M E N A N G ^^

Tips Mempertahankan Semangat Mengerjakan Skripsi

Rabu, April 16, 2014



Sumber : http://aguszulhendri.wordpress.com/ :))

Haloo kak Rindang, salam kenal. Aku Intan, mahasiswi semester 6 Pendidikan Fisika di Universitas Bengkulu. Baru semester 6, tapi niat banget yak gaya-gayaan buat ngasih tips seputaran skripsi ke kakak yang lebih senior :p Nggak apa-apa kan, kak? Tips-tips ini aku kumpulin dari berbagai sumber terpercaya loh. Semoga catatan kecil ini bisa bermanfaat buat kakak, juga semoga bisa jadi alarm pengingat buat aku yang sebentar lagi juga harus bergelut dengan skripsi kesayangan :))




Nah, jadi ini dia tips ala Intan agar tetap punya semangat yang utuh dalam pengerjaan skripsi hingga tuntas :

1)Buat rencana indah selepas mengenakan toga.

Yap yap, biar semangat buat menyelesaikan garapan skripsi, pasang seindah mungkin planning-planning yang bisa dilakukan di masa depan. Kalo aku nih kak, butuh banget ijazah S1 buat kenaikan gaji (gaji pegawai tamatan SMA beda besarnya sama tamatan S1 di tempat kerja aku) :p Bayang-bayangin bisa beli rumah, mobil, tablet baru, jalan-jalan ke Eropa *dih, bagian ini boong banget* kalo aja transkrip nilai udah ditangan. So, kelak kalo semangat berkutat ria dengan skripsi udah melempem, aku bakal mengingat lagi setiap detail mimpi masa depan yang bisa diraih saat toga udah bisa dikenakan.

Nah, kak Rindang juga kudu nyusun rencana indah yang bisa banget dijadikan suplemen yang bisa dibayang-bayangin kala semangat mulai meredup. Rencananya bisa macem-macem, semisal kerja di tempat idaman, pengen sekolah lagi, atau nikah sama pangeran impian *eh ups :p

2) Jangan jadikan proses pengerjaan skripsi sebagai satu-satunya kegiatan, namun selingi juga dengan berbagai kegiatan menarik, agar fisik dan mental tak lekas bosan dan lelah.

Fokus mengerjakan skripsi bukan berarti semua waktu yang kita punya harus kita curahkan untuk skripsi. Bisa bosen dong kalo gitu. Kalo udah dilanda bosen, biasanya bakal males buat nyelesaiin. Jadi, bagusnya mending cari kegiatan seru yang bisa membantu menghilangkan kejenuhan selama menggarap skripsi. Kalo Intan sih kak, karena suka ngoceh dan nulis, pas ntar udah tiba waktunya buat nyusun skripsi, rencananya mau tetep nyambi siaran sama ngeblog. Gaji masih dapet, hadiah mungil dari ngeblog juga masih mengalir, garap skripsi pun jalan terus. Indah :D

3) Menanamkan optimisme pada diri dengan meyakini bahwa ‘nggak ada pekerjaan yang terlalu sulit untuk dikerjakan dan diselesaikan, jika memang memiliki niat dan usaha yang sama kerasnya’.

Sesulit apapun, segala sesuatu yang ada dalam lingkup dunia ini pasti memiliki ending. Begitu pula dengan skripsi, meski *kabarnya* mengerjakan skripsi nggak semudah membalikkan telapak tangan, namun bila benar-benar dikerjakan pasti akan selesai juga. Fokus, dikerjakan dengan pelan namun pasti, dan ingat kalo semuanya pasti akan selesai. Pasti selesai *asal memang dikerjakan*.  

4) Mengingat bahwa ketika kita berhasil menyelesaikan pengerjaan skripsi, bukan hanya kita yang girang bukan kepalang, namun juga orang-orang terdekat kita, terlebih orangtua.

Mengingat jerih payah orangtua dalam mencari uang guna memenuhi kebutuhan selama anaknya menempuh pendidikan adalah senjata jitu untuk kembali menumbahkan semangat kelar skripsi. Pasang foto orangtua sebagai wallpaper notebook atau komputer, agar acapkali kita menyalakan notebook, keinginan untuk main game online atau berhaha-hihi di sosial media, bisa dipending untuk sementara. Sisihin waktu untuk skripsi dulu deh, baru yang lain :p

5) Menikmati dengan enjoy masa-masa pengerjaan skripsi.

Masa-masa mencari bahan kesana kemari, mengejar-ngejar dosen pembimbing, menunggu dosen pembimbing, begadang untuk mengetik sampai pagi memang merupakan masa-masa yang menyebalkan, namun sekaligus akan menjadi masa yang dirindukan. Masa itu nggak akan pernah terulang lagi, terjadi hanya sekali saja seumur hidup *kalo udah S2 dan S3 kelak, namanya kan bukan skripsi lagi* muehehee.. So, selagi punya kesempatan bermanja-manja dengan skripsi, nikmatilah ..

Sekian tips dari Intan, kak Rindang. Terimakasih ^^




Hadiah : pulsa
Deadline : 30 April 2014


You Might Also Like

1 komentar

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^

Fanspage Intan

Update via Email



Blogger Bengkulu

KEB

Warung Blogger

Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan