#CobaLagi

Tips agar Tidur Lebih Nyenyak

Senin, Maret 16, 2015




Menurutku, selain makan, tidur adalah salah satu kebutuhan mutlak manusia yang tidak boleh dipandang remeh, apalagi diabaikan. Banyak sekali peneliti yang menginfokan bahaya-bahaya yang ditimbulkan jika seringkali mengabaikan kebutuhan tidur. Seperti daya ingat menurun, jadi gampang marah dan lebih sensitif, kulit wajah yang terlihat kuyu, juga melemahnya sistem imun sehingga tubuh jadi lebih gampang diserang rupa-rupa penyakit. 

Sejak kecil hingga sekitar 3 tahunan lalu, aku dibiasakan dan belajar membiasakan diri untuk tidur dengan jadwal yang teratur. Tidur pukul 21.00 WIB, lalu bangun pukul 05.00 wib, 8 jam sehari, belum ditambah 1 jam tidur siang. Teratur sekali.

Seiring bertambahnya usia yang juga menyebabkan bertambahnya kebutuhan, aku memangkas jatah tidur. Masih sih tidur pukul 21.00 wib, namun bangunnya dipercepat. Kadang pukul 04.00, kadang pukul 03.00, namun tak jarang pukul 03.00 bahkan pukul 01.00 wib.

Puncaknya adalah saat aku diterima bekerja di radio negeri di kota ini, RRI, yang jadwal siarannya adalah pukul 04.55 – 24.00 wib. Harus ngerasain dinas malam juga dong (19.00-24.00), terang saja tubuh syok berat. Ditambah lagi, aku masih belum bisa mengulur jam bangun tidur karena deadline lomba menulis kerap membangunkanku pagi-pagi sekali.

Efeknya bisa ditebak, jatuh sakit, nggak bisa siaran, nggak bisa nulis. Deuu!


Sakit karena kecapaian

Tapi gimana dong, aku nggak mungkin juga nyenyak berlama-lama tidur, sedang aku harus mati-matian bagi waktu untuk menyelesaikan kuliah, mengurus kerja, dan terus belajar menulis (ini kebutuhan batin, hehe). Lagipula susah kalo harus selamanya jam tidur kaku seperti sebelumnya, bagaimana nanti kalau aku sudah menikah, punya anak yang hobi merengek minta susu ketika tengah malam? Atau suami yang merengek minta dibuatkan secangkir kopi hitam panas untuk menemaninya menulis lagu? *ini-bukan-kode-kok-hehe*

Lalu tibalah aku pada suatu kesimpulan yang menghibur dan nggak sepenuhnya salah: yang penting bukan kuantitas jam tidur, melainkan kualitasnya. Percuma tidur lama, tapi sebenarnya otak dan hati resah karena terbayang-bayang pekerjaan yang belum sempat diselesaikan. Betul kan? Jadi mending tidur sebentar, tapi berkualitas, benar-benar nyenyak. Sehingga saat bangun, bukan rasa nyeri di kepala yang didapat. Melainkan rasa segar yang melegakan.

Menurut pengalaman pribadiku, ada beberapa tips yang dapat diterapkan agar tidur lebih nyenyak.

1) Jauhkan gadget. Bener deh, main gadget, entah itu sekedar blusukan di bermacam sosial media, atau ngegame bakal bikin susah tidur. Kalopun akhirnya tertidur karena kecapaian, tidurnya pasti susah nyenyak karena masih kebayang serunya sosmed atau game. Jadi, lebih baik ganti gadget dengan buku bacaan ringan yang memotivasi dan menginspirasi. Perasaan jadi adem, tidur pun akan lebih nyenyak

2) Gosok gigi, cuci wajah, cuci kaki, buang air kecil adalah ritual wajib sebelum tidur. Kebayang kan kalo tidur dengan wajah lengket terkena debu? Kaki kotor? Aroma nafas nggak sedap? Terus sibuk nahan buang air kecil.. apa bisa nyenyak?

3) Hindari makanan yang terlalu pedas, manis, asem, asin, sebelum tidur. Kalo perut tetiba mules, apa bisa tidur nyenyak hayo? Lebih baik minum susu hangat yang (kalo bisa) rasanya tawar. Dijamin deh, badan lebih nyaman, dan siap diajak berpetualang di alam mimpi.

4) Gunakan energi maksimal sepanjang hari. Tidur yang nyenyak adalah buah dari lelahnya tubuh yang butuh istirahat. Semakin lelah beraktivitas, semakin nikmat rasanya saat istirahat. So, benar-benar manfaatkan waktu untuk bekerja, bermain, belajar dengan semaksimal mungkin, biar malamnya lelah, terus bisa tidur dengan mudah.

Cuma itu aja?

Nggak lah. Last but not the least. Siuss, ini malah penting banget: mosquitos killer alias obat nyamuk.  Lah iya, mau seruwet dan sekomplit apapun ritual sebelum tidur, ehtapi ada dengungan nyamuk di telinga, atau bahkan rasa gatal di sekujur tubuh karena gigitan sadis nyamuk, mustahil dong bisa tidur nyenyak.

Dari kecil hingga sekarang, aku dan keluarga setia menggunakan produk obat nyamuk dengan merk legendaris, BAYGON. Wajar, produk berkualitas ini hadir di indonesia 1978 (baca sejarahnya), nah bandingkan sama tahun lahirku yang baru brojol di penghujung 1993an.

Sejak bocah udah akrab banget sama kalimat ibu, ayah atau nenek “Intan, tolong ke warung dulu ya, beli baygon.” Sampai kini kata baygon selalu menggantikan kata obat nyamuk secara keseluruhan. Kami emang nggak pernah ganti merk, udah sejiwa, buat apa mendua coba? *tsah

Inget banget, produk yang kami pake zaman itu adalah produk legendaris baygon: obat nyamuk bakar yang warna bungkusnya hijau-merah. Harganya ekonomis, kualitasnya juga nggak diragukan. Ampuh.


Namun seiring waktu, dengan semakin banyaknya varian yang dikeluarkan baygon, kami ingin mencoba varian baygon yang baru: baygon semprot. Wahh, ternyata makin kece dan handal membasmi nyamuk, bebas asap pula. Terbukti, baygon melindungi keluarga dari gigitan nyamuk.


Sejak kuliah dan tinggal sendiri di kost, aku pun masih menggunakan produk baygon, tapi lebih memilih varian Baygon Electric Mat. Praktis, terjangkau dan benar-benar bikin nyamuk nggak betah hidup di bumi lebih lama.




Ada lagi loh varian baygon lainnya, yaitu Baygon Liquid Electric. Sejujurnya, aku belum nyobain varian yang ini, masih puas banget pake Baygon Electric Mat. Ehtapi, lihat video di bawah ini, jadi pengen nyobain deh. Soalnya unik, ada teknologi smart chipnya. Wuihh baygon makin canggih!

Coba deh perhatiin video di bawah ini:


Ohya, jangan khawatir dengan racun yang dikabarkan ada dalam setiap obat nyamuk. Selama penggunaannya tepat, bakal baik-baik aja kok. Lagian, baygon yang udah terkenal di seantero negeri ini ngggak mungkin mau mempertaruhkan nama besarnya dengan memasarkan produk abal-abal. Tul gak?

Terimakasih ya baygon, berkat kamu, kami semua bisa tidur nyenyak, tanpa takut dirusuhin nyamuk-nyamuk :))

You Might Also Like

3 komentar

  1. Kalau di tempatku Baygon malah nggak mempan dek. Nyamuknya masih banyak :(

    BalasHapus
  2. Di tempatku malah nyamuknya jijik sama aku. Jadi gak tau kemana larinya dia Wk

    BalasHapus
  3. waaah iya ,, obat nyamuk itu penting .. dan saya harus nyikat gigi sebelum tidur :)

    BalasHapus

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^

Fanspage Intan

Update via Email



Blogger Bengkulu

KEB

Warung Blogger

Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan