#CobaLagi

Ide Kreatif Dalam Rangka Peringatan Earth Day 2014

Selasa, April 22, 2014



Sumber : http://elvirawihardjan.wordpress.com/

Earth Day harusnya dirayakan dengan kegiatan-kegiatan yang mampu menunjukkan kecintaan penduduk Bumi terhadap tempat tinggalnya. Dan menurut saya, kegiatan-kegiatan itu berupa kegiatan 4M, yakni Membersihkan, Menanam, Menjaga, dan Menahan Ego Pribadi.





1) Membersihkan.

Tidak diragukan lagi, salah satu penyebab banyaknya bencana alam yang terjadi di Bumi akhir-akhir ini dikarenakan lingkungan yang kotor dan semerawut. Nah, pada Earth Day, alangkah baiknya jika setiap penduduk Bumi membersihkan lingkungan sekitar mereka. Setiap keluarga bertanggungjawab terhadap kebersihan di sekitar rumah masing-masing. Sedangkan untuk kebersihan jalan, jembatan, rumah ibadah dan fasilitas umum lainnya dibersihkan dengan cara bergotong royong antar penduduk.

Lingkungan bersih, silahturahmi terjaga. Indah.

2) Menanam.

Bersih namun kosong tentu tak apik dilihat. Untuk mengisi kekosongan itu baiknya dilakukan kegiatan penanaman. Untuk mengisi lahan yang lumayan luas, bisa ditanam pohon buah-buahan, seperti pohon mangga, jambu air, atau malah durian. Untuk lahan sempit, penduduk bisa menanaminya dengan beraneka sayur mayur dan tanaman bumbu. Seperti tomat, jahe, cabe, kunyit dan teman-temannya.

Lingkungan hijau, uang belanja untuk membeli aneka sayur dan bumbu pun bisa dihemat. Indah.

3) Menjaga.

Lingkungan sudah bersih dan hijau, namun jika tidak adanya komitmen untuk menjaga kebersihan dan kehijauan itu, berapa lama kondisi serupa bisa bertahan? Sayang sekali bukan, jika sudah berletih-letih membersihkan dan menanam, lantas kembali dirusak.  Nah, untuk kondisi ini diperlukan komitmen antar-penduduk, bahwa menjaga kebersihan dan kehijauan yang sudah tercipta adalah tugas bersama. Bila perlu, berikan sanksi tegas bagi penduduk yang ketahuan berlaku sebagai ‘perusak’.

4) Menahan Ego Diri.

Selama ini kita sudah lebih dari cukup menyemburkan polusi bagi Bumi. Kita membuang sampah sembarangan, menghembuskan asap tak ramah bagi Bumi lewat knalpot kendaraan, menebang pohon sesuka hati, dan masih banyak tindakan tak terpuji lainnya. Alangkah bagusnya, jika pada peringatan Earth Day, kita menahan diri untuk tidak memberikan racun untuk Bumi. Terapkan ‘no pollution for earth’ dalam sehari. Kegiatan kecilnya bisa berupa ‘pelarangan menggunakan kendaraan bermesin dalam sehari’.

Bumi saja mampu memberikan kita banyak kebaikan, masa sih kita tidak mampu menahan diri untuk tidak menyemburkan polusi ke Bumi dalam sehari saja?

Itulah ide kreatif versi saya dalam memperingati Earth Day 2014. Simple, namun jika dilakukan dengan sepenuh hati, pasti akan berdampak baik bagi Bumi :))

#SharpEarthDay2014


Sumber : Sharp Indonesia
Hadiah : Kaos Hijau untuk 10 Pemenang

You Might Also Like

1 komentar

  1. mantab mbk,hayuk kita nanam pohon buah di belakang rumah ^^

    BalasHapus

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^

Fanspage Intan

Update via Email



Blogger Bengkulu

KEB

Warung Blogger

Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan