M E N A N G ^^

Tips Sukses Menabung

Kamis, Mei 01, 2014



Hai kak Winda, seneng deh baca curhatannya. Bukan seneng karena lihat kak Winda kepayahan nahan selera nimbun buku loh ya. Namun, setelah baca tulisan kakak, saya jadi mikiiiiiiiiirrrr lama.

Saya sekarang udah 20 tahun, dan mirisnya belum punya tabungan sepeser pun *meski cuma recehan* *omaigod*. Saya jadi bertanya-tanya, apa ntar pas usia saya udah 29 tahun, saya bakal curhat hal yang sama kayak kak Winda? Ngerasain kekhawatiran yang sama? Oh, tidaaaks. Saya nggak mau puyeng mikirin hal-hal ribet kayak begono *beburu beli celengan ayam*


Permasalahan kita kayaknya 11-12, kak. Sama-sama susah nabung, bedanya uang kak Winda habis buat numpukin buku. Sedangkan uang saya nyangkut di perut, habis buat beli makanan daan cemilan bertumpuk-tumpuk *aeeeh, beginilah deritanya jadi mahasiswi+anak kost yang masih didera tumpukan tugas kuliah, jadi butuh banyak ganjalan perut biar tetep konsentrasi #alibi :p

Sumber : https://surgabukuku.wordpress.com/
Dulu (sekitar setahun lalu), saya juga doyan ngabisin uang buat nimbun buku. Beratus-ratus ribu melayang tiap kali mampir ke tokbuk *mampus, nggak bisa makan* Tapi sejak kenal dunia giveaway, kuis juga blogging, saya nyaris nggak pernah beli buku lagi. Bukan karena kecintaan saya sama buku udah pudar, melainkan sekarang saya punya stok 5-10 buku gratisan setiap bulan (hasil beburu hadiah). Emang sih, nggak semua buku-buku hadiah itu sesuai sama genre bacaan kesukaan saya. Kadang, ada buku yang saya sentuh dengan terpaksaaaaaaa banget (haeh, nggak tau diri, udah gratisan, maunya pilih-pilih lagi). Tapi nggak jarang, saya dapet buku yang sesuai banget sama jiwanya saya, lebih okenya lagi dapet buku dari penulisnya langsung. Bonus tandatangan pula *cihuuuuii

Jadi, untuk urusan timbun menimbun buku, saya udah terselamatkan. Paling-paling sekarang ini hanya beli satu dua buku yang bener-bener bikin saya selera pas main ke toko buku. Selebihnya, saya membuat perjanjian dengan diri sendiri, kalo buku-buku hadiah hasil gratisan yang tergeletak manis di rak harus dituntaskan *kalo ada waktu luang, sekalian tulisin resensinya.

Nah, masalahnya sekarang, saya susah nahan diri untuk nggak ngabisin uang buat beli tumpukan cemilan. Apa saya harus beburu kuis yang berhadiah cemilan sekarung juga yak? :p hihiiii..

Sumber : http://www.chelseamegastoreasia.com/
Ummm, tapi saya mau belajar nabung deng. HARUS. Saya nggak mau semua uang saya nyangkut sebatas tenggorokan, lalu perut. Lalu habis. Solusinya gimana tapi ya? Kebiasaan nyongkel celengan masih susah dihilangkan nih u.u

Well baiklah, mungkin ini bisa jadi solusi buat kita, kak Winda. Saya teringat ada seorang teman yang bilang “Jika punya keinginan untuk diri sendiri, biasanya agak susah diwujudkan. Tapi kalo keinginan itu menyangkut orang banyak, biasanya lebih mudah tercapai.” Jadi, saya mau mencoba trik baru dalam urusan tabung menabung, melibatkan orang lain didalamnya.

Contohnya gini, bulan September kelak, ibu dan pacar saya ulangtahun tuh. Saya mulai nabung dari awal Mei buat beli kado istimewa untuk mereka. Nah, tiap kali mau bobol celengan, pasti kebayang-bayang deh “Ini duit buat beli kado untuk ibu sama pacar. Aeeeeh, mana tega diambilin.” Gituu deh kak Winda.

Teruuus, kalo yang mau dibeli itu nominalnya gede dan butuh waktu lama buat nabung (misal, saya punya niat beliin kebun atau tanah buat orangtua saya beberapa tahun lagi), nah biar uang tabungannya awet, dibeliin tumpukan emas dulu, ntar pas mau beli tanah, baru deh emas-emasnya dijual.

Semoga dengan cara itu bisa nabung dengan baik & benar deh, dan nggak kebiasaan motong leher si celengan ayam ^^



Sumber : Blog kak Winda
Hadiah : Voucher buku 50 K / 100 K

You Might Also Like

5 komentar

  1. sama aja yak kayak gini : kita lebih cepat atau fast respon ngasih nasehat untuk orang lain tapi ngasih nsehat untuk diri sendiri , susah banget -___-a

    tipsnya cuma gitu doang yak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, betul betuull.
      Aku belum nemu tips lain yg bisa aku realisasikan dengan sukses tanpa "nyongkel" di tengah perjalanan. Baru yang satu ini *ini juga baru mulai u.u

      Hapus
  2. intan emang joss,,panen hadiah terus :)

    BalasHapus
  3. hihi..
    Ayoo nabung taan, biar dikit-dikit juga :D
    nanti lama-lama jadi bukit..
    belajar 'sayang' sama uang yaa ^^

    BalasHapus
  4. Saya setuju , apalagi Jaman sekarang kita bisa mendapatkan Banyak Income dengan menabung dan Mengajak Orang lain menabung http://car3inetworks.com/investasi

    BalasHapus

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^

Fanspage Intan

Update via Email



Blogger Bengkulu

KEB

Warung Blogger

Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan