‘Berwisata’ ke Istanbul



Apa yang terbayang di benak saat mendengar kata "Istanbul"?

Bagi saya, jawabannya adalah 3 W : Wisata Istana, Wisata Belanja dan Wisata Kuliner

1) Wisata Istana. Salah satu tempat wisata penting yang menjadi kebanggan kota Istanbul adalah istana-istana warisan kekaisaran. Salah satu yang menarik perhatian para wisatawan adalah Istana Topkapi. Istana ini merupakan merupakan kediaman resmi Sultan Utsmaniyah selama lebih dari 600 tahun (1465-1856). 

Koleksi yang paling menarik dari istana ini adalah benda-benda peninggalan milik Nabi Muhammad SAW yang tersimpan di Paviliun Relikui Suci. Koleksi benda peninggalan Nabi Muhammad tersebut meliputi bakiak, tasbih kayu, bendera, cambuk, segenggam janggut, sajadah, tongkat, busur panah, sabuk, stempel dan benda-benda lainnya.


Istana Topkapi :))

2) Wisata Belanja. Istanbul tak hanya kaya dengan pemandangan indah, namun juga berperan sebagai surga belanja. Bagaimana tidak, di Istanbul menjamur berbagai tempat perbelanjaan. Salah satu tempat belanja paling populer di sini adalah Bazaar Covered Grand Istanbul. Kabarnya, semua barang belanjaan yang dibutuhkan penggila belanja ada di tempat ini. Kerennya, Bazaar Covered Grand Istanbul memiliki lebih dari 3.300 toko dengan 65 jalanan yang mengitari. Wooooo, amazing >,< 

Namun harus tetap diingat ya, di sini berlaku sistem tawar menawar. Jika pandai menawar, tentulah mendapatkan harga yang bersahabat. Jika tidak, ya tentu akan terjadi hal sebaliknya :p

Bazaar Covered Grand Istanbul :))

3) Wisata Kuliner. Mendengar Istanbul, langsung terbayang-bayang dengan olahan daging lezat yang disajikan dengan roti lembut plus sambal pedas yang melumer sempurna di lidah. Yap, apalagi kalau bukan KEBAB. Di Istanbul yang merupakan jantung ekonomi, budaya, dan sejarah negara Turki ini, kebab memang melagenda dan mudah ditemukan dimana-mana. Daging yang digunakan sebagai bahan baku kebab biasanya adalah daging ayam, kambing, sapi serta domba.

Namun, tak hanya kebab saja, Istanbul juga kaya dengan beraneka rupa makanan lain yang menggugah selera. Sebut saja ada es krim khas negara mereka yang disebut Dondurma, roti pastri lapis  isi  kacang yang disiram madu atau sirup pemanis yang disebut Baklava, juga ada roti berbentuk melingkar seperti cincin, yang permukaannya tertutup oleh biji wijen yang dikenal dengan Simit. Wuidih, kalo main ke Istanbul, berat badan kayaknya bakal langsung naik beberapa kilo nih :D

Kebab Turki :))

Kalo kamu? Apa yang terbayang dibenakmu saat mendengar kata “Istanbul” ? Yuk ah, jawab aja di sini, siapa tau kamu lagi hoki & bisa ngedapetin satu eks. novel "Sunset in Istanbul" GRATIS. Deadline : Minggu, 9 Maret 2014 :))

10 comments

  1. wua.. barusan baca postingan tentan turki di blog sebelah aja bikin ngiler, ditambah ini.. langsung meluncur maak..

    ReplyDelete
  2. keren banget yaaa,,,pengen banget ke LN,,

    ReplyDelete
  3. I loveee Istanbul...cantik memang mak..ngg bosen-bosen ke sini berkali-kali...mampir di blogku kalau ingin cerita lengkapnya "D..btw, semoga menaaang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih, mak Indah udah berkali-kali kesana yak? Kereeen! >,< Lemparin oleh-oleh khas sana dong mak :D *ujung-ujungnya minta gratisan. wehehee

      Delete
  4. wisata kulinernya, bikin ngileer... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak San, bikin ngiler plus bikin gendut :p

      Delete
  5. benar" keren ya Istanbul. Kulinernya menggoda dan tempat wisatanya bagus :)

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^