#CobaLagi

Manfaat Membaca Buku

Senin, Maret 31, 2014



Apakah anda menyukai dunia buku dan membaca? Sebutkan alasan.

Sukaaaa. Suka banget malah :))

Alasannya adalah 6-M :

1) Membaca buku menambah lebih banyak pengetahuan, serta mampu mengajak ‘berpetualang’.

Buat aku, sejak pertama kali bisa baca (umur 4 tahun) baca buku sama sekali bukan kewajiban, melainkan kebutuhan *mirip-mirip candu gitu*. Manfaatnya kerasa banget, di satu sisi aku ngerasa jadi banyak tau info atau pengetahuan baru. Di sisi lain, semakin sering aku baca, aku juga ngerasa pengetahuan aku itu masih cetek banget. Lah, gimana nggak, makin banyak buku yang dibaca, ternyata makin banyak pula yang nggak aku ketahui. Makanya, baca buku itu kayak candu, sekali nyoba, pengen baca buku lain dan lainnya. Ibarat minum air laut, makin diminum, makin kerasa haus. Makin sering baca, makin kepo sama pengetahuan lainnya.

Teruuss, dengan status sebagai mahasiswi semester 6 yang masih hitung-hitungan sama duit jatah dari orangtua, travelling adalah hal yang amat mewah dan langka buat dilakukan. Tapi aku nggak sedih tuh, kan bisa jalan-jalan via buku. Mau ke Melbourne? Sidney? Paris? Gampang! Tinggal buka-buka aja lembaran buku, dijamin deh berasa jalan-jalan beneran :D Pokoknya, baca buku itu hiburan yang paling murah meriah, namun juga paling menyenangkan ^^

2) Memperbaiki suasana hati.

Aku termasuk tipe orang yang moody, gampang riang, gampang pula gamang. Kalo pas riang sih no problemo, tapi kalo pas gamang ditambah manyun plus sedih, itu yang bahaya. Mood jeleknya bisa lamaaaaaa banget ngendap di hati. Nah, tapi seiring waktu, aku akhirnya nemu obat penyembuh mood jelek : baca buku. Biasanya, tiap kali abis baca, suasana hati jadi adem lagi.

3) Menjaga otak tetap tajam dan anti pikun.

Aku nggak mau dong masih muda & cantik *ngek* tapi otaknya udah tulalit. Menurut berbagai penelitian, kalo nggak pengen kerja otak jadi lemot, kudu terus diajak mikir, salah satu caranya adalah dengan banyak baca. Hasilnya, sejauh ini, aku nggak punya tuh penyakit lupa, apalagi amnesia. muehehee

4) Menjaga kualitas tidur lebih baik.

Terbukti, kalo sebelum tidur pegang gadget, susah merem, apalagi nyenyaknya. Tapi kalo baca buku, wuihhh nggak lama langsung ngorok cantik :p Tidurnya berasa lebih lelap, pas bangun badan terasa segar pula :))

5) Membuat lebih berempati.

Aslinya, aku ini punya sifat egois yang nggak ketolong. Gampang ngambekan, cengeng, mau apa-apa pengennya diiyain aja. Nah, setelah sering baca buku, terutama baca kisah-kisah tentang kehidupan orang lain, hati terasa lebih melunak. Intinya, ada dua rasa yang didapat, semangat kalo baca kisah orang sukses, bersyukur kalo baca kisah orang yang kurang beruntung hidupnya. Oh iya, banyak baca juga memancing jiwa agar nggak sungkan berbagi loh.

6) Buku bisa dibawa kemana saja, plus berperan sebagai pengusir kejenuhan.

Yippii yep, buku itu adalah sahabat kecil yang luar biasa serta istimewa. Istimewanya adalah karena ia bisa diajak kemana aja sesuka hati. Nah, biasanya tiap kali bepergian, aku selalu bawa (minimal) satu buku bacaan. Tujuannya, ya biar nggak ada waktu yang kosong melompong. Contohnya nih ya, pas lagi nunggu dosen masuk kelas, bisa sambil baca buku. Mending baca kan daripada ngerumpi nggak jelas? :p

That’s all. Sekian dan terimakasih :))

Eh iya, kalo kalian suka baca buku nggak sih? Share alasannya di sini yuks. Ada hadiah menarik menanti kalian yang jawabannya paling kece ^^

You Might Also Like

0 komentar

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^

Fanspage Intan

Update via Email



Blogger Bengkulu

KEB

Warung Blogger

Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan