Sosok

Belajar Konsisten Ngeblog dari Asri Rahayu, Blogger Buku dari Jogja

Sabtu, November 19, 2016



Kamu istimewa seperti Jogja .. Jogjakarta

Kamu amat manis seperti gudegnya

Seanggun keratonnya

Seindah pantainya

Secantik candinya


(Jogja Love Story – V1MAST)



Asri Rahayu. Nama blogger buku satu ini langsung membawa imajinasiku terbang ke Jogja, menikmati buku-buku bergenre romantis sekaligus menepis baper sambil ngunyah wafer. Halah. Let me tell you, awal kenalan sama kakak blogger satu ini nggak lain nggak bukan karena kami sering terlibat project blogtour bareng. Udah berapa kali sih ya? jangan-jangan sudah berbelas blogtour yang mempertemukan kami sebagai host?

Udah tau blogtour belum?

Itu loh, media promosi buku-buku baru yang belum lama dilaunching. Semacam tour di dunia maya gitu. Sarana praktis dan efisien untuk mempromosikan buku ketimbang harus menggelar tour ke toko buku – toko buku du dunia nyata. Biasanya yang membuat sebuah blogtour menjadi semarak karena ada giveaway berhadiah buku yang terselip dalam pelaksanaan blogtour. Kadang malah ditambah merchandise eksklusif dari penulis atau penerbit. Asyik kan? Mana lah sudah dapat baca buku kece langsung dari penulis atau penerbit secara gratis, bisa tambah-tambah followers media sosial pula karena disponsori untuk menyelelenggarakan giveaway. Jadi blogger buku memang rasanya sedap-sedap nyoi!




Dikenal di ranah maya sebagai Princess Asri, pemilik Scrap Book & Peek a Book

Awal kenalan, aku sama sekali nggak nyangka kalo usia kami terpaut cukup jauh. Kirain seumuran loh. Haha. Habisnya, image yang kak Asri tunjukkan di ranah maya begitu fresh dan kekinian. Abg banget! Nggak heran kalo dulu pas ngisi salah satu rubrik andalan Scrap Book milik kak Asri, yaitu ‘ngobrol bareng’, aku manggilnya Asri - Asri aja. Atau malah pake Pincess Pincess aja. Haduh. *Sungkem dulu.

Baca juga : Intan Ketimpuk Buku 

Omong-omong, kata kak Asri, kenapa branding yang ia angkat di ranah maya menggunakan embel-embel ‘Princess’? Awalnya ia terinspirasi dari ‘princess’ di negeri dongeng alias disney. Kak Asri ini suka sekali dengan kisah-kisah para princess itu loh. Dan ujung-ujungnya malah jadi branding yang unyu. Dan kak Asri konsisten menggunakan branding tersebut, di blog pake princess, di media sosial pun mengikuti, ada embel-embel princess.

X : “Kamu kenal sama Asri?”

Y : “Asri mana?”

X : “Itu loh, Princess Asri.”

Y : “Oh kenal kenal. Yang punya Scrap Book sama Peek a Book kan?”

Kira-kira begitu lah branding seorang Asri Rahayu di dunia maya.  


Perjalanan ngeblog dimulai sejak tahun 2011

Yap. Kak Asri memang bukan blogger kemarin sore. Ia yang juga berstatus sebagai Outsourcing di sebuah perusahaan di kota Jogja ini membangun My Scrap Book sebagai diary online sejak tahun 2011. Di My Scrapbook, ada rubrik andalan yang konsisten tayang, yaitu Ngobrol Bareng dan Guest Post. Sebenarnya ada juga project menulis colab bareng aku dan Afifah, yaitu Rabu Merindu juga Tastylicious. Tapi nulis colab yang kami lakukan baru sanggup bertahan beberapa bulan saja karena faktor kesibukan yang belum bisa diajak kompromi. Tapi nanti bisa dilanjut lagi kan ya, Kak? *kedipin kak Asri

Sepak terjang kak Asri nggak hanya sebatas menjadikan  blog sebagai tempat curcol suka-suka atau sekedar wadah buat nampung job review saja. My Scrap Book yang menjadikan kak Asri sebagai lifestyle blogger sudah sering mendapatkan tawaran kerjasama dari brand baik berupa content placement maupun job review. Punya hobi yang dibayar, siapa sih yang ga mau?


Blogger buku hits yang sering jadi host blogtour

Kak Asri juga punya 1 blog khusus buku yang akrab disebut Peek a Book. Di blog ini pun, kak Asri juga membuat rubrik khusus yakni Selasa Bercerita, project colab bersama aku, Afifah dan Putri. Project ini bertujuan memberi warna bagi blog buku kami agar isinya nggak hanya review buku lagi – review buku lagi, namun juga menayangkan banyak cerita di balik buku-buku, proses mendapatkannya, cover kesukaan, dll.

Blogger Jogja hits satu ini juga yang menggawangi lahirnya project Giveaway Free Care Day, giveaway kolaborasi yang hadiahnya berupa buku-buku dari rak buku pribadi. Prinsipnya, meski semua pencinta buku menyukai aktivitas menimbun buku sampai luber-luber keluar rak, namun lebih wise rasanya jika selain menimbun, kita juga mau mengeluarkan buku yang bisa memberi inspirasi untuk pembaca baru. Menariknya, selalu ada tema khusus untuk giveaway bulanan ini, misalnya tentang ‘cinta terlarang’, maka di bulan tertentu yang telah ditetapkan akan membagikan buku-buku dengan tema cinta terlarang. Begi pun jika tema giveawaynya adalah buku bercover biru, maka para host akan kompak mengeluarkan buku bercover biru untuk diteruskan kepada yang berminat membaca.

Yang bikin aku salut 45 dengan seorang Asri Rahayu, dia konsisten ngeblog, juga konsisten saat menjadi host giveaway. Sampai sekarang giveaway-giveaway berhadiah buku nggak pernah luput hadir di blog buku kak Asri. Itu artinya, banyak penerbit dan penulis yang sudah mempercayakan buku-buku mereka untuk dipromosikan oleh pemilik Peek a Book ini.

Mau kenalan sama kak Asri Rahayu MS?

Blog lifestyle : www.asrirahayu.com


Twitter : @princessashr

IG : @princessashr 



You Might Also Like

4 komentar

  1. Kiatnya bisa ditiru. :) Paling susah itu memang konsisten itu, ya? :)

    BalasHapus
  2. salam kenal ya mba asri..dari Bengkulu

    BalasHapus
  3. Kalian sepertinya sudah puluhan kali yaa jadi host blogtour. Soalnya diriku beberapa kali liat wkwkwkwkwk. Ah, jadi pengen ikutan GA lagi :p

    BalasHapus
  4. Bagus kali tulisan2nya mbak.. Jadi makin semangat aja ngeblognya nih. Salam kenal aja mbak...

    BalasHapus

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^

Fanspage Intan

Update via Email



Blogger Bengkulu

KEB

Warung Blogger

Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan