Sosok

Nggak Cukup Sekedar Pengen, Ngeblog Juga Butuh Komitmen

Selasa, Februari 28, 2017





2 tahun terakhir, rasa-rasanya dunia blogging berkembang begitu pesat. Banyak blogger baru yang bermunculan, blogger angkatan senior juga nggak mau kalah. Mereka berusaha mengepakkan sayap lebih tinggi bukan hanya dengan modal racikan tulisan yang enak dibaca, melainkan juga dengan mempelajari infografis, edit video, optimalisasi media sosial dan lainnya. Jadi blogger itu asyik, karena tidak stuck gitu-gitu aja. Ada aja hal baru yang menarik untuk dipelajari.

Ya, menarik. Sekaligus bikin pusing. Hehe. Pusing kalo menjalaninya tidak enjoy. Pusing kalo patokan ngeblog kece itu hanya diukur dengan angka-angka yang nggak ada habisnya. Menjemukan ketika ngerasa lelah karena gak tau harus nulis apa biar viral. Biar PV bisa dipamerin ke para pencari job.

Jadi blogger itu gampang. Bikin blog, nulis, publish, kelar. Tapi jadi blogger yang bertahan sekian tahun tanpa hiatus, itu yang barangkali jadi tantangan buat banyak orang. Termasuk aku.





Intan pernah hiatus ngeblog?

Pernah. Tapi nggak yang sampe berbulan-bulan gitu. Bukan juga karena bosan, melainkan ada hal di dunia nyata yang butuh perhatian ekstra. Lagi skripsi-an, beban kerja di kantor bertambah, ada urusan keluarga, dan lainnya. Begitu kelar sama urusan di ranah nyata, ada rindu yang besar untuk nulis, terus publish di blog sendiri.

Ah wajar. Intan kan masih single, belum ada yang diurusin.

Iya sih. hehe. Aku belum tau kalo nanti udah nikah dan punya anak, apakah ngeblog masih bisa dijalani seenak ini atau nggak. Tapi semoga aja dapet suami yang pengertian dan mendukung aktivitas blogging yang aku jalani. Dan pas punya anak, cerita seru tumbuh kembang mereka bisa didokumentasikan di blog khusus seperti yang Mbak Kania Ningsih lakukan untuk mengisi salah 1 dari 4 blog yang beliau punya, yakni www.petualanganzara.com.


Pict source : instagram @kanianingsih
Kania Ningsih, Mom Blogger yang Produktif

Sudah kenal Mbak Kania? Aku sudah dong. Karena kami tergabung dalam grup arisan yang sama, yakni grup 4 yang juga kerap disebut Genk Ijoek. Jangan tanya Intan kenapa nama grupnya demikian. Haha.

Oke, balik lagi ngobrolin Mbak Kania. Jadi Blogger Tangerang ini memang sudah teruji konsistensinya dalam urusan blogging. Beliau sudah ngeblog dari tahun 2000an. Wah udah lama banget. Waktu itu Intan baru kelas 1 SD hehe. Udah belasan tahun Mbak Kania mengenal seluk beluk dunia blogging dan sekarang beliau mampu mengelola 4 blog dengan niche berbeda dalam waktu bersamaan. Pantas kalau kemudian beliau pernah meraih penghargaan Blog of the Month di salah satu grup blogger. Luar biasa.
Seperti yang sudah aku singgung di atas, Mbak Kania punya wadah khusus untuk menceritakan proses tumbuh kembang dua anaknya, yakni Za dan Ra di blog Petualangan Zara. Blog parenting ini dibuat pada tahun 2009 dengan tujuan sebagai kotak kenangan. Suatu hari nanti, Za dan Ra bisa membaca cerita, kenangan juga kehidupan sehari-hari mereka sewaktu kecil. So sweet ya. Aku juga pengen deh nanti bikin blog khusus buat anak-anak. Pasti seru.

Pict source : instagram @kanianingsih

Tau gak, Mbak Kania masih punya 3 blog lagi loh. Ada blog lifestyle yang bisa diintip di www.rumahmayakania.com. Ini adalah blog personal yang dibuat pada tahun 2014. Di blog ini Mbak Kania banyak bercerita tentang dunia perempuan. Selain itu ada juga blog khusus masak memasak yang berlamat di www.bersenang-senangdidapur.blogspot.co.id. Buat yang butuh referensi untuk bereksperimen di dapur, boleh banget buat praktik-kan resep-resep yang udah Mbak Kania share di sana.  

Dan terakhir, blogger wanita yang juga hobi membaca ini mempunyai blog buku yang dibuat pada tahun 2013, beralamat di www.kaniadanbuku.blogspot.co.id. Rata-rata setiap bulan, ada 2 blogpost baru yang merupakan review buku yang sudah dibaca oleh beliau. Kece gak sih, di tengah kesibukan mengurus banyak blog dan tentu aja mengurus rumah, Mbak Kania masih sempat membaca buku sekaligus mereview. Wah wah.



Sebagai orang yang dekat dengan dunia tulis menulis, Mbak Kania ternyata nggak hanya menulis di blog aja, beliau juga sudah menulis 2 buku solo dan 5 buku antologi. Mbak Kania bener-bener udah jago membagi waktu ya. sebagai blogger, beliau nggak hanya rajin posting blogpost baru, tapi juga rajin blogwalking. Beliau bilang, blogwalking ini adalah sarana jitu buat berburu ide, selain dengan cara lain seperti menonton film.

Kenalan dengan Mbak Kania berasa disentil mengenai produktivitas ngeblog. Sebenarnya bukan waktu kita yang kurang, melainkan manajemen waktunya yang belum tepat. Ditambah lagi dengan lemahnya semangat menghadapi kemalasan, suka menumpuk pekerjaan dan lainnya. Oh iya, belum lagi urusan media sosial ya. Biasanya kalo udah buka media sosial bisa deh tuh sampe berjam-jam, kalo disuruh nulis aja alasannya “gak ada waktu”. Duh.

Pict source : instagram @kanianingsih

Kita semua diberi waktu 24 jam dalam sehari, nggak kurang, nggak lebih. Nggak ada alasan kekurangan waktu sebenernya, cuma kitanya aja yang malas atau malah gagal menyusun prioritas. Semangat yak. Semoga kita bisa meniru Mbak Kania menyoal membagi waktu. Kalo ada yang mau kenalan sama beliau, yuk langsung aja mampir ke blog dan follow media sosialnya. :))



Kania Ningsih
Blog : http://www.rumahmayakania.com/
Instagram : @kanianingsih
Twitter : @kanianingsih


You Might Also Like

9 komentar

  1. Komitmen ini yg berat. Aku aja masih senin kamis ngeblognya mbak

    BalasHapus
  2. suka kagum sama yang produktif pisan semoga aku jg bisa kek mba Kania menghasilkan buku xixixi aamiin

    BalasHapus
  3. blognya banyak yaaa :)...komitmen itu memang yang harus dijaga :)

    BalasHapus
  4. Punya 3 blog dan selalu update, emang keren. Apalagi mba Kania juga rajin blogwalking. Terima kasih sudah berbagi mba

    BalasHapus
  5. Mbk Kania keren,ngeblognya produktif banget

    BalasHapus
  6. salam kenal lagi ya mba Kania....

    Intan enak, gak ada yang diurusin, wkwkwkwk

    BalasHapus
  7. Saliim...
    Sama mba Kania.

    Sam Intan mah...*cipika cipiki aja yaa...

    Blogger selalu memiliki inovasi.
    Siip.
    Never stop learning laah yaa..

    BalasHapus
  8. Kesentil di bagian "cuma kitanya aja yang malas atau malah gagal menyusun prioritas." hihihi

    Hebat ya Blogger seperti mba Kania ini, konsisten banget. Kalau dihitung mulai 2009 aja berarti tahun ini umur petualangan zara udah 8 taon ya? Keren :D

    BalasHapus
  9. Sepakat, kalau cuma pengen maka niat ngeblog nggak akan bertahan lama.

    BalasHapus

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^

Fanspage Intan

Update via Email



Blogger Bengkulu

KEB

Warung Blogger

Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan