Culinary

#DapurNgebul : Lepek Pisang dan Penyaram

Minggu, Maret 06, 2016



Assalamualaikum ..

Halo halo.

Kenapa di edisi #DapurNgebul hari ini ada 2 jenis kudapan yang digabung jadi 1 postingan? Karenaaaaaa .. ternyata adonannya sama. Haha.

Beneran baru tau kalo ternyata untuk bikin Lepek Pisang, prosesnya sama kek bikin Penyaram. Bedanya, si Penyaram cukup diuwel-uwel lalu digoreng. Sedangkan untuk Lepek Pisang, diuwel-uwel dulu terus dimasukin ke dalam daun pisang, terus dikukus.

Yah sama lah kek aku yang baru tau kalo untuk bikin 3 sup berbeda, ternyata cukup tau satu jenis bumbu aja. *lah, baru bisa bikin sup ternyata? *ditendang dari jejeran calon bini nyahahaha.

Lepek Pisang

Jadi ceritanya, dari kecil aku udah sukaaaa banget sama si Lepek Pisang ini. Rasanya krunyel-krunyel manis. Dimakan pas masih hangat enak, udah dingin makin enak, dimasukin ke kulkas pun enak. Jadi intinya enak enak enak. :p

Nah, tapi jaraaaang nih aku bisa makan Lepek Pisang, soalnya keluarga lebih suka bikin Lepek Ubi ato Lepek Binti (yang pake isian kelapa sama gula merah itu). Jadi cuma bisa ngiler-ngiler doang kalo lagi pengen Lepek Pisang. Mau beli pun kemana coba? Banyaknya ya Lepek Binti itu, kudapan ngehits Bengkulu.

Hih. Ternyataaa .. bikin Lepek Pisang ini gampang poooll!

Bahan :

-Satu sisir Pisang (aku pake pisang kecil-kecil manis tanpa biji, ga tau namanya. Yang jelas harganya murah. 5ribu doang dah dapet 1 kresek tumpeh-tumpeh)

-Tepung gandum 

Cara membuat :

-Kupas pisang, terus ditumbuk (pake gelas juga dah alus)

-Masukin tepung ke dalam pisang tumbuk. Uleni.

-Masukkan ke dalam daun, lipat.

-Kukus.

Udah.

Bentuknya kek gini. Ini nih baru mateng, masih panas. Kalo udah dingin, serat-serat pisangnya bakal kelihatan, jadi warnanya lebih cantik.



Nyam nyam.

Penyaram

Nah, kalo kudapan yang satu ini udah sering banget aku bikin. Anti gagal. Haha. Terus lebih seneng bikin sendiri dong, soalnya kalo beli, yamasa dikasih pemanis buatan. Huhu. Enakan bikin sendiri, gampaaaang. Pisangnya lebih kerasa dan lebih terjaga kebersihannya.

Cara bikinnya sama kek cara bikin Lepek ya, tapi Penyaram (versi Padang Guci) aka Godok godok (versi Bengkulu) ini digoreng, bukan dikukus.





Btw, kalo dipanggang, adonannya ini jadi enak ga ya?

Kali aja bakal jadi kudapan enak juga :D

You Might Also Like

9 komentar

  1. wow.. ngiler.. favorit saya semua.

    BalasHapus
  2. pisang kecil-kecil itu cau muli bukan ya? :D

    BalasHapus
  3. kok gw di jakarta gak pernah nemu lepek pisang yak.. apa emang gak ada yg bikin disininya, padahal enak kalo dimakan musim hujan

    BalasHapus
  4. kok gw di jakarta gak pernah nemu lepek pisang yak.. apa emang gak ada yg bikin disininya, padahal enak kalo dimakan musim hujan

    BalasHapus
  5. oh begitu baru tahu, mudah ya bikinnya

    BalasHapus
  6. Pingin nyoba yang dikukus, cuma agak susah nih cari daun pisangnya hiks.

    BalasHapus
  7. Wah, kalau ini mah kue nya orang Bengkulu betoll

    BalasHapus
  8. Aku lebih suka yg pake bungkus mbak Ntan.. ga ada minyaknya hehe

    BalasHapus

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^

Fanspage Intan

Update via Email



Blogger Bengkulu

KEB

Warung Blogger

Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan