#CobaLagi

Menu Sarapan Selain Nasi

Sabtu, April 12, 2014



Assalamualaikum, selamat pagi pembaca :))

Udah sarapankah pagi ini? *tombol kepo menyala*

Uiiing.. kalo yang nulis sih udah. Sarapannya pake 2 gelas air putih plus lima keping roti gandum. Eit, tapi ada yang bilang, sarapan itu baru afdol kalo udah nemu nasi. Mau minum susu segalon plus roti sebaskom pun, kabar-kabarnya belum bisa disebut sebagai sarapan. Pokoknya, sarapan itu kudu sama nasi, meskipun sesuap. Titik. Iyakah?

Hueh, kalo kudu begitu, susah dong diriku yang berstatus sebagai anak kost kece ini buat sarapan. Kalo di rumah mah enak, tinggal buka tudung saji, udah tersedia beragam masakan siap santap yang enak banget dimakan bareng nasi. Nah, kalo di kost, kudu buka apa dong buat nemu nasi? Buka dompet. Lalu nemuin sisa recehan yang teronggok cantik di dalam sana *mendadak galau tuh* Wuaaah, susah deh intinya kalo kudu makan nasi buat sarapan. 1) Ribet (karena pagi-pagi buta udah kudu pergi ke warung nasi) 2) Mahal (dih, makan nasi 2 kali sehari buat anak kost mah udah mewah banget, masa mau ditambah jadi 3 kali? tidaaaaakkkss!)


Sumber : http://www.baby-kingdom.com/
Eniwei baswei, manfaat sarapan itu banyak banget loh. Diantaranya : 1) Ngasih nutrisi pada otak, jadi pas kuliah nggak lemes dan nggak bodoh. 2) Mengendalikan berat badan, soalnya kalo udah sarapan, pas makan siangnya nafsu makan udah terkontrol, nggak pake kalap. Itu baru sample manfaatnya aja loh, pemirsa.. Manfaat lainnya itu banyak banget. Rugi banget kan kalo nggak ngebiasain diri buat ngelakuin ritual hebat bernama sarapan ini? Makanya, saya pun mencari makanan alternatif lain yang bisa dikunyah pagi-pagi selain nasi. 

Apa aja? 

Cekidooooott ..

1) Lontong GKB-3 * GKB-4

Sumber : http://simplekitchen.wordpress.com/
Sejak mbak-mbak nasi uduk yang jualan di dekat gerbang kampus pindah lapak entah kemana. Saya pun move on ke ibu-ibu yang jualan lontong yang buka lapak di antara GKB-3 dan GKB-4 (GKB : gedung kuliah bersama). Lontong si ibu itu enyak, meski launya jarang nyediain nangka, apalagi ayam, paling hanya buncis *yang dirajang kecil-kecil banget* Umm well, tapi cukuplah buat mengganjal perut yang dikit-dikit laper dan minta diisi ini. Oh iya, harga si lontong juga bikin tangan nggak berat ngerogoh dompet, cuma 5 ribu rupiah aja, mameen! :D Asik deh.. makanan favoritnya mahasiswa kere banget : murah, banyak, enak :p

2) Teh hijau madu + sebungkus kecil roti gandum.

Sumber : http://ayicuwie.wordpress.com/
Punya jadwal kerja yang ajaib, kadang pulang malam banget (selepas pukul 24.00, Cinderela aja udah nggak pake sepatu kaca), kadang kudu kerja pagiiiiiiiiiiii banget. Bayangin aja, sekitar pukul 04.00, pas orang-orang masih pada boboo cantik ngekepin guling, saya udah kudu masuk mobil jemputan RRI, lantas meluncur ke studio *kadang jadi penyiar itu berasa jadi artis, sok sibuk. muahahaaa* Alhasil, sarapan pun kudu banget dilakuin di studio. Kalo mau sarapan di luar bagemana dong? Ayee, siap-siap aja kelaparan kriuk-kriuk ampe pukul 10 teng. Lama bener? Iya. Kalo mulai siaran pukul 04.55 berarti kelarnya pukul 10.00. 5 jam euy. Jadi penyiar itu emang emejing *tiup-tiup microphone, lalu pingsan* #ngek

Uwell, teh hijau campur madu plus sebungkus kecil roti gandum udah bisa banget bikin perut unyu berlemak saya selamat dari bencana kelaparan. Nggak hanya itu aja sih, ternyata kandungan teh hijau plus madu bermanfaat untuk mencegah kelelahan dan meningkatkan fungsi otak. Lalu, si roti gandum ternyata kaya serat karena diolah dari biji-biji gandum utuh. Kandungan lemaknya juga hanya seunyil loh, jadi cocok banget buat cewek-cewek yang nggak pengen punya berat badan berlebih. 

3) Susu cokelat plus roti tawar selai kacang.

Sumber : http://www.eljohn885fm.com/
Ini nih sarapan dalam kondisi nggak sibuk versi saya. Bisa nyeduh susu cokelat panas plus ngolesin selai kacang ke roti tawar, rasanya udah seneng banget aja. *maklum orang sibuk, mau nelan nasi aja kadang nggak punya duit sempat* Eit, ternyata eh ternyata, menu sarapan yang satu ini nggak hanya enak dan simple, tapi juga punya segudang manfaat. Susu dan roti nggak hanya bagus buat asupan perut aja, karena mengandung kalsium plus karbohidrat. Selain itu, bagus juga untuk perawatan kulit dan bisa ngasih efek tenang. Uyeee, seru deh, bersibuk-sibuk ria di pagi hari nggak pake grasak grusuk sehabis nyeruput segelas susu dan ngunyah roti tawar. 

4) Pisang ambon.

Sumber : http://www.republika.co.id/
Kadang, duit di dompet nggak cukup lagi buat beli lontong, teh hijau, roti gandum apalagi susu *yang harga sekotak kecilnya bisa hampir mencapai 50 rebu. Hih!* Opsi terakhir, pisang ambon pun jadi pilihan buat sarapan. Harga murah *sesisir hanya 8 ribu, bisa dimakan ampe 3-5 hari* Teruus, rasanya juga enak *dih, perasaan dari tadi semua makanan dibilang enak deh* -____-

Teruuuus, kabar gembira buat para onyet yang suka pisang ambon, pisang ambon itu ternyata berguna banget untuk memperlancar pencernaan, meredam stress, mencegah osteoporosis, plus bikin kulit jadi halus mulus. Wuih, pokoknya cakep deh :D


Kalo pembaca, biasanya makan apa dong buat sarapan? Apapun itu, pastikan kalo apa-apa yang kamu makan adalah makanan sehat dan murah ya darlaa :p Inget, sarapan itu penting, tapi ngejaga isi dompet nggak jebol juga nggak kalah penting kan? Sehat itu nikmat, tapi sehat plus punya banyak uang tentunya lebih nikmat lagi *kekepin dompet* *ajaran sarapan nggak sesat ala mahasiswa cantik tapi kere* muahahaa ..



 
Sumber bacaan : terselubung.in, berjambang.blogspot.com, merdeka.com, health.okezone.com, blogging.co.id, ditbuah.hortikultura.deptan.go.id :))



"Tulisan ini diikutsertakan dalam GiveAway Yuk Menulis Part 1"


You Might Also Like

4 komentar

  1. wah, sarapan yak?
    aku sarapan jam set tujuh. *kayak anak sekolah*
    soalnya masih ngikut mamake.. jadi masih aman laaah~

    BalasHapus
  2. Hai hai... wah, lagi ada pembagian sarapan gratis yaa...? ehehe... lagi bahas sarapan ya... aku biasanya mulai memakan makanan padat/berat itu jam 10 an (itu masih dalam kurun waktu "sarapan gak sih ya...? hehe), biasanya pas bangun itu, sebelum sholat subuh aku minum segelas air putih, terus sekitaran jam 7 makan buah atau minum jus buah atau susu....

    Setuju banget sama tulisan diatas, yang namanya sarapan itu penting banget... tapi sayangnya banyak yang melewatkan sarapan karena banyak hal, takut gemuk (hii... itu pemikiran yg keliru banget), takut terlambat ketujuan.... semoga aja deh banyak orang-orang seperti itu yg membaca tulisan ini, sehingga sadar akan pentingnya sarapan.... :)

    Sukses yaa buat giveawaynyaa... dan salam kenaaaal ^_^

    ehh... mba intaaan ini beneran yaa....?
    "Sarapannya pake 2 gelas air putih plus lima keping roti gandum."
    waa... aku makan roti gandum yang kotak gitu satu keping aja semeg banget, salut banget deh, hehe

    BalasHapus
  3. Hai hai,
    artikel yang menarik. terima kasih sudah berbagi :)

    Kalau saya sarapan pagi, apa saja :D hehehe menu wajib, pisang goreng :D

    BalasHapus

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^

Fanspage Intan

Update via Email



Blogger Bengkulu

KEB

Warung Blogger

Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan