100.000,- yang hanya bisa digunakan berbelanja di situs mereka.
Aku mengiyakan tawaran mereka?

Iyaa .. rasanya udah kece banget nulis artikel nggak nyampe selembar terus dapet 100 ribu. Yaaahh walaupun pada saat belanja online di sana, aku harus nambah 100 ribu lagi buat ngedapetin jam warna gold yang emang lagi aku cari-cari.

Hasil dari menreima job review



Dan kamu tau, selang beberapa hari kemudian dari kejadian job review itu, di grup blogger yang aku ikuti, ada percakapan yang bikin aku nyengir sekaligus iri. Kurang lebih isi percakapannya seperti ini (sapaan “jeng” hanya fiktif yess!),

“Jeng, aku dapet tawaran job review dari situs anu, bayarannya 100 rb berupa voucher belanja, kira-kira gimana? Terima nggak?

Aku langsung bersemangat scroll kolom komentar, maklum, tawaran job reviewnya sama persis kayak yang aku alami. Dari sekian banyak komentar-komentar di sana, kesemuanya bisa dibagi menjadi 3 kategori,

Komentar pertama

“Aku kemarin pernah juga ditawarin jeng, dari situs yang sama kayak dirimu. Yah aku terima aja, soalnya blogku belum cakep-cakep amat.”

Komentar kedua

“Aku kemarin minta tarifnya dinaikin jeng, jadi 150 rb, eh malah disetujuin :D”
Komentar ketiga

“Kalo aku nggak terima jeng, paling kecil tarif reviewnya ya 500an rb, kadang juga jutaan kalo si penawar review pengen dibikinin review yang detail dan cakep.”


Baca komentar yang terakhir, aku langsung ngiler. JUTAAN men, cuma sekedar nulis 2-3 halaman, masukin foto-foto, terus publish. Ckckckck.. siuuss, aku mending jadi blogger nyambi siaran aja deh, ketimbang jadi guru berstatus PNS. Mhahahaa

Eh beneran loh, aku malah berencana jadai blogger sampai tua. Kan enak tuh, tinggal nulis, promosi, eh dapet hadiah atau duit yang bisa dipake buat beli perlengkapan rumah. Kan bisa bantu-bantu suami masa depan menuhin kebutuhan keluarga tanpa harus ninggalin rumah.
 
Duduk manis depan layar, eh dapet duit :p


Terus, nyesel pernah nerima tawaran job review dengan tarif 100 rb saja? Nggak tuh, namanya juga perdana dan aku juga sadar diri kalo blog aku berikut isi-isinya belum kece, sama sekali belum. Tapi aku mau juga dongg di lain waktu dapat tawaran job review dengan tarif gede. Kira-kira caranya gimana?

Kalo punya pertanyaan yang nggak bisa kamu jawab, daripada nanya temen dan beresiko diketawain, mending nanya sama google. Google mah baik hati, nggak pernah tega ngebully mau sedudul apa pertanyaan kamu. hhehe

Dari hasil nyungsep-nyungsep di google, aku nemu beberapa tips yang menurut aku pas buat diterapin para blogger pemula buat naikin daya jual blognya di bidang review-review.
Tips bagi blogger pemula agar kebanjiran tawaran job review ala Intan :

1) Buat blog berkategori khusus.

Dulu, blogku hanya ada satu, berdomain blogspot, taglinenya Warna Warni Cerita Hati. Serupa kayak taglinenya, isi di dalemnya beneran warna warni alias campur baur wkwkw.. ada tulisan tentang kuliner, review buku, kontes blog hingga curhatan sesat.

Lalu seiring berjalannya waktu, aku mulai malu sendiri kalo curhatan-curhatanku di blog jadi konsumsi publik *duileee.. akhirnya, aku bikin 2 blog lagi, masih dengan domain blogspot, 1 adalah blog khusus lomba blog, giveaway ataupun info kuis, dan satunya lagi adalah blog buku yang jarang diupdate. Hihiiii ..

Yang sering dilirik malah blog untuk lomba ini, mungkin karena paling sering diupdate yess. Aku juga ngerasa kalo masih susah berlaku adil terhadap blog-blog yang aku punya, maunya nulis kalo ada lomba thok.


 
Blog-blog unyu :))


Ke depannya, pengen konsekuen nulis di ketiga-tiga blog. Untuk blog lomba pengen update sesering mungkin (frekuensi sering versi aku yaah sekitar 4 tulisan tiap minggu). Untuk blog yang awalnya nano-nano pengen dikhususin aja buat travelling dan kuliner, karena aku jarang travelling paling nanti isinya kebanyakan soal makanan & tempat-tempat nongkrong di Bengkulu aja. Next blog buku, punya rencana buat update minimal seminggu sekali, kan kalo postingannya udah banyak bisa gabung di komunitas blog buku, siapa tau dapet buku-buku gratis dari penulis yang minta direview kan? :D

2) Blog harus ramai pengunjung

Dulu, aku termasuk blogger yang malesan buat share tulisan di sosial media, alesannya sih macem-macem, nggak pedelah, berasa alaylah. Eh tapi lihat teman-teman sesama blogger yang rajin share-share link tulisan,  komentar yang berdatangan dipostingannya banyak loh. Siusss..

Soal blogwalking, aku termasuk rajin, nyaris tiap hari baca-baca tulisan teman-teman blogger yang aku ikuti blognya. Tapi, kalo urusan ninggalin komentar, deuuhh aku pelit banget. Sadar kalo makin hari yang ninggalin komentar di postingan aku makin menciut, aku beburu intropeksi diri dan mulai berkomentar dengan sepenuh hati. Ciaaahh, iya dong, hal sekecil apapun emang harus dilakukan dengan full, nggak setengah-setengah *bukan iklan

3) Masuk komunitas blogger

Ini juga nggak kalah penting. Orang bilang, “teman adalah pembuka pintu rezeki”. Benerrr.. nah di komunitas blogger, kali aja kamu bisa dapet info seputaran job review. Tapi sebenernya, hal paling dahsyat saat masuk komunitas blogger adalah semangat blogging yang membara. Laiyaa, malu-malu dong kalo nelantarin blog, sedangkan tulisan orang makin hari makin kece.

Jadi jangan ragu buat gabung ke komunitas blogger yaa.

4) Mendaftarkan blog untuk mendapatkan penawaran job review via broker

Ada macam-macam broker yang bisa kamu coba, diantaranya Sponsored Reviews (SR), Blogsvertise, ReviewMe & LinkWorth. Kelebihan menggunakan broker adalah kamu nggak perlu nyari pengiklan atau pihak yang butuh jasa review. Tapi kelemahannya adalah pembayaran review kamu akan dipotong 30 – 50 %.

5) Rajin mengupdate tulisan terutama menulis review

Nah, ini adalah faktor yang paling-paling-paling penting. Rajin-rajin aja nulis review tentang apapun yang kamu baca, pakai, datangi (meski belum ada yang bayar). Hitung-hitung latihan nulis review, selain promosi tulisan juga dong. Siapa tau gegara baca tulisan kamu, ada pihak yang tertarik buat ditulisin review.
 
Keep writing, keep blogging :))


Yess, sekian tips dari aku, semoga ada satu dua tips yang bisa dan mudah diterapkan, lalu kamu kebanjiran job review deh. Aamiin :))








“Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog “Blogger dan Job Review” oleh Petrus Andre yang didukung oleh Ajeng Angelina dan Elisa Fariesta.”


(Intan Novriza Kamala Sari, EMAIL : intankamala@gmail.com, FACEBOOK : Intan Novriza Kamala Sari, alamat FACEBOOK : https://www.facebook.com/Inokari, TWITTER : @inokari_, alamat TWITTER : https://twitter.com/Inokari_. INSTAGRAM : @inokari_)

You Might Also Like

30 komentar

  1. Wah, aku juga pernah dapat email dari Z itu dek. Tapi karena respon ku lama, 5 hari baru tahu kalau ada email itu jadi kabur deh tuh Z. Hehehhee.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ngecek email nyaris tiap hari kak. heheee
      Waktu dapet tawaran itu, rasanya wooohh giraaang :D

      Hapus
  2. Banyak juga ya yang dapet job review dari situs belanja fashion itu.. Hehe
    Aku juga dapet, tapi aku tawar. Dianya mau. Mayan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya kemarin aku tawar juga yaaa hihiii :D

      Hapus
  3. Baru mampir udah suka sama tulisannya :)

    www.fikrimaulanaa.com

    BalasHapus
  4. Wah benar dugaan saya. Review itu bisa medatangkan manfaat yang besar.
    Saya pengen bikin review, tapi saya masih bingung dengan aturan2 review dan gaya bahasa review. Ada tips kah? :o

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kayak nulis postingan biasa, meski (ujung-ujungnya) promo tapi gaboleh alay. hehee :D

      Hapus
  5. bikin iri ya. jadi semangat ngeblog.
    mampir ya https://aksarasenandika.wordpress.com/2015/03/09/surat-kangen-haji-lulung-untuk-bang-foke/

    BalasHapus
  6. Intan bisa lho blognya dibikin khusus traveling dengan domain sendiri. Nanti dimasukin juga postingan wisata kulinernya. Pasti banyak yang view karena nichenya khusus. Ubek2 aja tempat wisata di kotamu. Update selama 6-12 bulan nonstop. Insya Allah nanti menghasilkan. Semangat ya. ♥

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kok keren idenya non Ila cantik, mbak mau deh :)

      Hapus
    2. Ide kak Ila cakep. Insya Allah semangat. Kak Ila juga yaa :D

      Hapus
  7. makasih nih tipsnya . berguna banget hehe

    BalasHapus
  8. Wah kayaknya keren nih. Bookmark ah...

    BalasHapus
  9. aku pernah dapat, job review dari perusahaan jasa penyediaan kantor. emang minimal 500 an ribu sih

    BalasHapus
  10. Asli keren gilak. Udah cantik, muda, keren lagi.

    Sayangnya gak jomblo.

    Sial!

    BalasHapus
  11. Gabung donk di Ad Network.. kamu bisa dapet kesempatan buat review dengan nominal dari ratusan ribu sm jutaan disana ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. waahhh gede banget kak Empie :D
      Mauu mauuu mauuu

      Hapus
  12. Masih muda, caem n piawai pula ngerjain job review. Semangat ngeblog ya non :)

    BalasHapus
  13. waah pinter donk..aq kapan ya dpt job review xixixixixi

    BalasHapus
  14. Awalnya pocer 100 ribu ntar jadi 100 juta hehehe, jadi guru juga mulia loh, ngeblog sambil ngajar kan keren tuuh hehe

    BalasHapus
  15. Wih lumayan ya feenya 100rb hehe :D semoga aja bisa dapat terus mbak :D

    BalasHapus

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^

Fanspage Intan

Update via Email



Blogger Bengkulu

KEB

Warung Blogger

Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan