Culinary

#DapurNgebul : Masak Pempek Yuk!

Minggu, Februari 14, 2016



#DapurNgebul : Masak Pempek Yuk!

Assalamualaikum

Hai hai hai..
Salah satu resolusiku di tahun 2016 ini adalah .. bisa masak! Tujuannya..

Biar hemat.

Kalo makan di luar mulu, sehari bisa habis 70ribuan loh, man temans. Gak percaya? Gini nih kira-kira rinciannya..

Sarapan pake nasi uduk ayam = Rp 15.000,-
Makan siang pake nasi padang = Rp 15.000,-
Terus haus, pengen es Cappucino cincau = Rp 5.000,-
Sore jajan pempek = Rp 15.000,-
Malam makan pake nasi goreng = Rp 15.000,-

Belum lagi kalo tetiba selera es krim sama gorengan. Haduh haduuh!
Demi kesejahteraan dompet dan tabungan, akika harus belajar masak. Titik.

Biar sehat

Yang namanya jajan di luar mana terjamin coba kebersihan sama kesehatannya? Gorengan aja contohnya, berapa kali si minyak goreng curah dipake buat goreng gorengannya? Aku yakin, pasti berkali-kali, kebanyakan malah sampe keruh. Hiyy!

Es cappucino cincau? Gak tau tuh esnya dibikin dari air mateng atau mentah, bersih atau nggak. Nggak tau. Taunya cuma enak dan murah. Nyahaha *terus abis minum tetiba batuk-batuk, beli obat batuknya seharga cappucino cincau 10 gelas wewew :v








Dan ..







Biar lekas dilamar. Muahahaa . Gak deng becandaaaa.


Well, yang jadi pembuka edisi #DapurNgebul adalah jajanan enak pedas-pedas nagih yang harganya seporsi rata-rata Rp 15.000,-an, yaitu PEMPEK.



Bahan untuk adonan :

Tepung kanji aka sagu = 1 kg
Tepung terigu = ¼ kg
Telur = 2 butir
Ikan =  ½ kg (bagusnya sih 1 kg, tapi isi kulkas ndak mendukung haha. Oh ya, aku pake ikan Laut yang namanya Ikan Titih, campur ikan tongkol dikit. Jadinya ikan nano-nano nyonyoy)
Bawang putih = 5 siung
Bawang merah = 5 siung
Bawang daun = secukupnya (diiris-iris)



Bahan untuk kuah :

Gula merah = ¾ dari gula merah yang bentuknya kek lingkaran itu loh
Air = sekitar seliter
Asam jawa = sebongkah
Bawang putih = sebongkah
Cabe rawit = secukupnya (secukup-cukupnya mulu (?)) LOL
Garam = umm, secukupnya (lagi). Hehehee




Cara membuat pempek :

1. Ikan dibersihkan dari tulang, lalu bareng bawang-bawangan diblender sampai halus
2. Campurkan tepung-tepungan, telur, ikan, diaduk. Terus tambahkan air mendidih, diaduk terus sampe jadi adonan yang pas.
3. Bentuk adonan sesuai selera kamu. Aku sih bikin bentuk bulet sama lonjong doang. Itu pun ga rata. Nyahaha
4. Kukus adonan
5. Goreng


Cara membuat kuah pempek :

1. Rebus gula merah bersama asam jawa
2. Ulek cabe rawit (kasih garam ya), lalu rebus bersama gula
3. Ulek bawang putih, rebus juga (urutannya emang gitu sih, ini diajarin mama)
 Enaknya ditambah ebi, tapi aku ga pake karena ga ada di kulkas. huhu




Jadinya kayak gini nih.




Pempek ala akuuuuu nih! hihi

Slruuuuuuuuppp!

Don’t judge pempek by jendolan-jendolannya yess, soalnya rasanya enyaaak. Haha. Cumaaaa .. kuahnya kurang manis dikit. Tapi tetep nampol kok. Aku aja abis 2 piring. *masak masak sendiri, muji muji sendiri :v

See youu di edisi #DapurNgebul selanjutnya yuuuu :D

You Might Also Like

6 komentar

  1. Pake timun lebih enak Tan :D aku masih takut bikin pempek, takut keras :v kuahnya mah gampil ya :D

    BalasHapus
  2. Nyammi! :9

    Kalo ikannya terserah jenisnya boleh nggak? :v

    BalasHapus
  3. uwww..nyam nyammm....
    kangen pempek jadinya...^^

    BalasHapus
  4. Aaaaaaaakh, aku lama nggak makan pempek -_- belajar dari resep ini bisa kalik ya :D wkwkwk

    Aku sih kayaknya kalau makan pempek itu tergantung kuahnya ._. soalnya dulu pernah makan pempek yang enak, tapi kuahnya kecuuuut banget -_- jadi nggak mantap :'

    BalasHapus
  5. Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, mobil pinjaman, kredit rumah, kredit perusahaan (dll), atau untuk membayar utang buruk atau tagihan, atau yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Pinjaman Perusahaan Ibu Kelly untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu kelly

    BalasHapus

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^

Fanspage Intan

Update via Email



Blogger Bengkulu

KEB

Warung Blogger

Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan