Culinary

Tastylicious #3 Ikan Pais Kelaponyo Mudo – Khas Bengkulu

Senin, Juni 06, 2016






Haiii..

Selamat hari minggu senin. Selamat jumpa di Tastylicious edisi ketiga. Kali ini aku dan duo kece, kak Princess Asri & Afifah mau bahas seputar kuliner khas daerah masing-masing. Aku sih pengennya bahas seputar kue tat dan lemang. Eh tapi, pas ubek-ubek galeri fotonya ga ada. Huhu. Ya wis, kita bahas ikan pais aja yuk. Si kuliner satu ini ngehits banget sampe ada lagunya segala loh.


Ikan pais, lemak rasonyo


Makan kek nasi putih, paneh-paneh


Ulam kek jering mudo


Ikan pais, kelaponyo mudo


Dibungkus daun talas rapi-rapi


Kebek kek tali mesiang



Baca juga :



Lagu daerah Bengkulu bilang kalo Ikan Pais ini enaaaakk banget. Apalagi kalo dimakan bareng nasi putih panas, lalapan jengkol muda. Haha. Sambalnya yang pedas, bisa bikin nambah nasi berkali-kali. Ah masaaaa? 


Ikan Pais

Ternyata beneran loh. Lidah aku ngomong gitu. Asli deh, lezatnya ikan yang dibalur rempah-rempah, plus bau daun pisang yang dibakar sebentar, menggoda banget. Dan whooaaaa.. bikin nagih! Pedaaasss enak! Tapi buat yang ga doyan pedas, kayaknya bakal kabur. :D

Good news, kalo mau menikmati hidangan lezat ini, bisa bikin sendiri kok. Caranya gampang. Aku yang pada dasarnya sering gagal kalo udah berurusan sama dapur aja bisa bikin ikan pais enak, masa kamu ga bisa? *syombong banget anak ini haha


Begini caranya ..

Bahan & bumbu

-         Ikan. Bisa ikan sungai maupun laut. Tapi lebih enak ikan sungai sih. Pilih yang ukurannya ga begitu besar ya. Biar dagingnya enaak!

-         Kelapa parut disangrai, lalu dihaluskan

-         Daun jeruk diiris halus

-         Air asam jawa

-         Daun pisang untuk membungkus

-          


Bumbu yang dihaluskan :

-         Bawang merah

-         Bawang putih

-         Cabai merah

-         Cabai rawit

-         Lengkuas

-         Jahe

-         Kunyit

-         Ketumbar

-         Garam



Cara membuat

-         - Campur bumbu halus dengan air asam jawa, daun jeruk dan kelapa parut sangrai. Aduk rata.

-         Lumuri ikan dengan bumbu. Bungkus dengan daun pisang.

-         Kukus sekitar 1 jam. Angkat lalu bakar sebentar agar aromanya makin sedap.

-         Sajikan 



Selamat nyobain bikin Ikan Pais di dapur yay. Ga tanggung jawab deh kalo ketagihan :D


You Might Also Like

7 komentar

  1. Huwaaaah. Ikan. :D
    Aku mauuu.
    Pais itu pepes? Kalau iya, sama kayak bahasa Sunda. Hehe.

    BalasHapus
  2. Huwaaaah. Ikan. :D
    Aku mauuu.
    Pais itu pepes? Kalau iya, sama kayak bahasa Sunda. Hehe.

    BalasHapus
  3. Kirimin aku satu dunz.. *males masak*

    BalasHapus
  4. Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, mobil pinjaman, kredit rumah, kredit perusahaan (dll), atau untuk membayar utang buruk atau tagihan, atau yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Pinjaman Perusahaan Ibu Kelly untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu kelly

    BalasHapus
  5. Enaknye..intan bisa masak ikan paus Yoo...kerennn

    BalasHapus
  6. ai, gak jad makan intan, nyanyi dulooo

    BalasHapus
  7. Uwaaaaah, aku kok belom pernah nyoba yaaa, mau dong Ntan dimasakin :D

    BalasHapus

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^

Fanspage Intan

Update via Email



Blogger Bengkulu

KEB

Warung Blogger

Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan