Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia 2018



17 Agustus tahun 45

Itulah hari kemerdekaan kita

Hari merdeka nusa dan bangsa

Hari lahirnya bangsa Indonesia




Waktu kecil dulu, kalo 17an, yang paling aku tunggu adalah saat-saat ikutan lomba. Dari mulai lomba makan kerupuk, lomba gerak jalan, lomba balap karung, dan aneka lomba lainnya. Masih terkenang hingga kini, dulu waktu kecil, aku pernah memenangkan lomba makan kerupuk. Haha super deh belum kenal malu-malu, belum kenal jaim, langsung aja melakukan siklus ngunyah-telan secepat mungkin, sampai akhirnya bisa menang. Waktu itu hadiahnya lumayan banget buat anak kecil, ada buku-buku & peralatan tulis, juga diselipin uang tunai buat jajan. Hoho, kayaknya emang udah bakat nyari uang sejak bocah ya? Ikutan lomba makan kerupuk aja, bisa dapet uang. Ihiy seneng akutu.


Mengenang lomba gerak jalan juga nggak kalah seru. Dari SD hingga SMA, lomba ini selalu wajib diikuti. Capek sih, tapi seneng pas latihan berminggu-minggu tu. Karena latihan gerak jalan = kegiatan belajar mengajar di kelas ditiadakan. Happy. Intan kecil biasanya selalu dapat jatah ada di barisan depan, soalnya tinggi badan paling bontot. Dulu suka sebel, karena kan yang di barisan depan tu pasti effortnya lebih gede, gak boleh salah-salah, harus fokus & banyak menebar senyum. Tapi makin gede, makin senang kok ditaro di depan, soalnya bisa sekalian tebar pesona senyum ke banyak orang yang nonton. Wkwkw genit.

Nah, pas udah kerja kaya gini, aku juga masih nungguin 17an. Meski tahun ini di kantor gak ngadain lomba-lomba, soalnya budget lebih dialokasikan untuk perayaan hari radio 11 september nanti, tapi 17an tetap seru dan dinanti kok.



- Upacara bendera di halaman kantor

Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia 2018


Sebenarnya rada kaget pas nyampe kantor, karena kok sedikit sekali yang bakal upacara 17an nih. Hmm, ternyata anak-anak teknik & temen-temen reporter tengah ditugaskan ke kawasan Benteng Marlborough, siaran langsung dari sana. Katanya, selain RRI ada juga media-media lain yang meliput. Ada yang liputan biasa, ada yang siaran langsung. Kalo lagi di lapangan kaya gini, anak-anak teknik TV, biasanya rada iri lihat kerjaan anak radio. Kayaknya tuh lebih ringan karena yang diurusin cuma suara, kalo TV kan ngurusin suara dan gambar yes. Lebih riweuh. Kayaknya sih. Tapi tetep, beda jenis media, tantangannya pasti beda.

Btw, kalo ada acara siaran langsung di lapangan kayak gini, jarang banget penyiar-pennyiar dilibatkan. Karena udah dihandle sama reporter juga sih. Penyiar cukup duduk manis di studio, nerima laporan teman-teman di lapangan.

- Ngumpul-ngumpul usai upacara bendera

Langka. Karena sebagai penyiar, aku dan teman-teman dari bidang siaran, biasanya dateng ke kantor ya pas jam dinas doang. Bukan ngikutin jam kantor. Jadi kalo ke kantor, pasti full kerja. Gakbisa keluar barang sebentar untuk ngopi cantik, misalnya. Atau ngobrol-ngobrol pas jam istirahat. Jam istirahatnya tu ndak ada. Kalo mau sholat, makan ato something urgent, cari aja celahnya pas muterin lagu (2 lagu biasanya berdurasi 8 menitan) atau pas siaran sedang relay ke Jakarta sana.

Nah, kalo pas ada moment khusus kayak upacara 17an gini, selesai upacara gak langsug pulang lah walo sedang libur siaran, sebenernya. Ngumpul dulu, pefotoan dulu, cerita-cerita. Momen yang katakanlah jarang terjadi. Biasanya sibuk di divisi masing-masing. Puas ngumpul di kantor, cus pergi cari sarapan bareng. Dan kemarin itu kompakan sarapan di salah satu warung mie celor enak. Nyam.

Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia 2018

- Menikmati banyak diskon bertebaran di hari kemerdekaan

Salah satu bagian super menyenangkan dari perayaan 17an adalah karena banyaknya diskon bertebaran. Salah satunya diskon 73% pas beli tiket nonton melalui salah satu aplikasi. Uhuy. Nonton marathon deh. Jalan ke supermarket, juga banyak diskon bertebaran. Mau beli buku di toko buku gede itu juga ada diskon. Seneng kan kan? Kalo mau jajan jajan, pas banget emang manfaatin diskon 17an, sist.

Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia 2018


--


Waktu boleh berganti, tapi rasa senang ketika merayakan momen kemerdekaan akan selalu ada, walau ranahnya berbeda. Mungkin kalo nanti sudah menikah & berkeluarga, excited 17an akan dirasakan bukan dengan ngumpul-ngumpul seru di kantor atau menikmati diskon yang banyak bertebaran, tapi pas mendampingi si kecil ikutan lomba 17an.

“Ayo nak. Kamu pasti bisa. Dulu, pas zaman bocah, mama pernah menang lomba makan kerupuk!”


Lalu mulai halu. xD

Btw, kalian merayakan 17an kemarin dengan cara apa genks? Ikut lomba-lomba seru gak?



Artikel ini ditulis sebagai tanggapan untuk post trigger “Perlombaan17 Agustus yang Legendaris” yang ditulis oleh Puspita Yudaningrum untuk #KEBBloggingCollab kelompok Dian Sastro.




1 comment

  1. Kalo aku kemaren ke acara festival di mall. Seru deh. Yuk simakin ceritanya di blog aku..

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^